Cara Mudah Merawat Kucing Persia Bagi Pemula

Salah satu ras kucing yang banyak dicari orang untuk dijadikan peliharaan ialah jenis kucing Persia. Biaya perawatan kucing ini memang cukup tinggi, sehingga harganya pun tergolong relatif mahal.

Namun, meski harga dan biaya perawatannya mahal, kucing ini tetap saja menjadi incaran para penghobi kucing Persia.

Nah, bagi Anda yang baru ingin mulai memelihara kucing Persia atau bisa dikatakan sebagai pemula, mungkin akan mengalami sedikit kebingungan mengenai cara perawatan kucing jenis ini.
Berikut kami akan berbagi kepada Anda tentang cara merawat kucing Persia yang benar bagi pemula. Simak ulasannya di bawah ini!


1. Sisir Bulu Kucing Setiap Hari

Jenis kucing Persia mayoritas berbulu panjang. Agar bulu mereka tetap sehat, tidak kusut dan mudah rontok maka Anda harus menyisir bulu mereka setiap hari secara rutin.

Bulu kucing yang kusut (gimbal) dapat menyakitkan karena membuat kulit mereka tertarik sehingga bisa terluka. Oleh karena itu, sisirlah bulu kucing Persia Anda setiap hari menggunakan sisir logam atau sisir khusus kucing.


2. Berikan Pakan Yang Bernutrisi

Makanan kucing Persia juga harus selalu diperhatikan. Berikanlah mereka makanan dengan kandungan protein atau nutrisi dan vitamin yang cukup setiap hari.

Hal ini tidak hanya akan membuat kucing Anda tetap sehat dan lincah, tapi juga akan membuat bulu mereka tumbuh dengan indah.


3. Rajinlah Membersihkan Area Mata Dan Hidung

Masalah yang sering dialami oleh pemilik kucing Persia khususnya jenis flatnose atau peaknose ialah pada saluran air mata, oleh karena itu kucing Persia jenis ini matanya sering kotor atau ‘belekan’, bahkan Kotoran tersebut juga seringkali melebar hingga ke area sekitar hidung.

Bila hal ini terjadi pada kucing Anda, maka belilah tisu khusus dan bersihkan area mata serta hidung kucing secara rutin.


4. Luangkan Waktu Bermain Bersamanya

Dengan memutuskan untuk memelihara kucing Persia, berarti Anda sudah siap dengan konsekuensi waktu yang harus di luangkan bersamanya.

Anda harus siap meluangkan waktu Anda untuk memberinya makan, menyisir bulunya, memandikannya, membuang kotorannya, termasuk juga bermain bersamanya setiap hari.

Bermain atau bercandaan dengan kucing akan membuat kucing Anda lebih jinak dan mematuhi perintah Anda. Lakukanlah kegiatan ini secara rutin meski hanya sebentar.


5. Jemur Kucing Di Pagi Hari

Biasakan untuk menjemur kucing Anda di pagi hari. Panas yang dikeluarkan oleh sinar matahari pagi sangat bagus untuk kesehatan kucing Persia kesayangan Anda.


6. Jaga Kebersihan Kandang

Usahakan agar kandang kucing Persia Anda tetap bersih dan nyaman untuknya, bersihkan kandang setiap hari agar kebersihannya tetap terjaga.

Dengan demikian tidak hanya kucing Anda saja yang sehat, tapi juga Anda dan keluarga di rumah dapat terhindar dari penyakit yang mungkin bisa ditimbulkan dari kandang kucing yang kotor.


7. Sayangi Kucing Anda

Jangan sekali-kali melakukan kekerasan, membentak, atau mengagetkan kucing Persia kesayangan Anda. Hal ini dapat mengakibatkan kucing menjadi stres, tidak mau makan, atau berubah perilaku menjadi galak terhadap Anda.


8. Gunakan Tisu Bayi Untuk Membuat Kucing Tetap Wangi

Bagi Anda yang ingin kucing tetap wangi, Anda bisa menyeka bulu kucing menggunakan tisu bayi setiap hari. Penggunaan tisu bayi merupakan cara yang aman untuk kucing dan tidak akan membuatnya alergi.


9. Rawat Dengan Sungguh-sungguh

Umumnya, kucing Persia mampu hidup selama lebih dari 15 tahun. Rawatlah ia dengan sungguh-sungguh agar tidak gampang terserang penyakit.



Demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai cara merawat kucing Persia bagi pemula. Mengingat kucing ras Persia tergolong rentan terhadap serangan penyakit, maka tips-tips di atas semoga dapat membantu Anda dalam merawat dan menjaga kucing layaknya anggota keluarga Anda sendiri.


Related Posts

Cara Mudah Merawat Kucing Persia Bagi Pemula
4/ 5
Oleh