Tips dan Persiapan Memelihara Kucing Persia Bagi Pemula

Kucing merupakan hewan mamalia yang cukup populer dijadikan peliharaan. Tidak jarang orang mengadopsi kucing dan menjadikannya bagian dari keluarga.

Namun, sebelum kita memutuskan untuk mengadopsi kucing, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Pastikan semua anggota keluarga Anda setuju dan tidak ada yang memiliki alergi terhadap bulu kucing.

2. Siapkan anggaran untuk perawatan, pembelian makanan kucing, dan juga pengobatan bila suatu saat kucing mengalami sakit.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Kucing Persia Bagi Pemula

3. Tersedia waktu luang untuk menjadwalkan perawatan rutin kucing Anda, seperti memandikannya atau mengajaknya bermain.

4. Anda harus siap dengan risiko terkena cakaran atau gigitan kucing, baik dikarenakan kucingnya memang galak, atau karena sekadar ingin bercanda. Sesekali kucing Anda pasti akan menggaruk atau menggigit.

5. Memelihara kucing berarti akan ada banyak bulu kucing yang bertebaran di sekitar rumah Anda.

6. Ketahui apakah di sekitar tempat Anda ada tempat penitipan hewan peliharaan apabila suatu saat Anda harus pergi ke luar kota selama beberapa waktu.

7. Kucing dapat hidup selama 15 tahun, artinya Anda harus siap untuk mengurusnya dan merawatnya dalam waktu lama.



Persiapan Sebelum Kucing Tiba Di Rumah

Beberapa perlengkapan berikut ini sebaiknya sudah Anda siapkan sebelum kucing tiba di rumah agar nantinya tidak terlalu merepotkan.

1. Tempat air khusus kucing, dan peralatan untuk membuang kotoran maupun sampah bekas kucing seperti sekop kecil, tempat sampah, dan pasir beserta kotaknya.

2. Siapkan pula keranjang atau pet cargo untuk membawa kucing dari tempat adopsi ke rumah Anda.

3. Siapkan kandang atau tempat tidur yang nyaman untuk kucing.

4. Persiapkan alat makan dan minum, serta wadah penyimpanan makanan.

5. Sediakan kalung untuk identitas kucing dan tali leher untuk mengajaknya jalan-jalan.

6. Sediakan shampoo, sikat, handuk, dan sisir kucing untuk nanti Anda memandikannya.

7. Anda juga perlu menyediakannya mainan untuknya, bisa Anda buat sendiri atau membelinya di toko hewan perliharaan.


Di samping berbagai perlengkapan di atas, hal lain yang perlu diperhatikan saat hendak memelihara kucing ialah Anda harus memastikan bahwa kucing yang Anda adopsi dalam keadaan sehat, serta bebas kutu dan jamur.

Anak kucing yang dianjurkan untuk diadopsi yaitu pada usia 2 bulan ke atas, karena pada usia tersebut biasanya anak kucing sudah bisa mandiri (makan, buang kotoran, dan pipis) dan siap untuk meninggalkan ibu mereka.


Pilihan Makanan dan Cara Perawatan Kucing

Kucing merupakan jenis hewan karnivora atau pemakan daging yang jinak. Namun, ada baiknya bila kucing Anda dibelikan makanan kucing yang tersedia di petshop atau supermarket.

Ada dua pilihan makanan kucing di pasaran, yaitu makanan kering dan makanan basah. Jangan bolehkan kucing Anda makan sembarangan, karena selain dapat mengakibatkan sakit pada kucing juga dapat membuat bulu kucing mengalami kerontokan.

Jangan pula memberikannya susu yang biasa Anda minum kepada kucing karena dapat membuat perutnya sakit dan mencret. Berikan kucing makanan dengan kandungan protein yang banyak namun rendah karbohidrat.

Hati-hati bila memberi makanan ikan atau daging utuh, karena tulangnya dapat membuat kucing tersedak dan muntah.

Kita harus senantiasa memeriksa kesehatan kucing peliharaan, ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan sendiri untuk mendeteksi apakah kucing terkena sakit atau tidak, antara lain:

- Belai bulu kucing Anda dan amati pada bagian-bagian tersembunyi apakah ada luka atau jamur di tubuhnya.

- Periksa telinga dan mulut kucing, bila ada bau tak sedap maka kemungkinan kucing Anda mengalami sakit.

- Periksa mata kucing dengan mengarahkan lampu pada matanya, mata kucing yang sehat tampak bercahaya dan pupilnya akan mengecil bila terkena sorot cahaya.

- Kucing yang sehat lidahnya berwarna pink.


Nah, itulah sekilas tentang persiapan dan perawatan yang perlu Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk mengadopsi kucing.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan ialah cucilah tangan dengan sabun setiap habis membelai, memandikan, atau membuang kotoran kucing Anda, jangan biarkan kucing naik dan menjelajah ke atas meja dapur atau meja makan serta makan dari piring Anda.

Ingatlah untuk memperlakukan kucing dengan kasih sayang, jangan pernah sengaja mengagetkannya atau bahkan sampai memukulnya karena bila demikian kucing bisa berubah menjadi galak dan balas menyerang Anda.


Related Posts

Tips dan Persiapan Memelihara Kucing Persia Bagi Pemula
4/ 5
Oleh