15 Destinasi Wisata Belanja di Kota Jakarta

Di samping memiliki Kota Tua Jakarta dan kekayaan wisata sejarah, Jakarta juga memiliki daya tarik sebagai destinasi wisata belanja.

Berikut ini kami akan berbagi sejumlah tempat yang menjadi destinasi para penggemar wisata belanja di Jakarta.


1. Belanja Busana Muslim di Pasar Tanah Abang

Bermacam produk garmen dapat Anda temui di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Mulai dari jilbab, kerudung, atasan lengan panjang, gamis, hingga gaun cantik untuk para Muslimah.

Aneka baju koko juga tersedia untuk para pria, tentunya dengan tren busana terbaru yang tak ketinggalan zaman.

Baca juga: Referensi Tempat Belanja Pakaian Murah di Jakarta

Untuk dapat membeli dengan harga grosir, biasanya pembeli memborong pakaian dalam jumlah besar. Namun, bisa juga Anda membelinya dalam jumlah satuan.

Di Pasar Tanah Abang, Anda tak hanya akan menemui beragam busana muslim, tapi juga berbagai kaus hingga baju batik.


2. Belanja Batik di Thamrin City

Salah satu tempat berburu batik yang dapat Anda kunjungi di Jakarta ialah Pusat Batik Nusantara di Thamrin City, Jakarta Pusat.

Aneka busana batik untuk wanita maupun pria ditawarkan oleh banyak pedagang di tempat ini. Tersedia batik tulis maupun batik cetak yang berasa dari beberapa kota di Indonesia yang terkenal dengan perajin batik seperti Pekalongan, Yogyakarta, Cirebon, sampai Madura.


3. Belanja Busana Desainer Ternama di Grand Indonesia

Banyak wisatawan baik mancanegara maupun domestik yang khusus datang untuk mendatangi mall-mall mewah di Jakarta.

Tak hanya sekadar jalan-jalan, tapi mereka juga berburu barang-barang bermerek dari desainer-desainer ternama internasional.

Merek-merek produk fashion yang paling sering menjadi incaran antara lain Gucci, Burberry, dan Louis Vuitton.

Grand Indonesia di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat merupakan salah satu mall favorit untuk berburu barang-barang bermerek.


4. Belanja Pakaian Bekas di Pasar Senen

Pasar Senen, Jakarta Pusat merupakan tempat yang terkenal untuk berburu baju bekas berkualitas. Sebagian besar baju bekas yang dijual di sini merupakan barang impor.

Bila Anda jeli, bisa saja menemukan baju-baju bermerek maupun kualitas impor di Pasar ini. Memang ada kalanya baju terlihat kumel dan agak dekil, kita hanya perlu mencucinya saja.

Baju-baju yang ditawarkan rata-rata dijual dengan harga mulai dari Rp 10 ribu, bahkan ada pula yang dijual dengan harga di bawah Rp 10 ribu.


5. Belanja Kain di Pasar Mayestik

Di Jakarta terdapat banyak pusat tekstil, salah satunya terletak di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda dapat menemukan berbagai pilihan kain mulai dari satin hingga katun di tempat ini. Tak hanya kain-kain lokal, tapi juga kain impor dengan harga yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan kain dengan harga diskon bila beruntung.

Di Pasar Mayestik juga tersedia beraneka aksesoris dan perlengkapan menjahit, seperti kancing, manik-manik, renda, sampai dacron.


6. Belanja Sepatu di Pasar Taman Puring

Pasar Taman Puring terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tempat ini memang terkenal sebagai pusat aneka ragam sepatu. Anda dapat membeli berbagai macam dan merek sepatu dengan kualitas bagus namun harga terjangkau.

Di area pasar ini bisa Anda temui beragam sepatu mulai dari sepatu olahraga, sepatu sekolah, maupun sepatu kantor.


7. Belanja Aksesoris di Pasar Asemka

Pasar Asemka bisa dikatakan surganya aksesoris dan souvenir. Aneka aksesoris kecil hingga souvenir pernikahan dapat Anda temui di tempat ini.

Aksesoris seperti ikat rambut, manik-manik, dan perlengkapan kerajinan semua tersedia di tempat ini. Pasar Asemka berlokasi di Pinangsia, Jakarta Barat, dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.


8. Belanja Parfum di Jalan Raya Condet

Bila Anda merupakan penggemar parfum-parfum bermerek namun kondisi keuangan sedang tipis, cobalah mampir ke Jalan Raya Condet, di Jakarta Timur.

Di lokasi tersebut Anda dapat menemukan banyak toko penjual parfum dengan harga relatif murah namun beraroma yang mirip sekali dengan parfum bermerek terkenal.


9. Belanja Keramik di Pasar Ular

Anda tidak harus jauh-jauh pergi ke luar negeri bila ingin membeli piring keramik dengan motif lukisan ala China maupun Eropa.

Cobalah mampir ke Pasar Ular Permai, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Di tempat ini dapat Anda temui beraneka barang pecah belah seperti keramik, kristal, dan juga aneka peralatan makan seperti gelas dan piring.

Jangan khawatir, barang-barang di tempat ini meskipun tampak mahal tapi ternyata harganya lebih murah dibandingkan yang dijual di mall lho! Misalnya saja Anda dapat membeli guci dengan harga mulai dari Rp 50 ribu. Bagaimana, murah bukan?

Selain itu, di tempat ini juga tersedia beragam wadah untuk menyajikan masakan. Ada pula beberapa toko yang memajang aneka lampu hias dari kristal.


10. Belanja Mainan di Pasar Gembrong

Pasar Gembrong merupakan tempat yang terkenal dengan surganya anak-anak. Ya, anak-anak pasti suka bila diajak ke tempat ini.

Tersedia beragam mainan anak mulai dari mobil, dan robot-robotan untuk anak laki-laki, atau peralatan masak, boneka untuk anak perempuan.

Mainan yang tersebar di tempat ini tersedia untuk beragam usia, mulai dari bayi, balita, hingga remaja. Pasar ini terletak di Jalan Basuki Rahmat, Prumpung, Jakarta Timur. Cobalah sekali waktu mampir bersama anak Anda.


11. Belanja Komputer dan Gadget di Mangga Dua

Anda bisa mengunjungi kawasan Mangga Dua di Jakarta Utara apabila berencana belanja komputer. Terdapat beberapa mall yang menjadi pusat penjualan elektronik dan komputer, antara lain WTC Mangga Dua, Mangga Dua Square, dan Orion Mall.

Di tempat ini dapat Anda temui beragam komputer, notebook, dan perlengkapannya dengan harga relatif murah. Apalagi bila Anda membelinya dalam jumlah grosir.

Tak hanya komputer saja, Mangga Dua juga terkenal sebagai tempat berburu ragam produk garmen, sedangkan WTC Mangga Dua juga dikenal sebagai bursa otomotif yang cukup lengkap.


12. Belanja Handphone di Roxy Mas

Bila Anda ingin membeli Handphone, hampir mayoritas orang Jakarta pasti akan menyarankan Anda pergi ke ITC Roxy Mas yang berlokasi di Jalan KH Hasyim Ashari, Cideng, Jakarta Pusat.

Di tempat ini, terdapat ratusan kios yang menjual aneka handphone maupun gadget dengan beragam merek dan tipe produk. Mulai dari merek lokal hingga merek terkenal, semua tersedia di sini.

Jangan segan untuk menawar harga di tempat ini, atau ketahuilah lebih dulu harga pasaran handphone yang hendak Anda beli, sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang cocok dan sesuai kebutuhan Anda.


13. Belanja Barang Antik di Jalan Surabaya

Sejak dahulu, Jalan Surabaya yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat sudah dikenal sebagai tempatnya kios-kios barang antik.

Kios-kios yang berjejeran di kawasan ini memajang aneka ragam barang antik yang unik bahkan ada juga yang langka untuk ditemukan di tempat lain.

Seringkali wisatawan mancanegara pun mampir ke kawasa ini untuk berburu barang antik. Di kawasan ini, Anda dapat menemukan jam-jam kuno, patung antik, sampai aneka barang ‘jadul’ lainnya.


14. Belanja Karya Seni di Pasar Seni Ancol

Ibarat Ubud yang nyasar ke Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Pasar Seni Ancol merupakan tempat di mana Anda dapat menemukan beragam karya seni dari para seniman Indonesia.

Anda bisa menemukan karya seni tradisional maupun kontemporer di tempat ini, seperti aneka lukisan, patung, seni ukir, maupun kerajinan tangan yang terbuat dari kayu, bambu, kuningan, keramik, hingga kulit.


15. Belanja Aneka Hewan di Pasar Burung Jatinegara

Meski namanya hanya Pasar Burung, namun Anda akan menjumpai beraneka hewan ketika bertandang ke pasar ini. Dulunya, pasar ini memang khusus menjual burung-burung peliharaan, seperti merpati, dara, maupun burung-burung kicau.

Namun, sejak tahun 1990-an, pasar ini tidak lagi hanya menjual burung, namun mulai banyak pula yang menjual kelinci, hamster, kucing, maupun hewan primata. Ada pula aneka ikan hias, ikan predator, maupun kura-kura.

Tak hanya itu, jangan kaget bila Anda bertemu dengan ular, musang, maupun tupai di tempat ini. Nah, jangan ngaku pecinta hewan peliharaan yah kalau belum pernah berkunjung ke tempat ini…

Sumber:
http://travel.kompas.com/read/2012/02/08/17120119/20.tempat.wisata.belanja.di.jakarta


Related Posts

15 Destinasi Wisata Belanja di Kota Jakarta
4/ 5
Oleh