4 Kesalahan Membawa Bayi Naik Pesawat Yang Harus Dihindari


Bagi Anda yang hendak berlibur atau kembali dari mudik dan baru pertama kali membawa bayi naik pesawat mungkin ada kekhawatiran si kecil bakal rewel atau sulit tidur selama dalam perjalanan.

Supaya perjalanan naik pesawat Anda dengan bayi berjalan lancar, ada baiknya ketahui dulu beberapa kesalahan yang sering dilakukan orangtua ketika membawa bayi naik pesawat sehingga kita bisa menghindari kesalahan tersebut.


Baca juga: Tips Mengatasi 5 Fobia yang Sering Dialami Para Pelancong

1. Memilih Jadwal Keberangkatan yang Salah

Anda harus mengubah kebiasaan Anda untuk mempertimbangkan harga ketika hendak memilih jadwal pesawat. Mulai sekarang pertimbangkan juga jam tidur anak.

Upayakan jadwal penerbangan dibarengkan dengan jam tidur siang atau malam bayi sehingga akan membantunya cepat terlelap saat berada dalam pesawat.

Kenakan pula bayi Anda pakaian yang nyaman atau bisa juga pakaian tidur agar dapat memberikan stimulus pada bayi untuk cepat terlelap di pesawat.


2. Tidak Membawa ASI Perah

Ketika membawa bayi Anda naik pesawat, membawa ASI perah merupakan salah satu pilihan yang baik dilakukan. Namun, Anda juga harus ketahui aturan mengenai membawa ASI perah ketika naik pesawat.

Misalnya untuk aturan penerbangan nasional, diperbolehkan membawa ASI perah di dalam kotak berukuran 30-40 cm atau sebanyak 1 liter.

Perhatikan pula keamanan wadah yang dipakai. Wadah harus tertutup dengan baik agar tidak tumpah. Bila perjalanan yang ditempuh cukup jauh, Anda juga dapat menitipkan ASI perah kepada pramugari untuk diletakkan dalam lemari pendingin pesawat.


3. Tidak Meminta Penjelasan Pramugari Tentang Keselamatan Bayi

Jangan sungkan untuk bertanya kepada pramugari perihal keselamatan bayi ketika berada di pesawat, termasuk saat pemasangan sabuk pengaman.

Bukan berarti dengan memangku bayi maka Anda akan aman selama di pesawat. Mintalah bantuan untuk dijelaskan tentang saat-saat emergency bila membawa bayi dalam pesawat.

Misalnya, ketika kadar oksigen di kabin menurun, pastikan diri Anda sendiri aman sebelum menyelamatkan anak, karena bagaimana mungkin Anda dapat menyelamatkan bayi bila diri Anda sendiri belum tentu selamat. Keselamatan merupakan hal yang utama untuk diperhatikan saat mengajak bayi naik pesawat.


4. Memaksa Bayi Anda Tertidur

Sebaiknya tak perlu memaksa anak tidur sepanjang perjalanan. Biasanya bayi memang akan sulit tertidur dikarenakan ruang yang sempit dan situasi pesawat yang tidak nyaman.

Siapkan selimut, mainan atau barang kesukaan bayi untuk membantunya tetap tenang selama di pesawat. Atau bisa juga sejenak berjalan-jalan di kabin pesawat agar membuat bayi Anda tenang.

Sumber:
http://travel.kompas.com/read/2016/07/09/120000027/4.Kesalahan.Orangtua.Saat.Membawa.Bayi.Naik.Pesawat


Related Posts

4 Kesalahan Membawa Bayi Naik Pesawat Yang Harus Dihindari
4/ 5
Oleh