Memilih Jenis Kamera CCTV Sesuai Kebutuhan Anda

Kamera CCTV memberikan manfaat bagi kita terutama dalam fungsi pengawasan sampai mengungkap kasus kejahatan.

Bagi Anda yang ingin memasang CCTV di rumah maupun tempat usaha, ada baiknya ketahui dulu jenis-jenis kamera CCTV berikut ini agar bisa memilih jenis mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


1. Dome Camera

Dome Camera merupakan jenis kamera CCTV dengan bentuk bulat atau menyerupai kubah. Desainnya sederhana dan relatif sangat mudah dipasang sehingga membuat kamera CCTV jenis ini paling populer dan sering digunakan.

Baca juga: Alat-alat Canggih Untuk Membantu Jaga Kesehatan


Posisi mata kamera terhalang oleh lapisan dome sehingga membuat orang tidak bisa mengetahui arah mana yang sedang disorot oleh kamera tersebut.

Dome camera sangat cocok dipakai untuk pemasangan CCTV di dalam ruangan seperti di dalam rumah ataupun ruang kantor.


2. Standard Box Camera

Jenis kamera ini cocok digunakan untuk pemasangan di dalam maupun luar ruangan. Bentuknya kotak dan simpel. Jenis kamera ini dapat juga dipakai untuk kebutuhan surveillance jarak jauh.

Anda dapat menambahkan sebuah pelindung bila memasang kamera ini di luar ruangan dan dapat dijangkau oleh tangan.


3. Vandal Proof Camera

Vandal proof camera merupakan jenis kamera CCTV yang “anti-pengrusakan”. Kamera ini memang dibuat dengan bahan yang dirancang khusus sebagai pelindung kamera dari benturan. Namun kamera ini lebih cocok untuk dipasang dalam ruangan.


4. Waterproof Camera

Kamera jenis ini lebih sering digunakan untuk pemasangan outdoor. Bentuknya seperti peluru dengan desain casing yang dirancang khusus untuk bisa bertahan dalam berbagai kondisi cuaca seperti hujan, debu, maupun temperatur yang extreme.


5. Infra Red Camera

Pemasangan kamera infra red cocok untuk kondisi dengan tingkat pencahayaan yang kurang di malam hari. Pencitraan gambar yang ditangkap oleh kamera akan semakin jelas bila titik infra red di dalam kamera juga semakin banyak.


6. PTZ Camera / Speed Dome Camera

Jenis kamera ini merupakan kamera serba lengkap, dilengkapi lensa zoom yang bisa diperbesar sampai puluhan kali. Selain into juga memiliki mekanisme pan tilt berupa motorservo yang gerakannya sangat halus. Terdapat pula reeiver telemetry di dalamnya.


7. IP Camera

IP Camera merupakan jenis kamera yang dapat mengirimkan discrete streaming video melalui kabel UTP. Biasanya, dilengkapi dengan IP Addres. Penggunaan IP Camera memungkinkan kita untuk bisa mengakses langsung hasil rekaman lewat jaringan LAN/WAN tanpa harus memakai tambahan converter.


8. Covert Camera / Hidden Camera

Kamera CCTV jenis ini dimaksudkan untuk penggunaan tersembunyi sehingga orang tidak mengetahui keberadaan kamera tersebut. Ada bermacam bentuk yang beredar di pasaran, seperti bentuk smoke detector, jam dinding, lampu, bahkan pemancar air.

Sumber:
http://www.koesriantono.com/2015/07/istilah-istilah-kamera-cctv.html


Related Posts

Memilih Jenis Kamera CCTV Sesuai Kebutuhan Anda
4/ 5
Oleh