Tak Mau Ketinggalan Pesawat? Lakukan 5 Tips Berikut Ini!

Ketika musim liburan tiba, kepadatan tidak hanya terjadi di jalur darat, namun juga jalur udara. Persiapkan keberangkatan dengan cermat agar tak ketinggalan pesawat karena membludaknya penumpang di bandara.

Terutama sepanjang periode Lebaran, bandara kerap dibanjiri penumpang. Pesawat memang menjadi pilihan transportasi mudik yang cepat karena tak perlu menghabiskan banyak waktu di jalan serta terbebas dari kemacetan.

Baca juga: 4 Kesalahan Membawa Bayi Naik Pesawat Yang Harus Dihindari

Agar Anda tidak terlambat dan ketinggalan pesawat karena padatnya arus mudik, berikut ini kami akan berbagi kepada Anda beberapa tips yang bisa dilakukan.


1. Ketahui Dengan Jelas Bandara dan Terminal Keberangkatan

“Keteledoran” dapat saja terjadi, terutama bila di kota tempat tinggalnya ada lebih dari satu bandara, seperti di Jakarta yang memiliki dua bandara, Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma.

Tak hanya itu, ketahui juga terminal keberangkatan Anda agar nantinya ketika tiba di Bandara Anda tak menghabiskan waktu dengan berputar dari satu terminal ke terminal lainnya.


2. Sisihkan Waktu Lebih Banyak Ke Bandara

Pada periode liburan kali ini, sebaiknya Anda berangkat lebih awal agar waktu perjalanan ke Bandara dapat disisihkan lebih banyak sehingga Anda tidak terlambat dan ketinggalan pesawat.

Himbauan dari beberapa maskapai sebaiknya penumpang datang paling tidak tiga jam lebih awal untuk penerbangan domestik, dan empat jam lebih awal untuk penerbangan internasional. Berlaku untuk penerbangan pagi, siang, maupun malam hari.

Bahkan, walaupun Anda berangkat pada waktu dini hari, kendaraan biasanya sudah memadati area masuk bandara.

Dengan berangkat lebih awal, penumpang dapat mengikuti prosedur dan pemeriksaan Bandara tanpa terburu-buru. Mulai dari pemeriksaan barang, check in, hingga masuk gerbang keberangkatan.


3. Ketahui Rute Tercepat Ke Bandara

Sebelum berangkat dari rumah, cek dulu informasi kondisi jalan yang akan ditempuh dan perkirakan lamanya waktu perjalanan menuju bandara.

Anda dapat menggunakan aplikasi lalu lintas seperti Waze ataupun Google Maps untuk mengetahui rute terdekat dan tercepat untuk sampai ke Bandara.


4. Kendaraan Umum Bisa Menjadi Pilihan

Naik kendaraan umum seperti taksi atau bus Damri akan lebih mempercepat perjalanan Anda sampai bandara. Terutama saat musim arus mudik, kendaraan akan membludak dan sulit mencari parkir saat memasuki area bandara.

Anda tak perlu kuatir cari parkir bila menggunakan kendaraan umum dan dapat langsung masuk ke terminal keberangkatan.


5. Gunakan Layanan Online Check-in

Anda dapat melakukan online check in dari jauh hari sebelum keberangkatan melalui situs resmi maskapai maupun aplikasi smartphone.

Di Indonesia sudah banyak maskapai yang menyediakan layanan ini, misalnya Garuda Indonesia, Citilink, dan AirAsia.

Bila online check in sudah dilakukan, ketika tiba di bandara Anda tinggal mengantre pada konter tersendiri dan akan menghemat waktu dengan tidak mengantre bersama penumpang lain yang belum online check in.


6. Mengantre Di Konter Group Check In

Mengantre di konter group check in sangat disarankan bagi Anda yang pergi bersama rombongan. Namun kumpulkan terlebih dahulu semua identitas (KTP) serta bukti tiket pesawat (itinerary) dan delegasikan satu orang yang tiba lebih dulu di bandara untuk melakukan proses check in.


7. Hemat Waktu Saat Pemeriksaan Keamanan

Ketika sampai pada proses pemeriksaan keamanan, Anda diwajibkan melepas semua aksesoris mulai dari cincin, kalung, jam tangan, sampai ikat pinggang. Begitu juga dengan jaket, topi, dan kacamata hitam.

Sebaiknya masukkan barang-barang tersebut ke dalam tas ketika Anda sampai gerbang keberangkatan. Hal ini untuk menghemat waktu karena Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama saat proses pemeriksaan keamanan.

Sumber:
http://travel.kompas.com/read/2016/07/03/080600527/Lakukan.5.Hal.Ini.Agar.Tak.Ketinggalan.Pesawat


Related Posts

Tak Mau Ketinggalan Pesawat? Lakukan 5 Tips Berikut Ini!
4/ 5
Oleh