6 Jenis Makanan Sebagai Nutrisi Untuk Kecerdasan Otak Anak

Memiliki anak yang cerdas dan pandai tentu akan menjadi kebanggaan bagi setiap orangtua. Namun, tingkat kecerdasan yang tinggi tidak dimiliki semua anak sejak lahir. Bahkan, ada pula anak-anak yang lahir dengan tingkat kecerdasan di bawah rata-rata.

Untuk dapat meningkatkan kecerdasan otak anak ada salah satu cara yang dapat dilakukan oleh orangtua, yaitu memberikannya asupan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Para orangtua harus secara aktif mendukung asupan yang dapat merangsang pertumbuhan otak anak dengan memberinya konsumsi beberapa jenis makanan berikut ini!

Baca juga: 5 Cara Jitu Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga Dengan Cepat


1. Ikan Laut

Mengkonsumsi ikan laut akan memberi asupan asam lemak omega 3 yang cukup untuk kebutuhan otak anak. Omega 3 akan merangsang aktivitas neurotransmitter menjadi lebih meningkat.

Selain itu, asam lemak omega 3 juga akan membantu sel otak untuk lebih baik dalam berkomunikasi dengan sel-sel otak yang lain sehingga secara efektif akan membuat fungsi otak semakin optimal.


2. Beras dan Gandum

Beras dan gandum yang masih memiliki kulit ari merupakan asupan yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak. Beras merah dan oat adalah salah satu contohnya, jenis makanan tersebut kaya akan vitamin B dan memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga akan secara perlahan melepaskan glukosa.

Hal ini baik untuk mencegah tingginya kadar glukosa dalam darah yang dapat membuat anak begitu energetik namun lebih cepat lelah. Perubahan mood yang buruk tentu akan memberi pengaruh buruk bagi perkembangan otak anak.


3. Sayuran

Sayur-sayuran berwarna sangat baik untuk dikonsumsi dalam upaya meningkatkan kecerdasan otak anak. Biasanya jenis sayuran seperti ini kaya akan anti-oksidan sehingga akan menjaga sel otak agar tetap sehat. Tidak hanya itu, anti-oksidan juga merupakan zat yang bermanfaat untuk mencegah kanker.


4. Telur

Kandungan protein yang tinggi dalam telur menjadikannya jenis makanan sehat yang dapat meningkatkan daya ingat. Telur juga kaya akan kolin dan vitamin B yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak.


5. Buah-buahan

Buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang tinggi diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta daya ingat otak. Dalam buah-buahan juga terkandung berbagai nutrisi yang sangat penting bagi pertumbuhan jaringan otak serta neurotransmitter.


 6. Kacang-kacangan

Tak hanya sayuran dan buah-buahan, kacang-kacangan juga termasuk jenis makanan yang baik untuk pertumbuhan otak. Di dalam kacang-kacangan terkandung vitamin E yang mempunyai sifat anti-oksidan dan juga berfungsi dalam melindungi selaput otak terhadap radikal bebas.

Kandungan protein dan karbohidrat kompleks dalam kacang-kacangan juga berkhasiat menghasilkan energi yang baik dalam merangsang otak untuk menghasilkan asam nukleat.


Itulah jenis-jenis makanan yang sangat baik dalam meningkatkan kecerdasan otak sang buah hati. Mulai sekarang sertakan beberapa jenis makanan tersebut dalam menu makanan sehari-hari untuk merangsang pertumbuhan otak dan meningkatkan kecerdasan anak Anda. Semoga bermanfaat!s

Sumber:
http://www.ibudanbalita.net/2945/makanan-yang-dapat-meningkatkan-kecerdasan-otak-anak.html


Related Posts

6 Jenis Makanan Sebagai Nutrisi Untuk Kecerdasan Otak Anak
4/ 5
Oleh