Tempat-tempat Wisata Pemalang yang Asik Untuk Dikunjungi Bersama Keluarga

Kabupaten Pemalang merupakan daerah yang terletak di kawasan Pantura, Jawa Tengah. Berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah Utara, Tegal di sebelah Barat, Pekalongan di sebelah Timur dan Purbalingga di sebelah selatan.

Di daerah ini banyak terdapat tempat-tempat wisata yang potensial dan asik untuk dikunjungi, namun sayang belum banyak orang yang mengenal tempat-tempat wisata tersebut.

Nah, kali ini kami akan berbagi tentang tempat-tempat wisata Pemalang yang asik buat jalan-jalan bersama keluarga.


Tempat-tempat Wisata Pantai di Pemalang

Kita mulai dari sebelah utara, yang mana berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Tentunya ada beberapa tempat wisata pantai yang bisa kita kunjungi, antara lain:

1. Pantai Widuri Pemalang

Pantai Widuri menjadi salah satu tempat wisata pantai paling favorit bagi masyarakat Pemalang. Berjarak sekitar 3 km ke arah utara dari pusat Kota Pemalang.

Terdapat beberapa fasilitas yang bisa kita nikmati bersama keluarga, seperti water park, track racing, maupun aneka rumah makan yang menyajikan berbagai santapan makanan laut yang lezat.


2. Pantai Blendung

Pantai Blendung berlokasi di Desa Blendung Kecamatan Ulujami, Pemalang, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 27 km ke arah timur laut dari pusat Kota Pemalang.

Meskipun pengelolaannya masih secara konvensional, tapi pantai ini merupakan salah satu tempat yang asik buat berwisata bagi keluarga. Suasananya yang tenang dan nyaman sangat cocok untuk bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah di pantai ini.

Di sekitar lokasi juga terdapat warung-warung yang menyajikan makanan khas Pemalang yang bisa kita nikmati sambil melihat-lihat pemandangan.


3. Pantai Raden Joko Tingkir

Terletak di Desa Nyamplungsari Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Pantai Joko Tingkir merupakan wisata pantai yang menyajikan keindahan alam pantai yang masih alami.

Jaraknya sekitar 12 km ke arah timur laut dari pusat Kota Pemalang. Untuk menuju lokasi, kita dapat menempuh rute dari pertigaan Pasar Petarukan lurus ke utara sekitar 7 km.


Tempat-tempat Wisata Alam dan Pegunungan di Pemalang

Di Pemalang tidak hanya terdapat wisata pantai, tapi juga banyak wisata alam pegunungan yang tersebar di beberapa daerah selatan Kabupaten Pemalang, antara lain:

1. Gunung Gajah

Dinamakan Gunung Gajah karena bentuknya yang bulat mirip seekor gajah. Dari kota Pemalang, sekitar 35 km ke arah barat daya.

Ketinggian bukit ini sekitar 1.100 mdpl, dan di sekitarnya masih banyak monyet-monyet liar yang bergelantungan di pohon. Bila sore tiba, biasanya monyet-monyet ini akan turun dari atas pohon untuk memungut sisa makanan jatuh dari pengunjung yang datang.


2. Gunung Mendelem

Gunung Mendelem dikenal pula dengan nama Gunung Jimat, berlokasi di Desa Mendelem, Kec. Belik. Adanya sebuah tempat pemakaman di gunung Mendelem membuatnya kental dengan kesan mistis.

Gunung Mendelem memiliki ketinggian sekitar 1.454 mdpl, dan biasanya sering digunakan untuk mendaki bagi para pendaki pemula.


3. Argowisata Kebun Teh Semugih

Perkebunan Teh Semugih berjarak 47 km ke arah selatan dari pusat kota Pemalang. Tepatnya di kaki Gunung Slamet, Desa Sidamulya, Kec. Moga. Di tempat wisata ini, kita bisa menikmati indahnya pemandangan kebun-kebun teh dari jalan setapak dan fasilitas pondok peristirahatan yang tersedia.


4. Curug Bengkawah

Curug Bengkawah memiliki ketinggian sekitar 20 meter, dan terletak di Desa Sikasur, Kec. Belik. Tempat yang asik buat berfoto-foto bersama teman dan keluarga.


5. Curug Lawang

Curug Lawang terletak di Desa Mendelem, Kec. Belik. Untuk sampai ke lokasi, kita masih harus berjalan kaki sejauh 10 km melewati jalan setapak dari pemukiman warga.

Bila kondisi tidak hujan, tempat ini bisa ditempuh dengan sepeda motor. Namun, medan jalan yang terjal dan berkelok-kelok membuat kita harus berhati-hati bila ingin ke lokasi.

Curug lawang merupakan air terjun setinggi 12 meter yang terapit di antara bukit-bukit batu yang dikelilingi panorama alam pegunungan nan indah.


6. Curug Barong

Curug Barong merupakan obyek wisata Pemalang yang terletak di Desa Gunung Jaya, Kec. Belik. Air terjun setinggi 25 meter ini menyajikan pemandangan alam yang masih asri dengan hawa yang sejuk.


7. Curug Sejajar

Dinamakan Curug Sejajar karena di tempat ini terdapat 2 air terjun yang tingginya sejajar dengan ketinggian sekitar 50 meter. Bila ditempuh dari pusat kota Pemalang, lama perjalanan sekitar 2,5 jam untuk sampai ke Desa Badak, Kec. Belik.

Dari Desa Badak, kita bisa menitipkan kendaraan kepada warga setempat dan berjalan kaki selama 20 menit untuk sampai ke lokasi. Sayangnya, keberadaan Curug Sejajar masih belum banyak diketahui masyarakat Pemalang.


8. Telaga Rengganis

Telaga Rengganis merupakan telaga yang nampak anggung dengan kondisi air yang segar dan jernih. Dihiasi dengan pepohonan pinus dan bukit-bukit kecil di sekitarnya sehingga menyajikan hawa sejuk yang akan membuat pengunjung betah berada di tempat ini.

Telaga Rengganis sangat cocok bagi para pecinta camping. Letaknya di Kecamatan Watukumpul atau sekitar 60 km ke arah tenggara dari pusat Kota Pemalang.


9. Curug Sibedil

Letaknya memang tersembunyi dan belum banyak orang yang tahu. Curug Sibedil merupakan air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter. Di dekat tempat ini terdapat sebuah batu yang memiliki bentuk menyerupai bedil, mungkin inilah alasan mengapa tempat ini dinamakan Curug Sibedil.

Bagi Anda yang ingin ke Curug Sibedil, letaknya di Desa Sima, Kec. Moga atau sekitar 46 km ke arah selatan dari pusat Kota Pemalang.


Demikian informasi mengenai tempat-tempat wisata di Pemalang yang bisa menjadi referensi ketika Anda hendak berlibur bersama keluarga. Yuk, kita berpetualang ke kota Pemalang!

Sumber:
http://www.maszaladventure.com/2015/03/12-wisata-pemalang-yang-bisa-dikunjungi.html


Related Posts

Tempat-tempat Wisata Pemalang yang Asik Untuk Dikunjungi Bersama Keluarga
4/ 5
Oleh