Tips Sederhana Berbelanja Pakaian Secara Online

Di tengah kemajuan teknologi digital dan internet sekarang ini, belanja online memang sedang menjadi trend di kalangan masyarakat.

Apalagi sekarang sudah banyak gadget yang dijual dengan harga terjangkau, tentunya semakin memudahkan shopaholic untuk berbelanja melalui media internet.

Bagaimana tidak, kita bisa mendapatkan barang yang ingin dibeli tanpa harus repot menuju ke tempat penjual, tinggal transfer uang maka barang akan langsung dikirim dan sampai di rumah.

Namun, kita juga harus hati-hati saat berbelanja melalui internet. Karena tidak menutup kemungkinan cara berbelanja seperti ini dimanfaatkan pula oleh para pelaku kriminal dengan melakukan penipuan.

Berikut ini kami akan berbagi beberapa tips sederhana untuk Anda yang ingin melakukan belanja online sehingga risiko Anda tertipu maupun mendapatkan barang yang tidak sesuai harapan lebih dapat diminimalisir. Namun tips di bawah ini kami spesialisasikan untuk barang berupa pakaian.


1. Periksa Dengan Teliti

Sebelum memutuskan membeli atau mentransfer uang ke penjual, periksa baik-baik setiap detail barang yang hendak dibeli.

Perhatikan dan tanyakan pada penjual apakah merk, ukuran, warna, atau spesifikasi yang tersedia sesuai atau tidak dengan keinginan Anda.


2. Jangan Mudah Tergiur Dengan Harga Murah

Banyak orang mudah tergiur dengan harga murah pada barang yang terpajang di web maupun medsos. Namun, Anda harus ingat bahwa kualitas barang tetaplah nomor satu.

Jangan sampai nantinya Anda malah tertipu dengan barang palsu atau barang berkualitas rendah hanya karena tergiur harga murah.


3. Coba Tes Dulu

Ketika pertama kali membeli pada penjual baru melalui online, sebaiknya jangan langsung membeli dalam jumlah banyak.

Lakukan tes kepada penjual tersebut dengan membeli satu atau dua barang terlebih dahulu. Cek apakah barang benar-benar dikirim oleh penjual, serta apakah barang yang telah sampai ke tangan Anda sesuai dengan foto dan spesifikasi yang terpajang di halaman web si penjual.

Bila benar-benar tertarik pada suatu barang, cukup beli satu. Anda cocok, silahkan reorder. Anda tidak cocok, cari penjual lain.


4. Periksa Identitas Penjual dan Testimoni Pembeli

Jangan terburu-buru untuk langsung membeli dan transfer uang. Biasakan untuk cek identitas penjual yang tercantum di halaman web. Bila tidak ada, maka sebaiknya Anda pikirkan kembali.

Cek pula apakah penjual membuka toko secara offline di suatu daerah. Bila ada, catat alamatnya. Bila tidak ada, tanyakan di mana Anda bisa menemui penjual apabila ingin membeli barang secara langsung, dan apakah penjual melayani COD (Cash On Delivery).

Hal ini sangat penting dilakukan untuk meminimalisir risiko Anda tertipu. Berbelanja online tidak hanya menyangkut kualitas barang, tetapi juga menyangkut keamanan. Tidak sedikit orang yang tertipu oleh para penjual nakal yang menjual barang fiktif.

Periksa pula apakah ada testimoni dari para pembeli lain sebagai bahan pertimbangan Anda saat ingin berbelanja melalui internet.


Demikian tips sederhana dari kami, perlu kita ingat bahwa belanja online memiliki dua sisi, bisa memuaskan tapi bisa juga memberikan pengalaman buruk bagi siapa saja.

Teliti dan hati-hati dalam membeli merupakan dua prinsip yang harus kita pegang bila ingin melakukan belanja melalui internet.

Sumber: Google.co.id


Related Posts

Tips Sederhana Berbelanja Pakaian Secara Online
4/ 5
Oleh