Pasar Tanah Abang – Pusat Grosir Terbesar Di Asia Tenggara

Pasar grosir Tanah Abang sudah banyak dikenal tidak hanya di Jakarta dan Pulau Jawa saja, tapi juga seluruh Indonesia hingga manca Negara.

Pasar Tanah Abang berlokasi di Jl. KH. Mas Mansyur, Kec. Tanah Abang, Jakarta Pusat. Tempat ini bisa diakses dengan mudah karena banyak transportasi umum yang melintas di kawasan ini seperti Kopaja S615 atau P13, Kopaja B93, Kopaja P19, dan banyak lagi.

Baca juga: Belanja Grosir Mainan Anak Murah di Pasar Gembrong

Tanah Abang berarti “Tanah Merah”, sejarah lahirnya nama Tanah Abang berasal dari cerita pengepungan tentara Kerajaan Mataram pada tahun 1628 ke Kota Batavia. Kala itu, Kota Batavia diserbu oleh tentara Mataram dari segala penjuru dan menggunakan lokasi tersebut yang dahulunya berupa tanah berbukit dan di sekitarnya banyak terdapat rawa-rawa. Karena tanahnya yang berwarna merah, kemudian orang menyebutnya dengan nama Tanah Abang.


Sejarah Berdirinya Pasar Tanah Abang

Sejarah mencatat, Pasar Tanah Abang mulai berdiri sejak tanggal 30 Agustus 1735. Kala itu, seorang Belanda kaya raya yang bernama Justinus Vinck memperoleh izin dari Gubernur Jenderal Abraham Patram untuk membangun dua buah Pasar di Batavia, yaitu Pasar Tanah Abang dan Pasar Senen.

Berdiri dengan nama Pasar Weltervreden, Pasar Tanah Abang memiliki hari pasaran setiap hari Sabtu dan hanya dikhususkan menjual tekstil dan kelontong, sedangkan Pasar Senen khusus menjual sayuran.

Pasar Tanah Abang mengalami kebakaran pada tahun 1740, selanjutnya dibangun kembali pada 1881 dengan hari pasaran ditambah menjadi dua kali dalam seminggu yaitu hari Rabu dan Sabtu.

Pasar Tanah Abang terus mengalami perbaikan sehingga di tahun 1926, bangunan pasar terdiri dari tiga los panjang dengan dinding bata dan beratap genting.

Sekitar tahun 1972, pasar dibangun 3 lantai dan terdiri dari 4 blok dan ber-AC. Lalu, pada awal 1990 terjadi kebakaran besar dan pasar Tanah Abang kembali mengalami peremajaan.

Di tahun 2002, Pasar Tanah Abang dibangun, dan diperluas kembali. Kemudian dibagi menjadi enam blok, blok A hingga F. Selang beberapa tahun, Pemerintah DKI Jakarta terus melakukan pembangunan dan modernisasi di Pasar Tanah Abang, berdiri di area seluas 82.386,5 meter persegi, kini pasar Tanah Abang menjadi bangunan gedung 10 lantai yang mewah dan modern serta nyaman untuk dikunjungi.

Luasnya area pasar Tanah Abang dengan 10.000 kios lebih berada di dalamnya memang seringkali membuat pengunjung tersasar. Jangan heran bila Anda nyasar berada di tempat ini meski sudah beberapa kali berbelanja di Pasar Tanah Abang.

Bangunan utama di pasar Tanah Abang dibagi menjadi dua blok, yaitu blok A dan blok B yang terdiri dari beberapa lantai dengan kategori sebagai berikut:

- Tempat penjualan gorden dan aneka bahan atau kain: Lantai B1.

- Tempat penjualan ragam sprei, bad cover, dan bantal : Lantai B1.

- Tempat penjualan aneka jenis busana wanita mulai dari kebaya, blouse, mukena, busana muslim, jilbab, kaos dan lain-lain : Lantai SLG (Semi-Lower Ground), Lantai LG (Lower Ground), Lantai 2, dan Lantai 5.

-Tempat penjualan aneka pakaian anak-anak: Lantai LG (Lower Ground), dan Lantai 5.

- Tempat penjualan aneka busana pria: Lantai G (Ground), Lantai 1, dan Lantai 5.

- Tempat penjualan perlengkapan dan aksesoris fashion seperti tas, sabuk, dompet, gelang, kalung, bros, dan lain-lain: Lantai 3.

- Tempat penjualan sepatu dan sandal: Lantai 3A.

- Tempat penjualan pakaian khusus remaja dengan model-model terbaru: Lantai 6.

- Tempat penjualan food court, makanan tradisional, dan makanan cepat saji: Lantai 8.


Tips Efektif dan Efisien Berbelanja di Pasar Tanah Abang

Pasar Tanah Abang merupakan pusat perbelanjaan dengan area yang luas sehingga ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan bila ingin berbelanja di tempat ini agar lebih efektif dan efisien.

1. Rencanakan Barang yang Ingin Dibeli

Sebelum berangkat belanja, ada baiknya kita rencanakan dahulu jenis barang-barang apa saja yang hendak dibeli. Tulis semua keperluan yang ingin dibeli dan sesuaikan dengan budget yang ada.

Di Pasar Tanah Abang terdapat banyak sekali barang yang mungkin akan membuat Anda tergiur untuk membelinya. Namun, jangan sampai Anda terlena karena bila tidak direncanakan dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki, salah-salah Anda malah kehabisan uang dan tidak sempat membeli barang yang benar-benar dibutuhkan.

2. Perhatikan Waktu Belanja

Waktu belanja merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Biasanya, pada hari-hari kerja (senin-jumat) kebanyakan orang yang belanja adalah mereka yang membeli untuk keperluan usaha, sedangkan pada hari sabtu dan minggu kebanyakan yang berbelanja adalah mereka yang membeli untuk keperluan pribadi.

Datang lebih pagi atau sebelum jam 9.00 akan lebih baik bagi Anda yang tidak ingin berdesak-desakan belanja di Pasar Tanah Abang.

3. Lebih Banyak – Lebih Murah

Pasar Tanah Abang merupakan Pasar Grosir, meskipun boleh saja Anda membeli dalam jumlah satuan namun akan lebih baik bila Anda membeli dalam jumlah banyak per-item. Sebab, semakin banyak jumlah maka akan semakin murah pula harganya.

Ada beberapa pedagang yang mematok jumlah minimal tiga pcs untuk tiap item bila Anda ingin mendapatkan harga grosir.

4. Tawarlah Dengan Harga Wajar

Di Pasar Tanah Abang, rugi rasanya bila Anda membeli tanpa menawar. Pedagangnya pun sudah terbiasa menghadapi pembeli yang menawar. Santai saja, tawarlah dengan harga wajar. Bahkan, tak masalah bila Anda ingin membandingkan dahulu harga barang tersebut dari satu kios ke kios lainnya.

5. Cek Dulu Kualitas Barang

Di Pasar Tanah Abang, baik tidaknya kualitas barang akan mempengaruhi harga jual. Jangan cepat tergiur dengan harga murah, karena ada beberapa kios yang menjual barang dengan model sama namun ternyata kualitas berbeda.

Jadi, bila harganya berbeda atau lebih murah dari kios lain, cek dulu barangnya, bagaimana kualitas bahan dan jahitannya.


Nah, demikian informasi mengenai pasar tanah abang dan tips berbelanja di tempat tersebut. Tidak ada salahnya ketika berbelanja Anda mencatat alamat kios, dan nomor kontak pedagang. Siapa tahu di kemudian hari Anda ingin memulai usaha pakaian dan bisa menjadikannya mitra bisnis. Selamat berbelanja!

Sumber:
https://mujiyaulkhaq.wordpress.com/2012/07/22/sedikit-tips-berbelanja-di-pasar-grosir-tanah-abang/

Pasar Tanah Abang – Pusat Grosir Terbesar Di Asia Tenggara