7 Cara Jitu Membeli Batu Akik Yang Asli

Cara Jitu Membeli Batu Akik Yang Asli | Bisnis batu akik yang semakin marak di Indonesia membuat peluang usaha semakin terbuka. Tidak hanya bagi penjual batu, bisnis batu mulia yang sangat menggiurkan ini juga ikut dirasakan oleh perajin serta penambang batu akik. Namun ketidak tahuan para konsumen terkadang justru dimanfaatkan sebagai peluang yang besar oleh para pemain batu akik. Cerita penipuan terkait dengan bisnis batu mulia pun menjadi semakin marak di lingkungan kita. Para pembeli yang masih awam dapat dengan mudahnya percaya terhadap segala sesuatu yang dikatakan oleh penjual batu akik.

Saat berkonsultasi terkait batu akik miliknya kepada seorang ahli, tidak sedikit para pembelinya merasa kecewa. Sebagian besar pembelinya tertipu dengan batu akik yang jenisnya sangat beragam tersebut. Agar barang dagangannya cepat laku serta untung yang didapatkannya berlipat terkadang oknum penjual batu akik melakukan segala cara. Saat penjual mengatakan bahwa batu akik yang dijualnya mempunyai kelebihan yang banyak, maka calon pembeli akan mudah percaya karena mereka belum memiliki pengetahuan terkait batu akik yang asli. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memperhatikan tips berikut ini jika Anda termasuk pemula yang akan membeli batu akik, siapa tahu anda berminat berbisnis batu akik.

1. Perhatikan Ciri Batu Akik Asli

Terdapat beberapa ciri umum yang dapat Anda pelajari untuk mengetahui keaslian batu akik. Anda juga dapat mempelajari dengan seksama terkait ciri fisik batu akik sebelum membuat keputusan untuk membelinya. Ciri khas yang dimiliki oleh masing-masing batu akik juga tidak sama dengan yang lainnya.

2. Perhatikan Warna Batu Akik

Kualitas batu akik sangat lah dipengaruhi oleh warna. Batu akik mempunyai nilai estetika yang semakin tinggi jika warna batu akik tersebut semakin bagus dan unik. Kedalaman warna yang ada di dalam batu akik juga perlu Anda perhatikan sebelum membelinya. Salah satu nilai lebih dari sebuah batu akik adalah ketajaman warnanya. Warna yang tajam tidak selalu harus cerah ataupun mencolok, namun tekstur warnanya harus kuat dan padat.

3. Perhatikan Kejernihan Batu Akik

Tingginya tingkat kejernihan atau kecerahan batu akik akan membuat kualitasnya semakin bagus. Salah satu ciri batu akik yang bagus adalah tekstur warnanya mengkilap dan dapat ditembus cahaya pada beberapa jenis batu akik. Meski demikian, Anda tetap harus memperhatikan tingkat kejernihan batu tersebut, kekurangan atau inklusi pasti dimiliki oleh batu yang berasal dari alam.

Batu dari alam yang tidak mempunyai kecacatan pasti sangat sulit ditemukan. Karena prosesnya yang langsung berada di alam, maka beberapa titik pola alami yang tidak jernih tetap dapat ditemukan. Jika batu akik mempunyai kejernihan hingga seratus persen, maka keaslian batu tersebut patut dicurigai.

4. Perhatikan Potongan Batu Akik

Pemotongan batu akik akan disesuaikan oleh para perajin dari batu akik yang jenisnya beragam dengan berbagai kelebihannya. Untuk meningkatkan nilai kesesuaian yang dapat menambah keindahan batu, menjadikan semakin beragamnya teknik pemotongan pada batu akik. Beberapa batu akik mempunyai pakem sendiri yang pasti sehingga beberapa teknik pemotongan batu akik yang baik juga harus Anda pahami. Sebagai contoh, batu akik jenis bacan mempunyai pakem pola pemotongan oval cabochon agar nilai estetika semakin meningkatkan.

5. Volume atau Berat Batu Akik

Apabila dibandingkan dengan batu akik yang lainnya, ada beberapa jenis batu akik yang mempunyai bobot lebih berat. Karena mempunyai tekstur material dari ferium, batu akik jenis bacan memiliki bobot yang cenderung lebih berat jika dibandingkan dengan berat batu akik yang lain. Anda dapat langsung membandingkannya dengan batu akik buatan untuk mendapatkan kesimpulan yang lebih detail. Oleh karena itu, Anda harus pintar dalam memilih dan memilah batu akik dengan kualitas yang baik dan tentunya yang benar - benar asli. 

6. Ajaklah Ahlinya

Anda sebaiknya mengajak ahli batu akik sebagai antisipasi untuk mengurangi kemungkinan terjadinya penipuan jika belum mempunyai pengetahuan seperti di atas. Karena batu akik yang jenisnya sangat banyak ini dapat menjadi penyebab terjadinya penipuan baik yang disengaja atau pun karena faktor penjual nya yang kurang paham tentang batu akik.

7. Perhatikan Sertifikat Batu Akik

Sama halnya dengan batu mulia yang lainnya, batu akik yang memiliki nilai tinggi tentunya juga harus mempunyai sertifikasi sebagai bukti untuk menunjukkan keasliannya. Nomor seri atau nomor identitas batu, berat batu, warna batu, serta nama batu biasanya terdapat di dalam sertifikat tersebut. Dimensi serta stempel resmi perusahaan atau pembuat batu juga akan menambah kelengkapan sertifikat.

Demikian beberapa tips yang dapat dilakukan saat Anda akan membeli batu akik yang asli sehingga batu akik yang benar-benar mempunyai kualitas bagus bisa Anda dapatkan.

7 Cara Jitu Membeli Batu Akik Yang Asli