7 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berbisnis Batu Akik

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berbisnis Batu Akik | Bisnis batu perhiasan atau batu mulia saat ini sedang mengalami masa kejayaannya, begitu juga dengan bisnis batu akik yang tak pernah ada habisnya. Peluang usaha baru dengan bisnis batu akik menjadi semakin besar khususnya di daerah penghasil batu akik yang tidak hanya dijadikan ladang bisnis oleh para penjual atau pedagang batu akik saja, tetapi juga dimanfaatkan oleh para penambang, pengasah hingga para perajin batu akik.

Peluang bisnis batu akik ini menjadi semakin menggiurkan untuk digeluti karena tentunya sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, sebuah batu kecil saja akan mempunyai nilai yang sangat mahal ketika sudah dipajang di showroom. Untuk sebuah batu akik, harganya dapat menembus jutaan bahkan hingga ratusan juta rupiah. Karena hal tersebut lah bisnis batu akik menjadi begitu menggiurkan. Bagi Anda yang berminat untuk menjalankan bisnis batu akik, 7 hal berikut ini tidak ada salahnya Anda coba.

1. Belajar Tentang Batu Akik

Sebaiknya Anda pela jari batu akik dengan seksama terlebih dahulu sebelum membuat keputusan untuk terjun ke bisnis batu akik. Karena jenis dari batu mulia yang sangat banyak, sehingga mempelajarinya akan menjadi hal yang sangat penting. Jika pemahaman tentang batu sangatlah minim, resiko yang besar bisa Anda dapatkan saat memaksakan untuk berbisnis batu akik hanya karena tergiur dengan untung yang sangat besar. Karena setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas batu akik tersendiri, maka pelajari lah jenis batu, karakter dari batu, dan juga asal batu tersebut.

2. Menentukan Segmen Pasar

Menentukan segmen pasar yang ingin dipilih dapat sangat membantu untuk lebih fokus dalam bisnis batu akik Anda. Karena ada banyak segmen pasar yang perlu diketahui untuk lebih memahami serta menggeluti bisnis batu akik tersebut. Anda dapat menentukan segmen pasar yang akan dikerjakan dari keahlian yang Anda kuasai baik kemampuan dalam memoles batu, kemampuan dalam menghias bingkai atau pun kemampuan dalam hal marketing atau pemasaran. Dalam menjalankan bisnis batu akik, Anda tidak dapat menjalankan semuanya sendiri. Membuat sebuah tim adalah solusi yang paling tepat, sehingga pembagian keuntungan harus ada karena seluruh kemampuan dapat diakomodasi dengan membutuhkan konsekuensi.

3. Perhatikan Modal Usaha

Usahakan modal awal jangan lah terlalu besar. Dana yang digunakan harus aman sehingga kesehatan keuangan Anda tidak akan terpengaruh jika sesuatu terjadi dengan bisnis batu akik Anda tersebut. Anda harus mengingat bahwa bisnis ini merupakan sebuah bisnis yang musiman dan bukan merupakan bisnis yang berbasis pada kebutuhan masyarakat secara berkesinambungan. Sehingga segala sesuatu yang mungkin akan terjadi harus tetap Anda perhitungkan dengan seksama.

4. Survey Lokasi Produk
Untuk dapat memperoleh produk yang baik dan diminati oleh banyak konsumen, survey lokasi produk harus Anda lakukan terlebih dahulu. Anda bisa melakukan survey tersebut di wilayah sekitar Anda terlebih dahulu, jika masih dalam tahap memulai. Lakukanlah survey pada kota-kota terdekat di sekitar lokasi Anda. Lebarkan daerah survey Anda jika skala pangsa pasar sudah cukup besar karena batu akik yang unik hampir tersedia di semua kepulauan Indonesia.

5. Survey Harga

Untuk mengetahui harga ter-update di pasaran, survey harga sangat lah penting untuk dilakukan. Karena perubahan harga pada bisnis batu akik kemungkinan akan sering terjadi di pasaran sehingga perkembangan bisnis batu akik akan semakin baik jika Anda semakin sering melakukan survey harga. Dengan memasuki pusat perdagangan batu mulia di sekitar Anda, survey harga dapat Anda coba lakukan. Cara online juga dapat Anda lakukan untuk survey harga dengan memasuki grup facebook, forum online, atau berbagai media sosial maupun toko online yang ada kaitannya dengan penjualan batu akik sehingga informasi terkait harga terbaru batu akik dapat Anda peroleh.

6. Inovasi Bisnis Batu Akik

Untuk menghindari terjadinya kejenuhan dari konsumen, inovasi sangat penting dilakukan dalam bisnis batu akik ini. Inovasi sangat disarankan untuk dilakukan, karena selain untuk menghindari adanya kejenuhan dari konsumen, juga dapat menambah nilai dari batu akik tersebut. Jika bisnis batu akik ingin bertahan lama, pengrajin atau penghias batu akik harus sering melakukan terobosan baru. Sebuah inovasi baru bisa menjadikan sebuah faktor pembeda dari pebisnis batu akik lainnya. Keberlangsungan bisnis batu akik akan sangat ditentukan dari seberapa besar inovasi yang Anda buat.

Demikian tips berbisnis batu akik yang dapat Anda jadikan acuan dalam mempersiapkan pembukaan bisnis batu akik Anda.

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berbisnis Batu Akik