Mengenal lebih Dekat Jenis Batu Biduri Bulan dan Khasiat dan Keindahannya

advertisments
advertisments

Kemampuan dalam memilih batu akik dengan kualitas yang bagus harus dimilki oleh semua pengusaha maupun kolektor batu akik, mengingat jenisnya yang semakin beraneka ragam di Indonesia. Sifat khas batu akik yang dihadirkan akan selalu dibawa dengan perbedaan kualitas pada masing-masing batu. Jenis serta khasiatnya juga sangat banyak dan hampir semuanya memiliki perbedaan antara satu dengan yang lain.

Batu Biduri Bulan merupakan salah satu jenis batu akik yang fenomenal karena keragam jenisnya dapat menjadi incaran para kolektor batu cincin. Di Indonesia, Batu Biduri Bulan atau yang sering disebut dengan moonstones di dunia internasional ini keindahannya telah dikenal sejak lama. Biduri sering juga disebut sebagai batu mulia. Sama halnya dengan batu mulia pada umumnya, batu biduri bulan yang asli dari alam dapat membutuhkan waktu yang panjang bahkan hingga ratusan tahun untuk diproduksi dengan hasil yang indah.

Kualitas Keindahan Batu Biduri Bulan

Baik batu akik maupun batu mulia tentunya mempunyai kualitas keindahan masing - masing dan berbeda satu sama lain. Indikator keindahan yang digunakannya pun memiliki perbedaan, ada yang mengukurnya dari banyaknya pancaran warna, ada juga yang melihatnya dari serat yang terdapat pada batu akik tersebut. Dan demikian pula dengan jenis batu biduri bulan, dan untuk melihat kualitas keindahannya pun dapat dilihat atau diukur dari berbagai macam faktor.

Berikut ini adalah 3 faktor yang dapat digunakan untuk melihat kualitas keindahan dari batu biduri bulan:
1. Melalui kebeningan serta kebersihan batu biduri bulan, Anda dapat mengukur dan melihat kualitas keindahan dari batu biduri bulan tersebut. Sebagai contohnya, batu permata jenis blue flash moonstone Anda terpakan, jika serat atau kotoran tidak terlihat pada batu tersebut meski dilihat dari loop 10x, tentunya hal tersebut akan sangat menambah keindahan dari efek blue-nya.

2. Pancaran Luster yang rapi dan kuat pada batu biduri bulan. Kerapian dari garis sinar putih yang terdapat pada batu cincin jenis ini pun dapat menjadi sebuah tolak ukur dalam menilai kualitas keindahannya. Acuan untuk menilai kualitas keindahan dari sebuah batu biduri bulan juga dapat didasarkan pada ketajaman kilauan dari batu permata ini. Nilai exclusive pada batu biduri bulan akan didapatkan dari pancaran kilau sinarnya yang putih dan rapi serta kristalnya yang bening dan bersih.

3. Ukuran serta kerapihan potongan pada batu biduri bulan. Keindahan dan kecantikan batu biduri bulan dapat dilihat dari ukuran dengan takarannya yang tepat. Selain itu, keindahan yang maksimal dari batu biduri bulan juga dapat dihasilkan dari faktor bentuk potongan yang tepat.

Jenis Batu Biduri Bulan

Pada umumnya, batu biduri bulan dapat digolongkan menjadi tiga jenis yaitu jenis batu biduri bulan polos, blue flash dan juga jenis cat eye. Berikut klasifikasinya secara detail:

1. Batu Biduri Bulan Polos

Batu biduri bulan polos bukan merupakan batu akik yang tidak memiliki warna, namun batu ini memiliki warna yang cenderung polos tanpa disertai efek apapun. Masyarakat biasanya sering menyebut batu biduri bulan polos sebagai padu batu biduri yang mempunyai kandungan warna bening seperti pada warna air beras, kaca, oranye, coklat dan juga abu-abu.

2. Batu Biduri Bulan Blue Flash

Efek sinar berwarna biru dimiliki oleh biduri bulan Blue Flash yang terdapat pada bagian dalamnya. Dengan mata telanjang, Anda dapat menyaksikan betapa indahnya batu biduri Blue Flash tersebut.

3. Jenis Batu Biduri Cat Eye

Efek sinarnya hampir sama dengan yang dimiliki biduri bulan blue flash, namun efek sinar yang dihasilkan oleh biduri bulan cat eye lebih menyerupai mata seekor kucing dengan membentuk sebuah garis lurus ke bawah.
Khasiat Batu Biduri Bulan

Tuah magis yang kental memang dipercaya telah dimiliki batu biduri bulan ini sejak jaman dahulu. Bahkan batu ini dipercaya sebagai batu yang suci di India. Batu biduri bulan ini pun dianggap sebagai lambang kebijaksanaan dan juga kasih sayang. Oleh karenanya, siapa saja yang menggunakan / memakaina dipercaya dapat menjadi lebih bijaksana serta mudah disayangi oleh orang lain.

Selain itu, sebuah kepercayaan menganggap bahwa batu biduri bulan merupakan batu ajaib sebagai batu mimpi sehingga membuat sebagian masyarakat di sebuah negara percaya bahwa siapa pun yang memakai batu tersebut akan mempunyai mimpi yang indah dalam setiap tidurnya.

advertisments

Related Posts

Mengenal lebih Dekat Jenis Batu Biduri Bulan dan Khasiat dan Keindahannya
4/ 5
Oleh