Mengenal Lebih Dekat Kemilau Indah Batu Akik Kalimaya (Black Opal) dari Banten

Mengenal Lebih Dekat Kemilau Indah Batu Akik Kalimaya (Black Opal) dari Banten | Di kalangan para pecinta batu mulia, batu akik jenis Kalimaya terkenal akan kepopulerannya dan harganya yang sangat mahal. Batu jenis ini mempunyai beragam warna yang begitu indah dan sangat diminati oleh pecinta batu mulia. Batu akik Kalimaya tidak hanya diburu oleh para kolektor dari dalam negeri, tetapi juga diburu oleh banyak kolektor dari luar negeri.

Batu akik jenis Kalimaya atau Black Opal memang pantas dihargai mahal karena struktur dan keindahan batunya. Batu jenis ini menjadi salah satu batu akik dengan harga termahal di Indonesia dengan harga yang dapat menembus 2500 USD per karat. Untuk meningkatkan taraf hidup penduduknya karena tingginya harga batu akik kalimaya, Pemerintahan Provinsi Banten yang merupakan daerah asal dari batu akik kalimaya ini mempunyai tekad untuk menggarapnya dengan serius.

Sejarah Batu Akik Kalimaya
Batu akik Kalimaya dapat di peroleh di Indonesia, tepatnya di wilayah kecamatan Cimarga, Sajira dan Maja, Provinsi Banten. Selain ditemukan di Banten, batu jenis ini juga dapat diperoleh di sekitar Kalimantan. Batu akik kalimaya yang berasal dari Banten mempunyai kualitas yang hampir sama dengan batu akik opal asal Australia. Sejauh ini, hampir 97% pasokan batu akik kalimaya berasal dari Australia sehingga menjadikannya pemasok terbesar di dunia.

Di luar negeri, batu akik Kalimaya tidak hanya ditemukan di Australia tetapi juga dapat ditemukan di Meksiko dengan jenisnya yaitu batu kalimaya api. Perbedaan tentang asal usul nama opal pada batu akik Kalimaya sampai sekarang masih menjadi perdebatan. Nama Opal disebutkan berasal dari bahasa Romawi yaitu Opalus oleh kalangan pecinta batu mulia. Namun, ada juga pendapat lain yang menyebutkan bahwa nama Opal berasal dari bahasa Yunani yakni Opillos.

Karakteristik Struktur Batu Akik Kalimaya

Bentuk amorfis dari silika dengan kandungan air bekisar antara 3% hingga 21% dimiliki oleh batu akik Kalimaya atau Black Opal. Cahaya dengan beragam warna dapat dipancarkan dan disebarkan oleh struktur dari batu akik kalimaya, tergantung asal tempat dimana batu akik tersebut ditemukan. Batu jenis ini mempunyai kekerasan yang menempatkannya pada urutan ke delapan yaitu berkisar 5.5 – 5.6 skala Mohs. Kemampuannya untuk merefleksikan beberapa warna dalam satu batu menjadi kelebihan yang ditawarkan oleh batu akik Kalimaya. Sehingga dalam sebuah batu akik Kalimaya dapat memunculkan beraneka warna tergantung dari jenisnya.

Jenis Batu Akik Kalimaya
Di pasaran banyak beredar batu akik Kalimaya dengan berbagai jenis. Sedikitnya terdapat tujuh jenis batu akik Kalimaya yang dapat di eksploitasi keeksotisan nya. Berikut 7 jenis batu akik Kalimaya :
  1. Batu akik Kalimaya Kristal
  2. Batu akik Kalimaya Kristal Air Kelapa 
  3. Batu akik Kalimaya Kristal Teh
  4. Batu akik Kalimaya Kristal Lukut atau Kalimaya Kristal Kopi 
  5. Batu akik Kalimaya Kristal Susu 
  6. Batu akik Kalimaya Black Opal 
  7. Batu akik Kalimaya Black Opal Solid 

Sifat Asli Batu Akik Kalimaya

Berikut beberapa tips serta cara untuk mengetahui sifat asli batu akik Kalimaya sehingga dapat dipastikan keasliannya:

1. Pembakaran. Batu akik Kalimaya tahan terhadap api dan panas serta akan segera dingin dalam waktu yang singkat jika dibakar menggunakan api.

2. Kotoran. Jika batu akik kalimaya terkena kotoran terutama yang berbahan kimia, akan dengan mudah dihilangkan. Anda dapat mencobanya dengan menempelkan cat atau pewarna yang lain, kemudian usap menggunakan lap. Batu tersebut dapat dipertanggung jawabkan keasliannya jika kotoran dapat hilang tak berbekas.

3. Serat batu. Serat yang nampak meski tidak kuat dimiliki oleh batu akik jenis ini. Pada batu akik Kalimaya yang tidak asli akan terlihat bening tanpa terdapat serat sedikitpun. Untuk melihatnya, Anda dapat lakukan dengan bantuan kaca pembesar.

4. Berat batu. Keaslian batu akik Kalimaya dapat diukur dari bobotnya yang lebih berat jika dibandingkan dengan batu akik buatan atau sintetis.

Harga Batu Akik Kalimaya
Harga batu akik Kalimaya menjadi semakin meningkat berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkannya serta permintaan dari luar negeri yang cukup tinggi. Banyak kolektor yang berburu batu akik Kalimaya berasal dari berbagai negara antara lain Korea, Malaysia, Amerika, dan juga Jepang. Harga batu akik Kalimaya super dengan warna yang telah berkembang hingga saat ini dapat menembus kisaran paling rendah Rp 300 ribu sampai dengan Rp 50 juta ( 2015 / 2016). Untuk tahun 2017 ini mungkin agak menurun, mengingat demam batu akik telah menurun, tetapi beberapa tahun kedepan di yakini perburuan batu akik kembali tinggi.

Mengenal Lebih Dekat Kemilau Indah Batu Akik Kalimaya (Black Opal) dari Banten