Keindahan Alam Bawah Laut Pantai Sadranan Gunung Kidul Yogyakarta

IKLAN SPONSOR DI SINI :

IKLAN TENGAH ARTIKEL DIBAWAH SINI
Keindahan Alam Bawah Laut Pantai Sadranan Gunung Kidul Yogyakarta - Tidak hanya di raja ampat dan Bunaken sulawesi Utara yang terdapat spot untuk snorkeling di Gunung Kidul tepatnya di pesisir Pantai Sadranan wisatawan juga dapat menikmati indahnya alam bawah laut yang tidak kalah menarik dari alam bawah laut yang di miliki Raja Ampat dan dan Bunaken, di pantai Sadranan anda dapat melakukan kegiatan snorkeling untuk menikmati alam bawah laut yang menawan, beraneka biota laut, gugusan karang dan berbagai ikan hias juga dapat bisa anda jumpai di Pantai Sadranan Gunung Kidul ini.
Alam Bawah Laut Pantai Sadranan Gunung Kidul Yogyakarta

Nama pantai Sadranan sebenarnya merupakan sebutan untuk kegiatan masyarakat sekitar yaitu 'nyadran' yang berarti kegiatan religi ritual sedekah laut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta lautan atas rezeki yang didapat berupa hasil tangkapan laut yang melimpah.

Nyadran oleh masyarakat sekitar di artikan sebagai salah satu bentuk mengingat kuasa-Nya melalui ciptaan-Nya yang berupa laut, sungai, gunung, langit, melalui apapun yang kita lihat dan sentuh, kegiatan tersebut di tujukan masyarakat sekitar pantai Sadranan sebagai ungkapan melebur kembali ke dalam kuasa-Nya.

Mungkin masih belum banyak wisatawan yang mengetahui jika ada pantai di Gunung Kidul yang mempunyai spot snorkeling yang cukup bagus, ya memang wajar saja karena spot snorkeling di pantai Sadranan ini belum lama ini di buka oleh pengelola wisata pantai tersebut. Dengan keindahan alam bawah lautnya yang menawan, membuat pantai Sadranan baru-baru ini telah menjadi primadona baru para wisatawan yang datang ke Gunung Kidul, Yogyakarta. Mulai dari wisatawan lokal sampai wisatawan asing sangat ramai menyembangi pantai ini untuk menikmati keindahan alam bawah laut.

Selain disuguhkan keindahan alam bawah lautnya, pantai Sadranan juga memiliki pantai pasir putih yang juga masih bersih dan asri. Wisatawan dapat bersantai atau juga bisa berjemur di bawah terik sinar matahari di pantai ini usai melakoni aktivitas snorkeling.
Baca juga: Wisata Pantai Jogan Jogja yang Wajib Dikunjungi

Untuk dapat melakukan Snorkeling di pantai Sadranan anda memelukan peralatan khusus seperti kacamata google+fin dan pelampung, tetapi tenang saja anda tidak perlu repot-repot membeli atau membawa dari rumah, karena anda cukup menyewa alat-alat tersebut yang pengelola sediakan dengan harga sewa sebesar Rp 50.000- saja anda sudah dapat menikmati pemandangan bawah laut pantai Sadranan. Selain itu anda juga dapat mengabadikan momen-momen seru ketika ber-snorkeling dengan kamera under water yang dapat di sewa dari pengelola setempat, dengan harga sewa sebesar Rp 50.000- saja anda sudah dapat mengabadikan momen snorkeling selama 2 jam untuk hari libur, jika saat sepi atau hari biasa ada bisa memakai kamera under water tersebut seharian.
Indahnya pantai Sadranan
Pantai Sadranan || Image Source: https://www.tripadvisor.com

Rute lokasi Pantai Sadranan Gunung Kidul Yogyakarta 

Lokasi pantai Sadranan sebenarnya cukup mudah di temukan karena lokasinya cukup dekat dengan pantai-pantai yang cukup populer seperti pantai krakal, selain itu letak pantai Sadranan yang di apit oleh pantai Krakal dan pantai sili membuat wisatawan dapat juga mampir di pantai sekitar sebelum menuju ke pantai Sadranan, alamat pantai Sadranan yang terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta sebetulnya sudah lama di buka tetapi dahulu belum anda spot snorkeling di pantai ini, seperti yang saya utarakan di atas spot snorkeling baru saja di buka di Pantai Sadranan beberapa bulan lalu.

Untuk dapat sampai ke pantai Sadranan anda dapat menempuh perjalanan sekitar 2 sampai 3 jam dari arah kota Joga, untuk rute-nya dari kota jogja anda bisa ambil jalan menuju arah Jl Wonosar-jogja ( Piyungan) kemudian sesampai di bunderan Siyono anda ambil saja jalan kekiri sampai menjumpai lampu merah ke-2 anda belok kiri dan terus saja (pada jalan utama) hingga sampai ke gerbang retribusi pesisir pantai Gunung Kidul, dari gerbang retribusi anda akan menemui pertigaan jika ke kanan menuju arah pantai Baron nah anda ambil jalan kekiri menuju pantai kukup setelah sampai di depan pantai kukup anda belok kanan dan terus saja (tetap di jalan utama) hingga menemui plangkat pantai Sadranan yang terletak di antara pantai Krakal dan pantai Sili.
Baca juga: Menjemput Kecupan Ombak di Pantai Sundak Wonosari

Biaya Tiket Masuk Pantai Sadranan

Untuk biaya tiket masuk ke pantai sadranan anda cukup membayarnya pada saat rtiba di retribusi saja selebihnya anda hanya cukup membayar tarif parkir dan biaya sewa peralatan snorkeling, untuk tarif parkir di pantai Sadranan sebesar Rp 2.000- saja untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000- untuk roda empat/mobil.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai wisata Pantai Sadranan Gunung Kidul dengan keindahan pasir putih dan alam bawah laut layaknya Bunekan sulawesi utara. Semoga dapat menambah wawasan kita akan destinasi wisata yang harus anda kunjungi. Selamat berlibur!

Sumber image: https://www.tripadvisor.com/LocationPhotoDirectLink-g2304083-d7788000-i161197118-Sadranan_Beach-Gunung_Kidul_Java.html

IKLAN SPONSOR DI SINI :

IKLAN RELATED DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keindahan Alam Bawah Laut Pantai Sadranan Gunung Kidul Yogyakarta"

Posting Komentar