Cara Memilih Agen Properti Yang Benar

Cara Memilih Agen Properti Yang Benar - Sangat mudah untuk menemukan seorang agen properti. Cukup taruh tanda ‘Rumah Dijual’ beserta nomor yang bisa dihubungi di halaman, lalu tinggal tunggu saja telepon berdering. Pertanyaannya adalah bagaimana cara memilih agen properti yang baik dan bisa benar-benar membantu dalam setiap prosesnya, entah itu untuk menjual rumah, untuk memulai bisnis properti, ataupun untuk mengurusi dokumen properti.
Tips Memilih Agen Properti Yang Benar

Langkah awal didalam cara memilih agen properti bisa dimulai dengan surat kabar. Ambil koran terbitan hari sabtu atau hari minggu, disitu banyak sekali iklan rumah dijual disekitar area tersebut. Selain mencari informasi di koran bisa juga mencoba melalui internet, dua media ini sangat penting dalam dunia bisnis properti. Cari website jual beli rumah, kemudian filter properti yang mirip dengan milik anda. Contohnya jika ingin menjual ruko, maka cari di bagian jual beli ruko.

Ketika sudah menemukan tipe yang mirip, catat nama dan nomor telepon yang tercantum diiklan tersebut. Idenya adalah mencari agen properti yang mempunyai pengalaman dengan tipe properti anda. Sebagai contoh, seorang agen yang telah berhasil menjual rumah seharga milyaran rupiah mungkin tidak bisa sama berhasilnya ketika menjual ruko. Anda pasti ingin agen tersebut mempunyai pengalaman berhasil menjual beberapa properti sebelumnya.

Cara Memilih Agen Properti:
  1. Ketika menelepon agen, minta bukti contoh bahwa mereka punya pengalaman menjual tipe seperti kepunyaan anda. Yang terbaik adalah menelepon ke banyak agen.
  2. Tanya bagaimana cara mereka memasarkan. Semua agen bisa memasang iklan rumah di banyak listing, tapi apakah mereka punya list calon pembeli yang tertarik dengan tipe rumah anda? Apakah mereka membiarkan agen lain tahu tentang properti tersebut? Begitu juga jika anda ingin terjun ke bisnis properti, penting sekali untuk mempunyai listing calon pembeli potensial. 
  3. Apa mereka memasarkan rumah dengan frekuensi cukup sering? Banyak agen hanya menaruh iklan rumah dan membiarkan orang lain menjualnya untuk dia. Hal ini menguntungkan bagi mereka tapi tidak bagi anda. Jika mereka adalah marketer yang bagus, anda pasti ingin mereka membawa calon pembeli potensial melihat-lihat rumah. 
  4. Apa mereka melakukan closing-nya sendiri? Sekali lagi, mungkin ini lebih baik bagi mereka untuk mendelegasikan proses closing kepada orang lain, tapi ini tidak baik bagi anda. Pastikan hanya satu orang yang mengurusi semua prosesnya dari awal sampai akhir, cukup satu orang yang anda telepon. Keadaan bisa menjadi sulit dalam proses jual beli, jadi jangan memperumit keadaan dengan mengundang lebih banyak orang. Kondisi yang terkadang sulit inilah yang membuat orang berpikir ulang untuk masuk ke bisnis properti.
Mungkin akan banyak sangkalan mengenai poin-poin cara memilih agen properti diatas. Tidak apa-apa, tapi ingatlah bahwa banyak hal lain yang mereka sembunyikan dari anda. Sebagai contoh, apakah anda tahu bahwa open house adalah alat utama bagi agen properti? Faktanya, seorang agen baru sering diberi kerjaan menjadi tuan rumah dalam acara open house sehingga mereka bisa mendapat calon pembeli. Masalahnya adalah jangan harapkan bahwa mereka akan menjual rumah anda dalam prosesnya nanti.

Ketahui juga ketika melihat iklan rumah dijual tetapi tidak tercantum harganya, itu adalah teknik mencari prospek pembeli. Ketika pembeli mencari rumah seharga 300 juta tetapi dia menelepon rumah anda yang seharga 500 juta, agen tersebut tidak akan berusaha membuat calon pembeli mau membeli rumah anda. Intinya adalah agen properti tersebut hanya berusaha membuat orang menelepon sehingga dia bisa menjual rumah siapa saja. Sementara itu calon pembeli potensial sebenarnya akan melewatkan rumah anda.
Baca juga: 6 Kesalahan Umum Dalam Bisnis Properti
Percaya pada intuisi ketika memilih agen properti. Jika anda merasa tidak nyaman dengan dia, kemungkinan besar orang lain juga tidak nyaman dengan dia. Cara memilih agen properti yang benar adalah jangan memilih yang anda suka, tapi pilihlah yang tepat dengan properti anda.

Cara Memilih Agen Properti Yang Benar