Solusi Cara Mengatasi Burung Pleci Yang Macet Bunyi

IKLAN SPONSOR DI SINI :

IKLAN TENGAH ARTIKEL DIBAWAH SINI
Ada berbagai penyebab pleci yang semula gacor tiba-tiba menjadi macet bunyi. Kita harus mengetahui cara dalam perawatan dan terapi pada pleci macet.

Burung pleci tergolong jenis burung lomba yang mudah untuk bunyi dan mudah menyesuaikan diri dengan manusia. Maka tidaklah heran jikalau burung ini banyak diminati alasannya ialah kicauannya dan juga pamornya yang semakin menaik di kalangan kicau mania.
solusi mengatsi pleci yang macet
Burung Pleci
Kali ini kita akan membahas wacana bagaimana merawat burung pleci dalam kondisi macet bunyi. Karena berbagai kasus ibarat ini di kalangan pleci mania namun masih banyak yang belum tau wacana terapi yang harus diberikan.

Ada berbagai penyebab pleci menjadi tidak mau mengeluarkan bunyi diantaranya :

1. Perubahan Pola Perawatan

Salah satu penyebab paling banyak ditemui ialah perubahan pola rawatan yang mendadak. Bisa terjadi alasannya ialah burung pindah kepemilikan mampu juga alasannya ialah pemilik merubah setingan perawatan secara mendadak. Hal ini berdampak pada kebiasaan burung dan metabolisme burungpun ikut berubah.

2. Stress

Ada banyak penyebab burung stress diantaranya alasannya ialah kandang yang jatuh, ganti sangkar, gangguan hewan predator ibarat kucing, telat pakan dan minum.

3. Pasca Mabung

Burung pleci setelah mabung terkadang menjadi macet alasannya ialah kondisi burung tidak fit dan metabolism burung yang tidak beraturan pasca mabung. Dalam beberapa ahad kemudian setelah pemulihan burung akan kembali fit dan bunyi kembali.

4. Doping

Doping memang dikenal sangat ampuh untuk membuat pleci jadi cepat buka paruh. Namun jikalau kita tidak tahu takaran yang pas untuk burung. Bisa-bisa burung menjadi macet bunyi alasannya ialah metabolism didalam tubuhnya menjadi berantakan.

Dalam kasus-kasus diatas ada perbedaan lamanya pemulihan dalam merawat pleci yang macet bunyi berbed-beda sesuai tingkat keparahan. Menurut pengalaman penangan pleci macet pada burung pleci dada putih ibarat Auriventer, Montanus, dan Buxtomi sedikit lebih lama daripada jenis dada kuning pola dakun local, Bali, dan Lombok.

Cara dalam memngembalikan pleci yang tidak mau bersuara sama sekali gotong royong tidaklah terlalu sulit. Ada beberapa cara yang mampu kita praktekan dirumah untuk mengatasi pleci yang macet.
  1. Berikan perawatan yang maksimal
  2. Berikan nutrisi yang baik selama masa macet
  3. Rajin diembunkan tiap pagi dikala matahari belum terbit
  4. Gantang ditempat yang agak tinggi ketika diembunkan
  5. Sering dibawa jalan-jalan biar burung mendapat suasana baru
  6. Berikan terapi bunyi untuk pleci macet bunyi
Itu tadi wacana bagaimana cara dalam perawatan memulihkan pleci yang macet bunyi. Perlu kesabaran dan ketelatenan dalam merawat pleci biar tetap rajin.

IKLAN SPONSOR DI SINI :

IKLAN RELATED DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Solusi Cara Mengatasi Burung Pleci Yang Macet Bunyi"

Posting Komentar