Tips Menghadapi Komplain Konsumen Dalam Bisnis Online

IKLAN SPONSOR DI SINI :

IKLAN TENGAH ARTIKEL DIBAWAH SINI
Tips menghadapi complain konsumen dalam bisnis online – Apabila Anda adalah seorang pebisnis online, pasti saja akan lebih sering lakukan aktifitas bisnis secara online. Dalam mengelola bisnis, baik itu bisnis offline atau online, tentu saja akan menghadapi banyaknya karakter konsumen yang beraneka ragam. Dan dari sekian banyaknya konsumen tersebut, tentu saja ada yang kurang puas dengan pelayanan yang Anda berikan.
Complain pelanggan sering sekali pada sebuah bisnis online, misalnya toko online. Mengapa hal yang demikian ini sering terjadi, ada banyak faktor yang sebabkan para konsumen tersebut complain pada pelayanan Anda. Akan tetapi pada saat menemui masalah tersebut, ada beberapa cara atau pun tips menghadapi complain konsumen dalam bisnis online Anda. Simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Tips Menghadapi Komplain Konsumen Dalam Bisnis Online

Menjadi pendengar yang baik

Langkah pertama adalah dengan jadi pendengar yang baik. Cobalah untuk mendengarkan semua keluhan dan juga ketidak puasan mereka. Jangan sampai Anda potong pembicaraan, cara satu ini akan sedikit redakan emosi pelanggan Anda yang lagi marah. Tunjukan saja rasa empati Anda di dalam menerima ungkapan kecewa mereka dengan tanggapan positif. Anda jangan sampai mudah terpancing dengan emosi complain pelanggan ini, tetaplah tenang dan dengarkan dengan seksama apa keluhan mereka.

Menawarkan beberapa solusi
 
Setelah Anda mendengarkan complain dari mereka, dan keadaannya sudah sedikit reda, coba untuk memberikan tawaran beberapa solusi. Jangan pernah lakukan sanggahan pada complain pelanggan Anda hanya untuk membela diri Anda sendiri. Coba Anda diskusikan bersama permasahan yang lagi menimpa konsumen, cari solusi bersama supaya sama – sama tak merugikan kedua belah pihak. Sangat penting sekali Anda lalukan guna jaga kredibilitas bisnis online Anda, sehingga konsumen Anda tetap percaya pada bisnis online Anda tersebut.

Bersikap ramah dan tak terlalu kaku
 
Sikap ramah ini juga sangat membantu Anda di dalam menghadapi complain konsumen atau pelanggan bisnis online Anda. Kadang kalanya pelaku bisnis online sangat monoton dan juga bersikap kaku di dalam menghadapi konsumen, sehingga hal tersebut menjadikan konsumen merasa tak dihargai. Apabila Anda langsung yang hadapi complain konsumen, maka silakan Anda bersikap ramah supaya mereka merasa lebih nyaman dulu. Akan tetapi bila ada costumer service yang menghadapi mereka, lebih baik bekali costumer service Anda dengan beberapa pengetahuan yang cukup untuk menangani complain konsumen.

Coba obati rasa kecewa konsumen dengan sesuatu
 
Harus Anda tahu, walaupun Anda katakanlah dapat menyelesaikan masalah atau pun complain konsumen, tapi sejatinya masalah tak berhenti sampai di situ saja. Pada saat ada pelanggan yang complain, pastinya akan dibarengi dengan rasa kecewa. Kecewa inilah yang dapat mengakibatkan bisnis Anda terancam bila Anda tak mampu mengatasinya secara tuntas. Untuk itulah coba obati rasa kecewa konsumen Anda dengan sesuatu, bisa berupa diskon atau pun spesial promo untuk menyenangkan hatinya.

Demikian informasi tentang tips menghadapi complain konsumen dalam bisnis online. Semoga saja bisa manfaat dan menginspirasi.

IKLAN SPONSOR DI SINI :

IKLAN RELATED DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menghadapi Komplain Konsumen Dalam Bisnis Online"

Posting Komentar