Langkah Membuka Bisnis Franchise Sendiri

IKLAN SPONSOR DI SINI :

IKLAN TENGAH ARTIKEL DIBAWAH SINI
Langkah Membuka Bisnis Franchise Sendiri - Mungkin Anda saat ini memiliki keinginan dan harapan untuk menjadi seorang franchisor? Menjadi seorang franchisor artinya menjalankan bisnis sendiri dan kemudian dapat menjual konsep dan ide bisnis yang dijalankan tersebut kepada orang yang mau berwaralaba dengan Anda. Ini memang sangat menarik karena Anda menjadi otak dari bisnis Anda ini.

Tetapi memang menjadi seorang franchisor itu tidak mudah karena bisnis yang Anda jalankan harus unik dan tidak boleh asal – asalan. Beberapa langkah yang Anda perlu coba terapkan didalam membuka bisnis franchise sendiri akan kami uraikan di bawah ini!

Langkah Membuka Bisnis Franchise Sendiri

Memang ada banyak hal yang Anda perlu pertimbangkan dan ada banyak langkah yang Anda perlu lakukan didalam membuka bisnis franchise sendiri diantaranya :

Pikirkan ide usaha

Modal memang sangat penting untuk dipikirkan akan tetapi tentu saja percuma jika Anda memiliki modal uang akan tetapi masih bingung untuk menentukan ide usaha apa yang akan Anda lakukan. Ide usaha memang sangat penting sebab Anda perlu menciptakan suatu ide bisnis yang baru, fresh, unik dan menarik agar dapat diminati semua kalangan dan menjadi bisnis franchise yang potensial.

Rencanakan usaha secara matang

Tidak sedikit orang yang usahanya tidak berjalan secara lancar atau mandek di tengah jalan karena kurangnya perencanaan. Karena itu merencanakan usaha sangat penting sebagai langkah awal dalam membuka suatu bisnis. Rencana ada baiknya dipikirkan mulai dari konsep bisnis sampai dengan action dan manajemen keuntungan dari bisnis Anda sendiri.

Baca juga : 4 Macam Peluang Bisnis Franchise Modal Kecil 

Pengamatan lingkungan itu perlu

Pengamatan lingkungan sekitar atau survei memang sangat penting sebelum dan ketika Anda akan menjalankan sebuah bisnis. Tujuannya adalah agar Anda bisa tahu kondisi lingkungan sekitar, kondisi konsumen, kompetitor, lokasi usaha, pemasaran bahkan target penjualan Anda sendiri. Kalau memang Anda kurang yakin karena terlalu banyak kompetitor upayakan Anda pilih bisnis yang jarang ada kompetitor tetapi unik dan banyak dicari oleh konsumen.

Beberapa hal lain yang harus anda perhatikan sebelum membuka Bisnis Franchise Sendiri:
  • Konsep bisnis harus dipersiapkan sematang mungkin. "Konsep Bisnis" adalah suatu hal yang sangat spesial dalam suatu Bisnis Franchise, dimana sistem operasional bisnis tersebut akan mengacu kepada "konsep bisnis" tadi.
  • Team bisnis yang solid harus di bentuk lebih dulu, dimulai dari team yang mengatur manajemen sampai pegawai biasa semua wajib mengetahui sistem bisnis franchise tersebut dan nilai-nilai perusahaan. 
  • Menghitung biaya produksi dan menentukan harga jual dari produk sesuai dengan tingkat keunikannya dengan produk sejenis. 
  • Produk (barang dan jasa) wajib unik, untuk menarik perhatian konsumen.
  • Harus ada standar kerja dan standar produk, rantai pasokan bahan baku (tidak sulit memperoleh bahan baku), kontinyuitas pasokan bahan baku wajib di perhatikan.
  • Merancang sistem operasional yang mudah dan simpel, tidka berbelit-belit dan birokratis.
  • Pikirkan, kemungkinan usaha yang dirintis dapat di duplikasikan pada orang lain atau pihak lain yang tertarik sebagai franchisor.
  • Merek dagang dan hak cipta wajib di daftarkan, sehingga dapat melindungi diri dan calon franchisor dalam berbisnis.
  • Tingkat keuangan mitra franchise berbeda-beda, karena itu buatlah beberapa paket investasi, dengan nilai ROI yang menarik.
  • daftarkan bisnis franchise anda pada Departemen Perdagangan untuk mendapatkan STPW (surat tanda perdaftaran waralaba), serta joinlah pada asoasi franchise yang ada. Misalnya Asosiasi Franchise Indonesia dan Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali).
  • Memarketingkan bisnis franchise anda melalui media cetak atau media internet, dapat juga dalam bentuk review, advertoriald an lain sebagainya di blog-blog bisnis yang dikelola para blogger. 
Penawaran bisnis franchise kepada khalayak ramai mengenai bisnis franchise anda meliputi:
  •  Data identitas franchisee
  •  Legalitas dan bukti bisnis yang difranchisekan
  • Sejarah lahirnya bisnis franchise tersebut
  • Laporan keuangan minimal 2 bulan terakhir mengenai prosfektifnya bisnis franchise tersebut
  • Informasi mengenai cabang dan garai yang telah ada, mitra serta alamat lokasi usaha mitra yang telah join
  • Daftar pembeli franchisee yang telah menjalankan bisnis tersebut
  • Informasi jelas tentang hak dan kewajiban franchisee ataupun franchisor
Itulah sedikit informasi yang dapat kami berikan untuk Anda tentang Langkah Membuka Bisnis Franchise Sendiri. Semoga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi Anda sebelum benar – benar menjalankan bisnis.

IKLAN SPONSOR DI SINI :

IKLAN RELATED DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Membuka Bisnis Franchise Sendiri"

Posting Komentar