Penyakit Berikut Ini Paling Ditakuti Pria

Anda mungkin sering mendengar atau membaca beragam ulasan mengenai penyakit-penyakit yang berbahaya. Sekarang coba tanyakan pada diri anda sendiri (khususnya para pria) ancaman penyakit apa yang paling membuat anda khawatir.

Pastinya akan ada banyak jawaban, tetapi permasalahannya adalah, apakah anda berisiko mengalaminya atau tidak.

Posting kami kali ini akan berbagi tentang penyakit-penyakit apa saja yang diam-diam menjadi ancaman kesehatan anda, khususnya para pria, disertai pula tentang bagaimana cara mencegahnya. Mari kita simak satu-persatu!

Baca juga: Jadikan Pisang Sebagai Buah Favorit Kamu


Kanker Paru

Kanker paru adalah kanker paling mematikan di antara kanker lainnya seperti prostat, leukimia, pankreas, dan kanker usus besar. Bahkan kanker paru merupakan penyebab kematian terbesar setelah penyakit jantung.

Banyak di antara penderita kanker paru adalah mereka yang mempunyai kebiasaan merokok. Namun, risiko terkena kanker paru juga dialami orang yang tidak merokok jika sering berada dalam ruangan yang penuh asap rokok.

Bukan cuma dipicu oleh asap rokok, polusi udara juga dapat meningkatkan risiko penyakit kanker paru.

Seperti diutarakan International Agency for Research on Cancer (IARC) bahwa sekitar 223.000 kasus kematian di seluruh dunia pada tahun 2010 disebabkan oleh kanker paru-paru disebabkan polusi udara yang kian parah, malah ada fakta yang meyakinkan kalau meningkatnya risiko kanker kantung kemih juga akibat dari polusi udara.

Namun tak usah terlalu cemas, risiko kanker paru-paru dapat diminimalisir jika kita sering mengkonsumsi makanan organik seperti buah-buahan dan sayuran. 


Impotensi

Dewasa ini, disfungsi ereksi atau impotensi bukan hanya terjadi pada usia paruh baya, mereka yang berusia muda pun dapat mengalami impotensi.

Menurut Elizabeth Selvin, Ph.D asisten profesor di sekolah kesehatan John Hopkins, kemampuan seseorang untuk mencapai dan menjaga ereksi merupakan proses psikologis yang kompleks.

Beberapa peneliti dari Italia menemukan setengah dari para pria yang mengeluhkan impotensi merupakan akibat dari bertambahnya usia.

Uniknya, ditemukan faktor risiko lain yaitu kebiasaan merokok dan mengonsumsi obat-obatan terlarang yang bisa memperburuk kondisi impotensi bahkan di usia muda.

Akibat dari gaya hidup yang tidak sehat, risiko impotensi di usia muda mengalami kenaikan dari 2 persen sampai 4 persen. Ironisnya lagi, mereka yang biasa menghabiskan waktunya lebih dari 20 jam selama seminggu didepan komputer mempunyai risiko tinggi terkena impotensi.

Impotensi dapat dicegah, yaitu dengan melakukan olahraga (aktivitas fisik) secara teratur, jauhi stres, dan terapkan pola makan yang sehat.


Kanker Prostat

Kanker Prostat merupakan penyakit yang tidak kalah menakutkan bagi pria layaknya Kanker Testis. Lebih dari 50 persen pria yang terdiagnosa menderita kanker prostat adalah mereka yang berusia di atas 50  tahun.

Tapi jangan salah, bagi pria yang memiliki usia di bawah 50 tahun juga tidak aman dari ancaman penyakit ini. Jika tidak diimbangi dengan olahraga teratur dan pola makan sehat, risiko terkena kanker prostat akan cenderung meningkat.

Setelah selesai mandi, lakukan pengecekan pada testis anda secara berkala. Jika anda menemukan tonjolan atau gumpalan-gumpalan yang terasa mengganggu dan abnormal, segera temui dokter.

Gejala lain penyakit ini ialah susah buang air kecil dan terasa sakit saat buang air kecil. Keberhasilan pengobatan kanker prostat sangat berpengaruh terhadap deteksi dini sehingga dapat ditangani sebelum penyakit ini semakin parah.


Kanker Testis

Kanker Testis merupakan penyakit yang memang jarang ditemui dalam dunia kedokteran, namun penyakit ini tetap menjadi salah satu yang ditakuti para pria. Uniknya, kanker testis sering terjadi pada kebanyakan pria berusia 20-30 tahun.

Dalam mengobati penyakit ini, biasanya dilakukan kemoterapi, terapi radiasi hingga pembedahan. Pengobatan penyakit ini merupakan salah satu pengobatan dengan tingkat keberhasilan tertinggi di antara penyakit kanker lainnya, tingkat keberhasilan rata-ratanya yaitu sekitar 90 persen.


Kulit Terbakar Sinar UV

Kulit terbakar sinar matahari merupakan kasus yang cukup banyak dijumpai. Akibat paparan sinar UV tersebut, beberapa di antaranya bahkan berkembang menjadi kanker kulit.

Bagi anda yang beraktivitas di bawah terik matahari langsung, ada baiknya menggunakan tabir surya (sunblock) yang mengandung SPF 30 sebagai pencegahan.

Sun Protection Factor (SPF) dengan angka-angka yang tertera pada krim tabir surya bukanlah menyatakan berapa banyak radiasi yang mereka tahan melainkan berapa lama kita boleh bertahan di bawah terik matahari hingga kulit kita menjadi kemerahan (erythema).

Misalnya, jika kita mengolesi tubuh dengan tabir surya ber-SPF 30, berarti kita dapat bertahan tiga puluh kali lebih lama dibanding jika tidak memakainya. Bila perlu usapkan kembali sunblock setelah beberapa jam berada di luar ruangan. Pastikan seluruh permukaan kulit anda terlindungi.


***

Itulah beberapa ancaman penyakit yang paling ditakuti para pria, disertai juga dengan bagaimana cara kita menyikapinya atau mencegahnya. Semoga bermanfaat bagi sahabat Blogadit yang membacanya dan jangan lupa untuk mengunjungi posting-posting menarik Blogadit lainnya. Maturnuwun...

Sumber:
www.duniafitnes.com


Related Posts

Penyakit Berikut Ini Paling Ditakuti Pria
4/ 5
Oleh