Jadikan Pisang Sebagai Buah Favorit Kamu

Jadikan Pisang Sebagai Buah Favorit KamuSemua orang pasti suka pisang. Namun, jarang yang menyangka kalau ternyata memakan buah pisang mempunyai banyak sekali manfaat buat tubuh kita.

Nah, posting kami kali ini akan mengulas manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah pisang.

Jika Anda sudah membaca posting ini sampai selesai, pastikan yah kalau nantinya buah pisang dijadikan makanan buah favorit kamu. Dan lagi, harga pisang di Indonesia kan relatif tidak terlalu mahal.

Memakannya pun bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari dimakan buahnya langsung, dijadikan jus, bisa juga dijadikan keripik atau dicampurkan sebagai bahan makanan lain. Oke, kalau begitu langsung saja yuk kita simak manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dengan memakan pisang!

Baca juga: Beragam Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Kita


1. Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung

Kandungan kalium yang tinggi pada buah pisang dapat membantu sirkulasi oksigen dan darah dalam otak kita. Karena itu, buah pisang mencegah kita dari penyakit stroke dan menjaga kestabilan denyut jantung serta menstabilkan level air dalam tubuh kita.

Pisang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang karena mengandung kalsium yang tinggi. Selain itu, buah ini juga mampu mengontrol bisul dan otot dengan baik.


2. Membantu Pencernaan dan Makanan Yang Pas Untuk Diet

Pisang mengandung banyak serat yang bagus untuk pencernaan dan makanan yang pas buat Anda yang sedang Diet. Pasalnya buah ini mengandung 108 kalori dan seratnya membuat kita tidak makan secara berlebihan.

Coba saja Anda makan dua buah pisang, rasanya cukup  membuat kita kenyang kan? Pisang memproduksi asam liquid yang dapat membuat makanan mudah hancur dalam lambung sehingga pencernaan kita menjadi lancar.

Pisang dapat mencegah sembelit. Disaat kita berhenti buang air besar dan makanan yang kita cerna tidak  bisa dikeluarkan, itu akan menyebabkan sembelit. Itu sangat tidak bagus untuk sistem pencernaan.

Solusinya adalah dengan makan pisang karena serat makanan yang terkandung dalam pisang melancarkan pencernaan kita.


3. Meningkatkan Kecerdasan

Pada sebuah penelitian terhadap murid dimana murid tersebut makan pisang 3 kali sehari setelah makan selama 30 hari, membuktikan murid tersebut menjadi lebih aktif, gesit dan pintar di dalam kelas. Wah, bagus juga nih untuk diterapkan pada anak kita.


4. Baik Untuk Kesehatan Mata

Satu buah pisang mengandung 10 mikrogram Vitamin A serta mengandung Alpha dan beta yang melengkapi vitamin A. Pasti semua sudah tahu dong kalau Vitamin A menjaga mata kita tetap sehat.

Umumnya orang lebih cenderung memakan wortel untuk menjaga kesehatan matanya, tapi buah pisang tidak hanya menjaga mata tetap sehat namun juga memberi kita penglihatan yang kuat.


5. Terapi yang Baik Untuk Berhenti Merokok

Banyak orang-orang yang sudah berusaha keras untuk berhenti merokok tapi selalu gagal. Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk berhenti merokok, dan makan pisang  merupakan cara terbaik untuk melakukannya.

Nikotin adalah zat yang memberikan efek kecanduan bagi perokok. Kandungan nutrisi B6 dan B12 yang terdapat dalam buah pisang dapat menetralisir nikotin sehingga bisa mengurangi keinginan yang mendorong kita untuk kembali merokok. Bagaimana, hebat bukan?


6. Menyehatkan Kulit dan Mencegah Penuaan

Banyak produk-produk kecantikan seperti krim anti-aging yang menggunakan pisang sebagai bahan pembuatannya.

Pisang boleh dikatakan sebagai buah anti penuaan. Kandungan vitamin yang biasanya digunakan dalam krim anti penuaan seperti vitamin A, B, dan E juga terdapat pada pisang. Itulah mengapa pisang dapat membantu kulit kita terlihat muda dan segar. 


7. Membangkitkan Energi dan Semangat Beraktivitas

Mengkonsumsi 2 buah pisang setelah makan siang sangat baik sekali, apalagi setelah beraktivitas berat. Semangatmu dapat bangkit kembali dalam waktu singkat dengan memakan pisang. Efek dari minuman energi tidak bisa dibandingkan dengan efek dari mengkonsumsi pisang yang alami.


8. Menghilangkan Stres dan Membangkitkan Mood

Pisang merupakan makanan lain yang bisa menghilangkan stres selain coklat. Protein Tryptophan yang terdapat pada pisang dapat membangkitkan mood serta memberi efek rileks dan bahagia pada perasaan kita.

Pisang juga mengontrol glukosa melalui vitamin B6 dan seperti yang telah diakui banyak peneliti bahwa pisang sangat efektif dalam mengatasi stres.


9. Pereda Sakit

Beberapa wanita mungkin bisa menahan sakit ketika mengalami menstruasi. Namun, tidak  sedikit pula yang harus meminum obat pereda nyeri untuk mengatasi rasa sakit saat datang bulan.

Akan lebih bagus mengatasi rasa sakit tersebut dengan cara alami, yaitu memakan buah pisang. Makanlah 2 buah pisang dan rasa sakit tersebut akan sembuh, bahkan untuk ibu hamil sekalipun.

***

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumi buah pisang. Yuk, kita jadikan buah pisang sebagai makanan buah favorit. Karena dibandingkan dengan buah lain, ternyata pisang lebih unggul dalam faktor-faktor positif yang akan kita dapatkan untuk tubuh.

Sumber/gambar:
http://www.id.woltbit.com/inspirasi/10-manfaat-pisang
www.sobatcantik.com


Related Posts

Jadikan Pisang Sebagai Buah Favorit Kamu
4/ 5
Oleh