5 Hal Sering Jadi Alasan Karyawan Mengundurkan Diri

5 Hal Sering Jadi Alasan Karyawan Mengundurkan Diri
Bagi seorang karyawan pengunduran diri atau resign dari pekerjaan merupakan hal yang sah-sah saja. Keputusannya untuk mengundurkan diri tentu bukan tanpa alasan.

Faktornya bisa karena internal pekerjaan atau berasal dari eksternal pekerjaan.

Biasanya bisa karena kurang puas dengan gaji/upah atau tidak cocok dengan pekerjaannya, bisa juga karena faktor keluarga, dan lain-lain.

Namun, akan sangat riskan apabila kita melakukan resign dari perusahaan tanpa mempunyai pandangan kerja yang jelas, jadi harus sudah ada kepastian terlebih dahulu, lepas hubungan kerja dari perusahaan ini kita langsung bekerja dimana.

Baca juga: 6 Tipe Pekerja yang Tidak Disukai Boss

Berikut ini kami akan berbagi tentang-tentang hal-hal apa saja yang kerap menjadi alasan para karyawan mengundurkan diri.


1. Pindah Kerja Di Perusahaan Lain

Alasan yang paling banyak mendasari karyawan untuk memilih keluar dari perusahaan adalah pindah pekerjaan.

Pengaruh kepindahannya bekerja di perusahaan lain biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti gaji yang lebih besar, sesuai dengan passion-nya, lokasi kerja yang baru jaraknya lebih dekat dari rumah atau merasa cocok dengan profil perusahaan dan manajemennya.


2. Ingin Berwirausaha

Salah satu alasan karyawan mengundurkan diri berikutnya adalah karena ingin jadi seorang pebisnis atau wirausahawan.

Mungkin dirinya merasa “bosan jadi pegawai”, selalu bekerja terikat waktu dan penghasilan yang didapat tidak terlalu besar, serta ingin mencicipi dunia baru. Jadi, karyawan tersebut memilih untuk berhenti dari pekerjaan dan membuka sebuah usaha.


3. Tidak Merasa Cocok Dengan Pekerjaannya

Pekerjaan dalam bidang yang sama di semua perusahaan pun sebenarnya tidak jauh berbeda, yang membuat karyawan tidak merasa cocok terkadang justru pada lingkungan internal pada perusahaan tersebut yang dapat membuat produktivitas kerja menjadi berkurang.

Faktor internal perusahaan tersebut seperti gaji yang tak kunjung naik, tidak cocok dengan manajemen perusahaan, jenjang karir tidak jelas, dan memiliki masalah pribadi dengan rekan kerja, atasan, atau anak buah.


4. Alasan Kesehatan

Usia seseorang semakin lama makin bertambah dan ini tentu mempengaruhi kesehatan seseorang. Apalagi jika si karyawan mempunyai riwayat penyakit tertentu yang membuat karyawan berpikir sebaiknya ia mengundurkan diri.

Mungkin ia akan lebih memilih untuk berwirausaha atau pekerjaan lain yang berisiko kecil terhadap penyakitnya. Kesehatan memang nomor satu, karena kesehatan tidak dapat dibeli dengan uang.

Jika kita sakit, kekayaan sebanyak apapun pasti akhirnya akan habis untuk biaya pengobatan kita. Inilah, mengapa kesehatan juga bisa menjadi faktor penting dalam pengunduran diri seorang karyawan.


5. Faktor Keluarga

Hal lain yang dapat mempengaruhi karyawan mengundurkan diri dari perusahaan ialah faktor keluarga. Misalnya, si karyawan ingin bisa lebih dekat dengan keluarganya di kampung, keluarga merasa tidak cocok dengan pekerjaannya, dan lain-lain.


Demikian posting kami tentang alasan apa saja yang dapat membuat karyawan mengundurkan diri dari perusahaan.

Semoga informasi ini menambah wawasan anda dalam dunia kerja, dan jika anda merasa posting ini bermanfaat serta menarik untuk dibagikan, silahkan untuk berbagi di facebook, twitter, atau google plus. Terima kasih

Sumber : http://www.tuliskan.com/2015/02/7-alasan-karyawan-mengundurkan-diri-resign.html#ixzz3V8koJMZR
Gambar: www.m65recruitment.co.uk


Related Posts

5 Hal Sering Jadi Alasan Karyawan Mengundurkan Diri
4/ 5
Oleh