Meminimalisir Kerugian Materi Saat Banjir

Meminimalisir Kerugian Materi Saat Banjir
Musim hujan yang telah tiba di hampir seluruh wilayah Indonesia membuat masyarakat harus mulai waspada.

Terutama akan datangnya banjir yang menjadi langganan tahunan di beberapa daerah. Tidak adanya saluran untuk mengalirkan atau menyerap air seringkali menjadi penyebab lazim banjir.

Baca juga: Penyebab-penyebab Banjir


Bisa saja ketiadaan saluran tersebut karena terhambat sampah atau lumpur.

Selain upaya kita melancarkan kembali saluran yang terhambat, beberapa langkah berikut dapat kita lakukan agar kerugian materi saat banjir datang dapat kita minimalisir.
  • Segera pindahkan barang elektronik, perhiasan, dokumen-dokumen penting dan barang berharga lainnya di tempat yang lebih tinggi, di atas lemari atau rak yang tinggi. Itu jika rumah kita hanya terdiri dari satu lantai, bila rumah ada 2 lantai, pindahkan barang-barang tersebut di lantai atas. Khusus untuk dokumen penting seperti sertifikat rumah, BPKB kendaraan, ijazah, dan lain-lain, masukkan ke dalam plastik yang ada klipnya atau tutup rapat plastik tersebut agar tetap kering dan terlindung di saat banjir mulai meninggi.
  • Siapkan karung-karung berisi pasir untuk menahan air masuk lebih banyak ke dalam rumah, letakkan di depan pintu rumah atau pada lubang yang memungkinkan air dapat masuk ke dalam. Bila memungkinkan, sebelumnya kita dapat membangun rumah lebih tinggi dari jalan raya.
  • Sebelum meninggalkan rumah, biasakan untuk selalu mematikan aliran listrik pada peralatan rumah tangga, seperti kipas angin, televisi, magic com, lemari es, dan lain-lain agar tidak terjadi korsleting listrik dan merusak peralatan elektronik kita.
  • Usahakan selalu menyimpan nomor kontak telepon atau handphone pengurus RT/RW, tetangga, kerabat, petugas keamanan, kantor, serta posko-posko terdekat dengan rumah jika kita hendak bepergian jauh sedangkan tidak ada seorangpun di rumah. Kita dapat meminta bantuan mereka dalam memantau kondisi rumah selama masih bekerja atau di perjalanan. Siapkan tas berisi baju ganti, obat-obatan dan copy surat identitas penting untuk antisipasi jikalau mungkin keadaan memaksa kita harus mengungsi. Tempatkan pada tempat yang mudah dijangkau bila tiba-tiba terjadi banjir bandang.


Semoga tips di atas bermanfaat, dan selalu berdoa agar senantiasa terlindungi dari mara bahaya dan kerugian lebih besar ketika banjir datang

Sumber: http://www.kompasiana.com/reborn-shenawangtri
Gambar: http://news.detik.com/read/2013/01/16/102124/2143447/10/banjir-juga-genangi-pemukiman-di-kebon-baru-tebet


Related Posts

Meminimalisir Kerugian Materi Saat Banjir
4/ 5
Oleh