Tips Membangun Usaha Jual Beli Mobil Bekas

Tips Membangun Usaha Jual Beli Mobil Bekas
Sepintas, bisnis jual-beli mobil mempunyai kesamaan prinsip kerja dengan bisnis jual-beli property, yaitu membutuhkan modal relatif besar dan sedikit kesabaran.

Hal ini dikarenakan harga per unit kendaraan yang dibeli dan dijadikan persediaan barang dagangan nilainya puluhan bahkan ratusan juta rupiah, namun butuh waktu untuk mencari barang dan menjualnya kembali.

Modal besar dan sabar saja tidak cukup dalam memulai bisnis ini,

Anda haruslah orang yang juga memiliki pengetahuan atau paling tidak hobby dalam bidang otomotif, misalnya tahu mengenai merk mobil, tahun pembuatan serta spesifikasi mesin mobil.

Baca juga: Berbagai Keunggulan Yang Didapat Dari Bisnis Waralaba / Franchise

Informasi terkini mengenai harga mobil dan jenis kendaraan yang paling banyak dicari atau diminati konsumen juga harus selalu Anda ikuti perkembangannya.

Beberapa alasan berikut ini, semoga dapat menambah minat Anda dalam menekuni bisnis mobil bekas.

Pertama, peluang bisnis mobil bekas terbuka lebar karena pesaing yang tidak terlalu banyak, hanya orang tertentu saja yakni mereka yang punya modal dan pengetahuan di bidang otomotif serta mengetahui seluk-beluk tentang kendaraan roda empat.

Kedua, adanya kecenderungan untuk masyarakat golongan berduit dalam mengikuti perkembangan mobil-mobil keluaran terbaru kemudian menjual mobil lama mereka. Ini sangat menguntungkan bagi pelaku usaha mobil bekas karena memudahkan dalam mencari dan mendapatkan stok mobil bekas.

Ketiga, tingkat keuntungan cukup besar yang bisa kita peroleh untuk setiap unit mobil yang terjual, rata-rata di atas satu juta rupiah.

Keempat, anggapan bahwa sarana angkutan umum di Indonesia masih belum memadai dan memberikan kenyamanan sehingga sebagian besar orang lebih memilih untuk memiliki mobil sendiri sebagai transportasi.

Bagi konsumen dengan kemampuan ekonomi yang terbatas, mobil bekas masih menjadi pilihan masyarakat karena harganya yang relatif lebih terjangkau dan lebih ekonomis dibanding membeli mobil baru.

Baiklah, bila Anda tertarik untuk memulai dan menekuni bisnis mobil bekas, mari kita sama-sama menyimak beberapa tips-tips yang bisa kita lakukan dalam membuka usaha jual-beli mobil bekas berikut ini.


Pintar Memilih Mobil Yang Berkualitas dan Banyak Diminati

Cari dan beli mobil dengan merk serta jenis yang paling banyak diminati konsumen seperti sedan dan minibus.

Tahun pembuatan sebaiknya maksimal 7 tahun (dari tahun sekarang) dengan kisaran harga Rp 70 juta sampai Rp 150 juta, contoh merk kendaraannya seperti Daihatsu Xenia, Honda (City, Jazz), Isuzu Panther, Toyota (Avanza, Inova) atau Nissan Grand Livina.

Sedangkan jika Anda baru memulai usaha dengan dana terbatas atau di bawah Rp 100 juta, pilih jenis mobil yang tahun pembuatannya di atas 2000 dengan harga ekonomis dan relatif terjangkau serta perputaran jual/beli nya cepat seperti Isuzu Panther, Toyota Kijang dan Suzuki (Carry, Katana).

Untuk mendapatkan keuntungan yang optimal, usahakan membeli mobil dari end user (pemakai) langsung.

Hindari membeli dari banyak makelar (dari tangan ke tangan) ataupun dari showroom karena akan membuat kita kehilangan kesempatan mendapatkan harga yang lebih murah sehingga sulit untuk bersaing harga.

Perhatikan kondisi fisik mobil seperti body mobil, warna, chasis, jarak tempuh (kilometer), kaki-kaki, power steering, performa mesin dan electrical system (lampu, power window, AC, dan lain-lain).

Untuk memastikan apakah mobil pernah mengalami tabrakan atau tidak, periksa rangka bagian depan dan belakang. Buka kap mesin dan apakah ada rembesan oli, suara mesin terdengar kasar dan tidak stabil serta knalpot mengeluarkan banyak asap atau tidak.

Cek juga shock breaker dengan melakukan test drive pada jalan berlubang atau banyak gundukan. Anda bisa minta bantuan montir atau mekanik yang sudah Anda kenal dan bisa dipercaya jika anda kurang memahami secara detail mengenai seluk beluk mobil.

Kelengkapan surat kendaraan juga harus diperhatikan, seperti BPKB, STNK, Faktur Asli dan bukti pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.

Anda dapat melakukan cek secara cepat ke kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) setempat. Caranya dengan mengirim SMS seperti berikut ini:

- Daerah Jakarta contohnya ketik:
Metro(spasi)B(spasi)1234(spasi)ABC
kirim ke 1717

- Daerah Jawa Barat contohnya ketik:
Poldajbr(spasi)D(spasi)1234(spasi)AB
kirim ke 3977

- Daerah Jawa Tengah contohnya ketik:
Jateng(spasi)H(spasi)1234(spasi)AB
kirim ke 9600

- Daerah Jawa Timur contohnya ketik:
Jatim(spasi)L(spasi)1234(spasi)AB
kirim ke 7070

- Daerah Sumatera Utara contohnya ketik:
Sumut(spasi)BK(spasi)1234(spasi)AB
Kirim ke 3977

- Dan sebagainya, untuk lebih akurat silahkan ditanyakan ke kantor samsat terkait.


Trik Meningkatkan Harga Jual dan Cara Memasarkan

Seperti kutipan dari sebuah iklan di televisi “Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda”, artinya kesan pertama melihat mobil anda bisa jadi akan menentukan konsumen untuk membelinya atau tidak.

Paling tidak ada ketertarikan yang dapat memikat pembeli untuk melihat-lihat terlebih dahulu, siapa tahu ia merasa cocok untuk kemudian melakukan penawaran harga.

Oleh sebab itu, sebelum dipajang, bersihkan body mobil, kaca, roda, serta mesin, termasuk bagian dalam mobil seperti dashboard, interior, jok, karpet, dibersihkan dan diperbaiki (bila perlu) secara maksimal hingga benar-benar bersih, bebas jamur, mengkilap dan terlihat seperti baru.

Biasakan pula menservis mobil bekas yang akan dijual terlebih dulu, kalau bisa kondisi mesin dikembalikan menjadi standar bawaan jenis mobil tersebut. Boleh juga menggunakan jasa orang yang ahli untuk mengerjakannya.

Sebaiknya anda mempekerjakan seorang mekanik atau bekerjasama dengan bengkel dalam melakukan perbaikan sebelum anda jual kembali. Dengan cara tersebut, pastinya akan menaikkan harga jual mobil yang akan anda pasarkan menjadi relatif lebih tinggi.

Dalam hal pemasaran, anda bisa memanfaatkan iklan dengan harga ekonomis di surat kabar.

Memasarkannya melalui media online seperti situs jejaring sosial facebook, twiter, google plus, blackberry messenger juga merupakan cara yang efektif, atau bisa juga melalui situs jual-beli yang paling ramai dikunjungi seperti FJB Kaskus, Tokobagus, Berniaga, Mobil123, dan sebagainya.

Biasanya banyak calon pembeli yang awalnya browsing hanya sekedar ingin mencari tahu harga pasaran mobil yang akan dibelinya, kemudian tertarik dan malah jadi membeli mobil anda.

Moment penting seperti menjelang hari raya, liburan sekolah, atau akhir tahun menjadi saat dimana permintaan mobil bekas mengalami kenaikan signifikan. Anda harus bisa melihat peluang tersebut dengan menyediakan stok mobil bekas dua bulan sebelumnya.

Sehingga ketika menjelang momen tersebut anda bisa menjual dan memperoleh keuntungan yang optimal.


Pahami Kebutuhan Calon Pembeli

Ketika ada konsumen yang berminat, posisikan diri kita sebagai seorang konsultan. Tanyakan mobil apa yang ia inginkan, kita harus tahu betul apa yang sesungguhnya dibutuhkan oleh konsumen, kita juga harus paham mobil jenis apa dan merk apa yang akan ditawarkan kepadanya.

Berikan penjelasan dan keterangan yang lengkap mengenai mobil yang akan anda jual. Untuk menghindari komplain dari pelanggan, anda harus transparan dan menunjukkan kelengkapan surat-surat kendaraan serta kondisi mobil yang sebenarnya.

Sebaiknya kita juga menjalin kerjasama dan mengenal contact person dengan berbagai lembaga pembiayaan (leasing) atau bank, sebagai alternatif bila ada calon konsumen yang ingin membeli mobil secara kredit (mencicil).

Setelah pelanggan setuju untuk membeli, buatlah bukti serah terima kendaraan (mobil) sesuai kesepakatan transaksi jual-beli yang telah disetujui bersama, bisa berupa kuitansi bermaterai yang ditandatangani oleh anda dan pembeli.

Tuliskan semua nomor-nomor tanda kendaraan di kuitansi dan surat serah terima secara lengkap dan jelas, diantaranya nomor plat kendaraan, nomor mesin, nomor rangka mobil, yang semuanya harus sama dengan yang tertera pada STNK dan BPKB juga yang ada pada mobil tersebut.

***

Demikian tips dari Belonomi, semoga dapat membantu anda para pengusaha mobil bekas dan juga menambah pengetahuan bagi yang baru mau memulainya. Modal yang cukup, pengetahuan, mekanik kepercayaan, kelengkapan data dan kondisi mobil menjadi poin penting yang harus anda perhatikan.

Sumber/gambar:
bambang-warsita.blogspot.com/2013/09/16-tips-ampuh-paling-mantap-dan-jitu.html?m=1
mobil-baru-second.blogspot.com/2013/09/membangun-usaha-jual-beli-mobil-bekas.html?m=1
http://palembang.olx.co.id/jual-beli-mobil-bekas-iid-148140526


Related Posts

Tips Membangun Usaha Jual Beli Mobil Bekas
4/ 5
Oleh