Tips Membuka Usaha Kos-kosan di Kota Pelajar

Tips Membuka Usaha Kos-kosan di Kota Pelajar
Sebagai kota yang mendapat julukan Kota Pelajar, beragam sekolah dan perguruan tinggi banyak tersedia di Yogyakarta.

Hal ini tentu saja memberikan daya pikat bagi pelajar atau calon mahasiswa yang hendak melakukan studi di kota ini.

Calon-calon mahasiswa ini berdatangan dari hampir seluruh penjuru negeri, tidak hanya dari Jawa saja, banyak juga dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, sampai Papua.

Bahkan tak jarang pula yang berasal dari luar negeri, karena Yogyakarta juga dikenal oleh banyak wisatawan asing sebagai kota budaya.

Baca juga: 7 Tips Sukses Memulai Usaha Rumah Makan

Setiap tahun kehadiran para pendatang di kota ini jumlahnya hampir mencapai 30.000 orang. Di lihat dari sisi bisnis, tentu hal ini akan sangat menguntungkan karena terjadi perputaran uang yang cukup besar.

Kehadiran para pendatang khususnya mahasiswa dan pelajar di Yogyakarta dapat menggerakkan ekonomi mikro masyarakat di kota ini.

Apalagi yang memiliki usaha di sekitar kampus, umumnya mereka membuka usaha dengan menyediakan kebutuhan primer untuk mahasiswa, seperti kontarakan (kos), bahan pangan, transportasi, keperluan belajar, dan pelayanan jasa lainnya.

Posting berikut ini akan membahas tips dalam membuka usaha kos-kosan di Yogyakarta, karena penyediaan tempat tinggal bagi mahasiswa merupakan hal yang penting untuk dipersiapkan oleh mereka sebagai kemudahan dalam akses mereka menuju kampus.

Di samping memenuhi kebutuhan primer mahasiswa dalam jenis yang lainnya. Oleh sebab itu, peluang bisnis kontrakan atau kos-kosan bisa dibilang memiliki prospek yang sangat bagus di Kota Pelajar ini.


1. Rumah Kos yang Representatif

Representatif bisa juga dikatakan ideal. Anda bisa membangunnya dari awal atau membeli rumah yang sudah ada kemudian di renovasi kembali.

Pertimbangkan dari segi lokasi, biasanya para mahasiswa mencari kos-kosan yang letaknya tidak jauh dari kampus, akses jalan yang mudah, dekat dengan toko, minimarket atau warung makan. Selain letaknya yang strategis, kenyamanan dan keamanan lingkungan kos juga harus terjaga.

Pertimbangkan pula jumlah kamar kos dan toilet yang akan kita sediakan. Daya listrik juga harus sesuai dengan kebutuhan dari jumlah penghuni kos. Dan yang terpenting kebersihan lingkungan kos juga mesti terjaga.


2. Konsep Rumah Kos

Kita dapat memilih konsep rumah kos yang kemungkinan besar banyak dicari oleh mahasiswa. Misalnya, apakah rumah kos khusus pria atau rumah kos khusus wanita. Bisa juga menentukan kos mahasiswa/mahasiwi khusus dari daerah tertentu.


3. Melakukan Survey Tempat

Survey tempat sangat berguna untuk mengetahui seluk-beluk lingkungan masyarakat yang ada di sekitar tempat tersebut. Koordinasikan pula dengan RT/RW/Kelurahan setempat tentang maksud dan rencana kita untuk membuka usaha kos-kosan di lingkungan itu.

Karena hal ini tentu akan berpengaruh terhadap kenyamanan orang-orang yang akan kos di tempat kita dan juga kenyamanan warga setempat.


4. Membuat Peraturan

Adanya peraturan yang mengikat bagi setiap penghuni kos merupakan hal penting. Agar kos-kosan tidak digunakan untuk hal-hal negatif, meresahkan warga di sekitar tempat kos dan menjaga kenyamanan antar sesama penghuni kos.

Bagi penghuni kos yang melanggar peraturan harus ada sanksi tegas, tergantung pada tingkat pelanggaran yang dilakukan. Mungkin diawali dengan teguran, kemudian peringatan, dan jika masih mengulangi pelanggaran tersebut maka anda mempunyai hak untuk mengusir penghuni tersebut.


5. Penjaga Kos

Jika anda adalah tipe pebisnis yang tinggal jauh dari tempat kos dan jarang bisa memantau secara langsung usaha kos anda.

Sebaiknya anda mempekerjakan orang yang bisa dipercaya untuk menjaga, merawat sekaligus mengawasi tempat kos anda. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.


6. Harga yang Sesuai

Tentukan harga sesuai dengan pertimbangan fasilitas dan keadaan kamar kos serta harga yang umum berlaku di sekitar tempat kos. Jika harga terlalu mahal namun dengan fasilitas yang kurang memadai, maka kos anda akan sepi penghuni.

Sebaliknya jika harga terlalu murah, maka dari segi bisnis menjadi tidak efektif dengan modal yang telah anda keluarkan.

Itulah beberapa tips yang bisa kami sampaikan bagi anda yang ingin membuka usaha kos-kosan di Yogyakarta khususnya. Langkah di atas juga bisa diterapkan tidak hanya untuk yang di wilayah Yogyakarta saja.

Tapi dimana pun anda berada, yang terpenting analisa terlebih dahulu apakah bisnis yang akan anda jalani tersebut memiliki prospek yang bagus atau tidak.

Sumber: http://arifapriyatno.blogspot.com/2015/03/peluang-bisnis-kos-kosan-di-yogyakarta.html
Gambar: www.kaskus.co.id


Related Posts

Tips Membuka Usaha Kos-kosan di Kota Pelajar
4/ 5
Oleh