Delapan Profesi yang Cocok untuk Lulusan Ilmu Komunikasi

Beberapa Profesi yang Cocok untuk Lulusan Ilmu Komunikasi
Kita ketahui bersama, studi tentang Ilmu Komunikasi ini mempunyai cabang cukup banyak.

Di antaranya adalah broadcasting, public relations, advertising, manajemen media, jurnalistik, komunikasi massa, komunikasi bisnis, komunikasi pemasaran, dan sebagainya.

Berikut ini kami akan berbagi informasi mengenai bidang profesi apa saja yang cocok untuk anda para jebolan ilmu komunikasi.


Baca juga: 8 Contoh Profesi yang Cocok untuk Lulusan Ilmu Pemerintah


1. Tenaga Penyiaran (Broadcaster)

Salah satu prospek kerja yang paling cocok dan menjadi pilihan favorit dari lulusan ilmu komunikasi adalah di bidang tenaga penyiaran. Tenaga yang terlibat dalam dunia penyiaran atau broadcasting ada banyak macamnya, antara lain: reporter, produser, sutradara, copy writer, dan banyak lagi lainnya.

Dunia penyiaran merupakan bidang industri yang melakukan proses untuk menyampaikan suatu pesan lewat media massa kepada masyarakat seperti surat kabar, radio, televisi, maupun online news di internet.

Nah, dalam proses penyampaian pesan tersebut tentu dibutuhkan strategi agar pesan dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat dan sesuai dengan harapan maupun segmentasinya.

2. Wartawan / Jurnalis

Salah satu bagian dari ilmu komunikasi adalah jurnalistik. Jurnalistik biasanya mempelajari tentang bagaimana mengemas suatu informasi menjadi sebuah berita sebaik mungkin dan dapat disebarkan ke masyarakat luas.

Dalam prakteknya, jurnalistik merupakan satu bentuk bagaimana seseorang dapat memberikan pesan secara efektif melalui suatu media.

Walau jurnalistik ini dapat dipelajari oleh siapapun, namun lulusan ilmu komunikasi tentunya lebih mumpuni dalam kemampuan ini. Semua profesi dalam dunia jurnalistik sangat cocok untuk dimasuki para lulusan ilmu komunikasi.

Profesi yang termasuk dalam jurnalistik antara lain: wartawan media massa, reporter, penyiar berita, news dubber, dan sebagainya.


3. Karyawan Hubungan Masyarakat (Public Relations Officer)

Seorang Public Relations atau biasanya dikenal dengan Humas ini mempunyai tugas besar dalam mewakili perusahaan untuk menjaga nama baik perusahaan serta mewujudkan hubungan harmonis pada seluruh kilen perusahaan.

Profesi ini juga cocok dengan lulusan ilmu komunikasi. Demi menjaga reputasi perusahaan agar selalu baik, public relations akan selalu memutar otaknya dalam menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat maupun klien. Bagaimana, apakah anda tertarik?


4. Advertising (Periklanan)

Lulusan komunikasi biasanya memiliki keahlian untuk membuat iklan yang kreatif dan dapat mempengaruhi masyarakat tentang suatu produk atau jasa.

Melalui pesan dan media yang unik dan kreatif ini, pengaruh akan disampaikan kepada publik dengan tujuan agar siapapun yang melihat atau mendengarnya tergugah untuk menggunakan, mempercayai, dan membelinya.

Profesi di dunia advertising bisa menjadi prospek kerja bagi mereka lulusan ilmu komunikasi. Profesi kerja di bidang advertising ini antara lain: media planner, project leader advertising, copy writer, camera person, dan lain-lain.


5. Marketing Communications

Lulusan komunikasi bisa juga menjadi marketing communications yang duduk manis di kantor. Tugasnya adalah menyusun dan merancang strategi-strategi komunikasi pemasaran yang tepat bagi perusahaan.

Seorang marketing communications tidak semata menggunakan unsur pemasaran dari ilmu bisnis saja.

Hal ini akan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi lulusan ilmu komunikasi, karena dalam profesi ini diharapkan anda mampu menjadikan pemasaran lebih menarik dan efektif dilihat dari segmentasinya. Tentu saja keahlian ilmu komunikasi anda akan dibutuhkan pada bidang profesi ini.


6. Event Organizer

Event Organizer biasanya terdiri dari sebuah tim. Merancang event-event besar yang mempunyai tujuan agar kemasan sebuah acara sesuai dengan konsep pesan yang hendak disampaikan oleh suatu vendor atau brand tertentu.

Bertugas secara teknis mengatur acara sedemikian rupa agar membuat kesan maupun reputasi yang baik.

Profesi ini cocok dengan keahlian  yang dimiliki lulusan Ilmu Komunikasi. Bagi anda yang berminat, maka pekerjaan sebagai event organizer ini mempunyai keasyikan dan tantangan tersendiri.


7. Presenter dan Announcer

Ilmu komunikasi tentu mempelajari kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan baik dan dapat menarik perhatian khalayak. Nah, profesi seorang announcer atau presenter sangat cocok bagi mereka yang merupakan lulusan ilmu komunikasi.


8. Master of Ceremony (MC)

Menjadi MC pada acara atau event-event besar bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Karena MC sangat membutuhkan kemampuan dan kualitas bicara yang baik, mampu membawa acara menjadi sesuai harapan, dan pandai menempatkan diri dalam setiap sessi acara.

Melihat tugas dan pekerjaannya, lulusan ilmu komunikasi merupakan orang yang sesuai dengan profesi ini karena adanya keterkaitan antara keahlian yang dimiliki dengan pekerjaan yang dijalani.


Demikianlah posting kami kali ini yang membahas tentang peluang-peluang kerja bagi anda yang telah lulus maupun berencana mengambil studi jurusan ilmu komunikasi. Tinggal disesuaikan saja dengan minat dan kesempatan yang anda miliki. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Sumber: http://www.berkuliah.com/2014/07/8-prospek-kerja-terbaik-lulusan-ilmu.html
www.jurusankuliah.info


Related Posts

Delapan Profesi yang Cocok untuk Lulusan Ilmu Komunikasi
4/ 5
Oleh