8 Contoh Profesi yang Cocok untuk Lulusan Ilmu Pemerintah

Beberapa Profesi yang Cocok untuk Lulusan Ilmu Pemerintah
Apakah anda adalah lulusan sarjana Ilmu Pemerintahan? Atau mungkin anda calon mahasiswa yang hendak mengambil jurusan Ilmu Pemerintahan?

Berikut ini kami akan berbagi informasi yang bisa bermanfaat untuk anda.

Mungkin ada beberapa di antara anda yang masih bingung tentang prospek kerja dari lulusan ilmu pemerintahan ini.

Dan ternyata tidak semua lulusan Ilmu Pemerintahan harus bekerja di kantor-kantor pemerintah. Ada peluang-peluang kerja lain yang sesuai dengan disiplin ilmu yang anda pelajari di kampus. Mau tahu apa aja?

Baca juga: Lulusan Sarjana Keperawatan Memiliki Peluang Kerja Yang Terbuka Luas


1. Pengurus / Aparat Pemerintahan

Lulusan Ilmu Pemerintahan memang diprioritaskan untuk  siap bekerja menjalankan roda pemerintahan baik di tingkat daerah maupun tingkat pusat.

Tugas-tugasnya adalah mengatur jalannya pemerintahan dengan sebaik mungkin, menetapkan kebijakan-kebijakan, dan menemukan solusi untuk pemerintah pada permasalahan yang muncul di masyarakat.

Oleh sebab itu, salah satu prospek kerja dari lulusan ilmu pemerintahan yang paling sesuai dan menjanjikan adalah menjadi aparatur pemerintah baik di tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kab, atau bahkan di tingkat pusat atau Kementerian.

Baca juga: 5 Bidang Profesi Berikut Ini Masih Sangat Dibutuhkan di Indonesia


2. Asisten Peneliti

Penelitian yang dilakukan dalam hubungannya dengan Ilmu Pemerintahan biasanya dilakukan secara besar-besaran. Hal ini dikarenakan cakupan baik wilayah maupun jumlahnya yang cukup besar, biasanya mencakup satu kelurahan, satu kecamatan, kota, kabupaten, provinsi maupun negara.

Penelitian-penelitian tersebut dilakukan dengan tujuan agar roda pemerintahan dapat berjalan secara berkesinambungan dalam setiap lapisannya.

Karena cakupannya yang luas itulah, maka para ahli di bidangnya tidak bisa bekerja sendiri dan membutuhkan asisten-asisten untuk membantunya di dalam melakukan riset. Lulusan Ilmu Pemerintahan tentu sangat cocok untuk menjadi asisten-asisten para ahli tersebut.

Karena lulusan Ilmu Pemerintahan pastilah sudah memiliki bekal yang cukup dalam teori-teori tentang ilmu pemerintahan yang baik.


3. Jurnalis Bidang Pemerintahan / Politik

Peluang kerja lainnya yang dimiliki oleh lulusan ilmu pemerintahan adalah menjadi Jurnalis di bidang pemerintahan maupun politik. Jurnalis ini biasanya bertugas khusus dalam meliput berbagai berita dan fenomena yang sedang terjadi di bidang politik dan pemerintahan.

Lulusan ilmu pemerintahan pastinya senantiasa dituntut untuk lebih peka terhadap isu-isu pemerintahan maupun politik.

Profesi ini sangatlah tepat karena selain telah menguasai mater-materi dasar dari fenomena politik dan pemerintahan yang akan diliputnya, lulusan pemerintahan juga pandai dalam menganalisisnya.


4. Konsultan Pemerintahan

Seorang konsultan khususnya di bidang pemerintahan tentunya haruslah yang benar-benar menguasai ilmu di bidang pemerintahan. Karena menjadi konsultan pemerintahan akan sangat diperlukan pemikiran dan strategi-strategi yang tepat dalam membangun pemerintahan yang baik.

Dan hal itu tentunya harus dilandasi dengan pengetahuan di bidang pemerintahan yang mumpuni. Oleh sebab itu, menjadi konsultan pemerintahan merupakan pilihan karir yang tepat bagi anda lulusan Ilmu pemerintahan.


5. Dosen

Dengan adanya kedalaman pengetahuan atas keilmuan yang dipelajari oleh Sarjana Ilmu Pemerintahan, tentu profesi sebagai dosen pengajar di perguruan tinggi yang mengajarkan mata kuliah kaitannya dengan ilmu pemerintahan bisa menjadi pilihan karir yang tepat bagi anda.

Kegiatan mentransfer ilmu yang pernah kita dapat merupakan tugas mulia dari profesi dosen ilmu pemerintahan yang nampaknya memiliki peluang cukup menjanjikan.


6. Anggota maupun Staff Legislatif

Sejak awal pertama mahasiswa ilmu pemerintahan pasti sudah ditanamkan cara berpikir strategis untuk menentukan kebijakan pemerintahan yang tepat untuk masyarakat.

Oleh karena itu, menjadi anggota atau staff legislatif baik di tingkat daerah maupun pusat merupakan pilihan profesi yang tepat bagi lulusan ilmu pemerintahan.

Dengan bekal keilmuannya yang baik dalam bidang pemerintahan, lulusan ilmu pemerintahan diharapkan mampu mewakili rakyat di kursi Dewan menuju sejahtera melalui roda pemerintahan yang baik.


7. Pengurus Partai Politik

Seorang pengurus atau anggota dari sebuah partai politik tentunya harus memiliki pemahaman yang cukup tentang bagaimana pola pemerintahan yang sedang berjalan pada sebuah negara. Karir di partai politik bisa dijadikan alternatif bagi anda lulusan Ilmu Pemerintahan.


8. Aktivis Organisasi Kemasyarakatan (LSM)

Lulusan ilmu pemerintahan dibekali bagaimana menjadikan suatu masyarakat yang ideal dengan suatu kebijakan yang efektif. Rasanya cukup tepat bila menjadi aktivis LSM atau Organisasi Kemasyarakatan yang aktif dan produktif.

Baca juga: Lima Bidang Profesi Dengan Gaji Tinggi


Itulah beberapa prospek karir yang bisa menjadi pilihan bagi anda lulusan dari Ilmu Pemerintahan. Jadi, jangan bingung dan ragu. Tentukan karirmu sesuai dengan harapan dan kesempatan yang ada.

Sumber/gambar:
http://www.berkuliah.com/2014/07/8-prospek-kerja-untuk-lulusan-ilmu.html
putra-bulukumba.blogspot.com


Related Posts

8 Contoh Profesi yang Cocok untuk Lulusan Ilmu Pemerintah
4/ 5
Oleh