Tips Sukses Berbisnis Batu Akik

Beberapa Tips untuk Anda yang Ingin Berbisnis Batu Akik
www.duajurai.com
Melihat trend batu akik di Indonesia saat ini nampaknya semakin fenomenal saja. Semua kalangan baik tua maupun muda sedang digandrungi oleh kegemaran mengoleksi batu akik.

Bahkan, banyak juga orang yang tidak hanya sekedar mengkoleksinya tapi juga menjadikannya bisnis yang bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Batu akik merupakan jenis batu mulia yang banyak tersedia di alam Indonesia.

Sebenarnya sudah sejak lama masyarakat Indonesia mengenal dengan beragam batu akik ini, hanya saja dulu minat masyarakat terhadap benda ini masih sangatlah kecil.

Baca juga: Sukses Berbisnis Batu Akik dengan 5 Tips Berikut Ini

Namun, entah bagaimana semua itu bermula, tiba-tiba batu akik menjadi sebuah trend yang cukup fenomenal terjadi tidak hanya di kalangan pecintanya saja, melainkan juga mencakup kalangan usahawan yang mulai banyak beralih untuk terjun ke bisnis batu akik.

Sebut saja Udin, baginya fenomena batu akik ini dapat membawa berkah tersendiri. Tadinya Udin hanyalah seorang tukang ojeg motor dengan kondisi perekonomian yang serba kekurangan.

Kini dirinya telah mampu keluar dari suramnya kemiskinan yang melanda perekonomian keluarganya dari bisnis jual batu akik yang ia tekuni.

Setiap harinya, Udin mampu meraih omset hingga empat juta rupiah dengan menjual berbagai jenis batu akik yang diperolehnya dengan membeli dari orang-orang di sekitarnya. Suatu nilai yang fantastis bukan?

Udin memilih bisnis batu akik sebagai tumpuan hidupnya ini bukan tanpa alasan. Bisa dikatakan dulu ia memulainya dari nol. Butuh kerja keras dan keseriusan untuk dapat membangun bisnisnya hingga seperti sekarang.

Nah, bila anda tertarik untuk ikut menggeluti bisnis batu akik ini, ada baiknya simaklah beberapa tips berikut untuk dapat menjalankan bisnis jual beli batu akik dengan sukses.


Butuh Keahlian

Agar memperoleh untung yang besar dalam bisnis batu akik diperlukan keahlian untuk melihat, menerawang, dan meraba sebagai upaya memastikan keaslian batu akik.

Jangan sampai nanti anda salah dalam membeli, karena batu murni harga jualnya tentu jauh lebih tinggi dibandingkan batu buatan atau imitasi.

Bila ingin terjun ke bisnis ini, sudah semestinya anda menguasai serta mampu mengidentifikasi keaslian batu akik. Tapi jangan khawatir, keahlian ini tidak sulit anda kuasai asalkan anda mau bergaul dan bertanya dengan sesama penyuka batu akik.


Kebutuhan Modal

Bisnis jual beli batu akik ini tidak membutuhkan modal yang besar, tapi keuntungan yang didapat bisa sangat maksimal. Mungkin inilah model bisnis yang banyak dicari orang, sedikit modal untung besar.

Hal ini cukup beralasan, karena memang harga untuk batu akik ini tidak ada standar yang pasti. Layaknya sebuah seni, pembeli berani bayar mahal jika memang dia sangat menyukainya. Namun, tentu juga harga tersebut harus didukung dengan kemampuan anda meyakinkan pembeli.

Modal awal yang perlu dikeluarkan untuk memulai bisnis batu akik ini hanya sekitar Rp 1 juta yang digunakan untuk membeli peralatan semacam mesin gerinda untuk memotong dan mengasah batu, serta satu unit wadah atau etalase ukuran 100x50 cm.

Ditambah modal untuk tempat usaha anda, bisa berupa ruko atau lapak di pinggir jalan yang tentunya harus strategis dan banyak dilewati orang. Namun, untuk sewa lapak atau ruko ini modalnya bisa bervariasi, tergantung berapa biaya sewa perbulan atau pertahunnya.


Bergaul dengan Komunitas

Biasanya ada suatu komunitas yang memang hobi dengan koleksi batu akik, anda bisa ikut bergabung di dalamnya dan saling berbagi ilmu serta pengalaman di bidang batu akik.

Selain itu, bila ada barang baru berupa batu akik yang langka dan bagus bisa juga anda perlihatkan pada orang-orang dalam komunitas tersebut. Siapa tahu ada yang minat.


Nah, itulah sedikit tips untuk anda yang hendak menggeluti bisnis batu akik yang sekarang ini sedang fenomenal di Indonesia.

Begitu banyak sebenarnya potensi batu alam yang dimiliki negeri kita, semoga semua potensi-potensi tersebut dapat tergali lebih maksimal sehingga perekonomian masyarakat bisa lebih terangkat.

Sumber:
http://usahabagus15.blogspot.com/2015/01/bisnis-batu-akik-modal-kecil-untung.html


Related Posts

Tips Sukses Berbisnis Batu Akik
4/ 5
Oleh