Sukses Berbisnis Batu Akik dengan 5 Tips Berikut Ini

Sukses Berbisnis Batu Akik dengan 5 Tips Berikut Ini
batuakikku.com
Batu Mulia khususnya batu akik sekarang ini sedang memiliki trend bisnis yang sangat bagus.

Tidak hanya di perkotaan, tren batu akik juga sudah merambah ke wilayah pedesaan.

Batu akik diminati tidak hanya dari kalangan menengah ke atas, tapi juga kalangan menengah ke bawah dari yang tua hingga yang muda.

Tidak hanya menjanjikan keuntungan bagi penjualnya saja, peluang usaha ini juga terbuka untuk perajin batu akik, hingga penambang batu mulia tersebut.

Peluang usaha batu akik sekarang ini memang tampak begitu menggiurkan. Bagaimana tidak, batu kecil yang dulunya hanya dipandang sebelah mata oleh kalangan pebisnis itu, kini harga jualnya bisa menjadi mahal sekali.

Baca juga: Investasi Mana Yang Lebih Menguntungkan, Batu Akik Atau Emas?

Untuk harga batu akik kualitas tinggi seperti bacan, dan pancawarna diketahui harganya bahkan bisa mencapai jutaan bahkan miliaran rupiah.

Nah, untuk anda yang memiliki minat dalam bidang bisnis ini, berikut kami akan berbagi tentang tips-tips agar bisa sukses berbisnis batu akik.


1. Pelajari Semua Hal Tentang Batu Akik

Sebelum anda memutuskan untuk terjun dalam bisnis batu akik, pastinya anda harus mempelajari terlebih dahulu tentang batu akik dengan seksama.

Sangat penting hal ini untuk bisa anda lakukan karena batu akik tersebut memiliki jenis yang begitu banyak, terdapat beragam karakter, serta ciri khas tersendiri dari masing-masing daerah.

Bila anda buta terhadap batu akik ini sangat riskan sekali bila anda memulai bisnis tersebut. Jangan sampai malah anda paksakan karena tergiur untung yang begitu besar dari bisnis ini.


2. Memilih Segmen Pasar

Menentukan segmen pasar akan sangat membantu anda agar bisa fokus dalam menjalankan bisnis ini. Karena ada banyak segmen pasar yang bisa anda garap dalam bisnis batu mulia ini.

Tentukan segmen pasar anda dari keahlian yang anda kuasai, seperti kemampuan memoles batu, menghias bingkai maupun kemampuan pemasaran atau marketing anda.

Untuk melakukan semuanya sendiri memang sangat sulit. Perlu adanya kerja tim dengan mengakomodasi semua kemampuan dalam bisnis batu akik ini. Dan yang penting juga ada pembagian keuntungan yang sesuai.


3. Modal Usaha yang Aman

Modal usaha di awal bila anda ingin merintis bisnis batu akik ini, sebaiknya jangan terlalu besar. Gunakan dana yang aman, agar bila terjadi suatu kerugian terhadap bisnis anda tidak akan mempengaruhi kesehatan keuangan anda.

Mengingat bisnis batu akik ini sebenarnya adalah bisnis musiman yang artinya bukan berbasis  pada kebutuhan masyarakat.

Jadi, segala kemungkinan yang akan terjadi ke depannya juga harus sudah anda perhitungkan dengan seksama sebelumnya.


4. Amati Semua Faktor Pendukung Bisnis

Salah satu faktor yang harus anda amati adalah lokasi produk. Ini harus anda lakukan bila ingin mendapatkan produk yang baik dan diminati oleh banyak konsumen.

Lakukan di daerah sekitar tempat tinggal anda terlebih dahulu, setelah itu bisa lebih meluas ke beberapa kota tetangga. Anda harus melebarkan daerah survey anda apabila skala pangsa pasar anda sudah  besar.

Faktor harga juga menjadi hal yang sangat penting untuk anda lakukan. Usahakan anda selalu mengetahui harga terbaru di pasaran.

Karena kemungkinan perubahan harga di pasar sangatlah besar untuk bisnis batu akik ini. Cobalah untuk sering memasuki pusat-pusat perdagangan batu mulia di sekitar lokasi usaha anda.

Atau bisa juga dengan survey harga melalui cara online dengan memasuki grup facebook, beberapa forum jual beli, dan juga berbagai macam media sosial serta toko online yang berkaitan dengan penjualan batu akik ini. Banyak informasi yang bisa anda dapatkan mengenai harga terbaru dari batu akik.


5. Inovasi Produk

Dalam bisnis batu akik ini, inovasi adalah hal yang sangat penting untuk menghindari kejenuhan konsumen.

Di samping itu, inovasi juga sangat disarankan untuk meningkatkan nilai jual dari batu akik yang anda jual.

Sedangkan, bagi perajin yang ingin bisnisnya bertahan lama, terobosan haruslah selalu dilakukan dalam pembuatan batu akik ini.

Inovasilah yang akan menjadi pembeda antara anda dengan penjual batu akik lainnya. Keberlangsungan bisnis anda di bidang batu mulia ini sangat ditentukan oleh seberapa besar inovasi yang anda buat.


Nah, itulah beberapa tips untuk anda yang ingin menggeluti bisnis batu akik ini. Hal ini sebagai persiapan dalam membuka usaha atau bisnis batu mulia, agar usaha anda dapat terus berkembang dan bisa bersaing di tengah maraknya trend batu akik tersebut.

Sumber:
https://www.maxmanroe.com/mau-berbisnis-batu-akik-perhatikan-7-hal-ini.html


Related Posts

Sukses Berbisnis Batu Akik dengan 5 Tips Berikut Ini
4/ 5
Oleh