Berbagai Macam Cara ‘Gratis’ untuk Mendapatkan Uang dari Internet

Kalau anda adalah seorang pemula, pasti akan menganggap bahwa bisnis yang benar-benar gratis itu pasti ada.

Kenyataannya tidaklah demikian. Selama ini saya belum pernah mendengar dan belum pernah mengetahui ada bisnis yang benar-benar 100% gratis atau tanpa modal sepeser pun.

Karena yang namanya bisnis seperti kata para pebisnis-pebisnis senior itu adalah “membuang uang untuk mendapatkan uang lebih banyak.”

Mungkin kita sering lupa ketika mendengar atau membaca informasi tentang bisnis internet tanpa modal.

Memang banyak program bisnis online yang bisa diikuti secara gratis dan tanpa harus membayar pada awalnya, namun disaat kita mulai menjalankan bisnis tersebut justru sebenarnya akan membutuhkan modal.

Baca juga: Beberapa Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Terjun Di Bisnis Online

Seperti untuk membayar koneksi internet, lalu untuk anda yang biasa bekerja ditemani secangkir kopi dan sebungkus rokok? Apa itu bukan modal namanya?

Artinya, segala biaya yang anda keluarkan untuk operasional adalah termasuk modal. Jadi, kesimpulannya sudah jelas bukan?

Tidak ada bisnis yang bermodal gratisan. Mungkin lebih tepatnya kita bisa menggunakan istilah “bisnis modal kecil”.

Nah, bagaimana dengan bisnis online? Apakah ada bisnis online yang hanya membutuhkan modal kecil? Jawabannya, tentu saja banyak.

Berikut ini kami akan berbagi beberapa pilihan bisnis online yang bisa anda lakukan dengan modal minim.


1. Pay To Click (PTC)

Salah satu program bisnis online yang paling mudah dan dan murah dalam kebutuhan modal adalah program Paid To Click atau biasa disebut dengan PTC.

Dalam program ini, anda akan diberi beberapa iklan yang harus anda klik untuk mendapatkan uang darinya.

Setelah kita mengklik iklan, biasanya anda diharuskan menunggu selama kurang lebih 30 detik sampai akhirnya klik anda tersebut tervalidasi dan anda berhak mendapatkan sedikit uang darinya.

Namun, pada kenyataannya nilai klik iklan yang diberikan biasanya sangatlah murah. Untuk PTC luar negeri saja, rata-rata hanya memberikan $ 0.001-0.05 untuk setiap klik iklannya. Dan lagi setiap harinya, klik iklan anda akan dibatasi.

Paling banyak sampai 20 iklan saja yang bisa anda klik. Nah, sebab itu banyak kalangan pebisnis online yang menganggap bahwa program ini hanya buang-buang waktu saja dan tidak efisien untuk mendatangkan penghasilan dari internet.

Dan bagi anda yang ingin fokus di bisnis online, sebaiknya PTC tidak dijadikan pilihan utama, tapi kalau hanya sekedar iseng saja untuk pendapatan sampingan sih tidak mengapa.


2. Pay Per Click (PPC)

Pay Per Click merupakan program yang biasa diikuti oleh mereka yang punya website atau blog. Mereka para pengguna layanan ini disebut juga dengan publisher.

Perlu diingat, anda harus punya website atau blog bila ingin mengikuti program ini, oleh sebab itu, untuk anda yang ingin mengikuti program ini, berarti anda harus mendalami dulu tentang website dan blog.

Publisher akan dibayar oleh pihak penyelenggara program PPC bila ada yang meng-klik iklan di web/blog miliknya tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa pemilik web/blog tidak diperbolehkan meng-klik iklan sendiri yang ada pada blognya tersebut karena hal itu tentu saja merugikan pihak pengiklan.

PPC bisa dikatakan merupakan salah satu jenis bisnis online yang cukup menjanjikan. Selain kita dapat lebih mengembangkan kemampuan membangun web/blog, kita juga tentunya dapat menghasilkan uang dari blog tersebut.

Google Adsense merupakan program PPC terfavorit yang menjadi incaran banyak blogger atau publisher tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia.

Sedangkan di Indonesia sendiri, ada juga beberapa PPC lokal yang cukup diminati sebagai alternatif dari Google Adsense, antara lain: Kliksaya.com, Adsensecamp.com, Kumpulbloger.com, Sitti.co.id, dan lain-lain. PPC merupakan salah satu program bisnis online yang bisa direkomendasikan bila anda ingin memiliki prospek bisnis online untuk jangka panjang.


3. Paid To Survey (PTS)

Program Paid To Survey merupakan program di mana kita akan dibayar setiap mengisi angket atas suatu survey yang diberikan oleh penyelenggara program ini.

Sebenarnya tujuan dari program PTS ini adalah untuk mendapatkan gambaran dari masyarakat secara online tentang sebuah produk, jasa, atau sebuah website.

Memang program ini salah satu yang mudah dilakukan dan biasanya tidak butuh waktu lama untuk melakukannya.

Akan tetapi, program bisnis online ini sebaiknya tidak dijadikan sebuah bisnis untuk jangka panjang, karena survey yang bisa kita isi jumlahnya terbatas dan biasanya tidak bisa setiap hari tersedia.


4. Pay Per Sale (PPS)

Pay Per Sale biasanya juga disebut dengan istilah afiliasi, merupakan program di mana bila kita berhasil menjual sebuah produk, atau jasa, atau membership kepada orang lain maka kita akan dibayar oleh penyedia program tersebut.

Besarnya komisi bisa sangat beragam, tergantung persentase dari harga yang diberikan oleh pihak penyelenggara progam tersebut.

Sama halnya dengan program PPC, anda memerlukan sebuah web/blog untuk bisa menjadi publisher dalam program ini. Nah, kita bisa menjual produk/jasa dari pihak penyelenggara melalui blog/web yang kita punya.

Setiap publisher akan mendapatkan link afiliate, dan ketika ada pengunjung yang membeli dari link affiliate milik kita, maka dari situlah anda akan memperoleh penghasilan.

Ada beberapa program yang cukup populer sebagai penyelenggara program affiliasi ini, seperti Amazon.com, dan Clickbank.com.


5. Penyedia Jasa Online

Ada banyak jasa di bidang online yang bisa kita temukan di internet. Yang paling sering kita temukan biasanya seperti jasa pemasaran online, pembuatan website, dan jasa SEO.

Nah, bila anda memiliki keahlian di bidang jasa-jasa online tersebut, anda bisa lho menawarkannya kepada orang yang membutuhkan.

Orang-orang yang tidak memiliki keahlian di bidang tertentu pasti akan tertarik dengan jasa yang anda tawarkan, atau bisa juga mereka yang tidak memiliki cukup waktu luang untuk melakukannya.

Untuk mempromosikan jasa anda tersebut hingga menjadi bisnis online yang menghasilkan, tentunya dibutuhkan biaya agar promosi jasa anda tersebut bisa lebih efektif.


6. Jual Barang dengan Cara Dropshipping

Dropshipping merupakan jenis bisnis online dengan cara menjualkan barang dagangan. Dan dalam bisnis ini sebenarnya tidak membutuhkan modal yang besar, karena anda sebagai penjual tidak perlu menyetok barang dagangan tersebut.

Anda hanya perlu melakukan pesanan dan pembayaran apabila ada order dari pembeli. Anda sebagai dropshipper akan meneruskan detail order barang dan alamat pembeli tersebut kepada supplier/produsen.

Bisnis online model dropshipping ini juga tidak terlalu repot kok, karena segala sesuatu dari mulai kualitas barang dan packaging akan menjadi tanggung jawab si supplier. Intinya, anda hanyalah sebagai penghubung antara pembeli dan supplier.

Tapi dengan catatan, pembeli tersebut jangan diberi tahu informasi tentang supplier anda. Karena justru nantinya pembeli malah akan membeli langsung dari supplier dan akibatnya akan membuat anda kehilangan konsumen dong?

Namun, untuk menjadi dropshipper, akan lebih efektif apabila anda juga memiliki web/blog yang mana fungsinya adalah untuk memajang barang-barang dagangan anda tersebut.


Nah, itulah beberapa jenis bisnis online yang hanya butuh modal kecil untuk melakukannya. Selain modal materiil, bisnis online juga tentunya membutuhkan modal lain yang bersifat immateriil, seperti keahlian, tenaga dan kerja keras, pemikiran, serta ketekunan.

Semua itu merupakan hal penting yang harus dimiliki seorang pebisnis online. Di samping itu, dalam memilih bisnis online, memahami potensi diri dan juga peluang yang ada di sekitar kita merupakan hal yang sangat penting.

Sebaiknya dalam mengambil keputusan untuk menjalankan sebuah bisnis online jangan terburu-buru karena hanya akan membuat anda tersesat dengan bisnis-bisnis yang tidak jelas di dunia maya yang indah ini. (^_^)


Sumber:
https://www.maxmanroe.com/apa-benar-ada-bisnis-online-gratis-tanpa-modal.html


Related Posts

Berbagai Macam Cara ‘Gratis’ untuk Mendapatkan Uang dari Internet
4/ 5
Oleh