Beberapa Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Terjun Di Bisnis Online

Mungkin banyak di antara kita yang masih bingung dan tidak tahu bagaimana cara untuk terjun ke bisnis online. Menggeluti dunia bisnis online tidaklah semudah seperti kelihatannya. Malah lebih sering kita menemui kenyataan yang tidak sesuai harapan.

Tidak sedikit juga pebisnis online khususnya bloger-bloger yang down mentalnya karena hasil yang didapat ternyata tidak sesuai dengan yang direncanakan.

Inilah mengapa saya mulai belajar dari pengalaman-pengalaman yang saya dapat selama menekuni bisnis online, serta beberapa juga saya dapatkan dari membaca pengalaman-pengalaman para pebisnis online lainnya.

Simak juga: Tips Menjual Barang Bekas di Situs Jual-Beli Online

Beberapa hal yang sering menjadi kesalahan kita ketika hendak terjun ke dalam bisnis di dunia internet.


1. Mental dan Tekad yang Kurang Mantap

Terjun ke dunia bisnis online memerlukan pengetahuan dan mental yang mantap. Banyak dari mereka yang telah mengalami jatuh bangun dalam menekuni bisnis ini.

Mantapkan pula tekad anda di awal hendak memulai bisnis online dan usahakan untuk tetap fokus dalam menjalankannya karena gangguan dan hambatan pasti akan menghadang.

Datangnya hambatan ini akan secara periodik dan unpredictable, jangan sampai kita lengah dan diracuni oleh rasa malas karena kuncinya dalam bisnis ini adalah kerja keras. Sambil kita melakukan aktivitas lain, namun tetap harus prioritaskan tekad anda dalam menjalani bisnis online tersebut.


2. Kurang Jeli dalam Memilih Jenis Bisnis

Ada banyak sekali pilihan program bisnis di dunia internet, kita harus jeli agar tidak tersesat di dunia yang ‘maya’ ini. Sebelum memilih jenis bisnis yang akan kita jalani dalam dunia internet, sebaiknya pelajari dan galilah informasi yang sedetail-detailnya tentang program apa yang akan kita ikuti.

Jangan sampai setelah kita mengeluarkan banyak waktu, tenaga, pikiran dan biaya dalam menjalani bisnis tersebut, ternyata program yang kita ikuti itu adalah scam (penipu). Akhirnya semua hanya terbuang sia-sia. Tapi jangan bersedih, tak ada yang sia-sia dalam hidup ini.

Segala sesuatu pasti ada hikmah dan pelajaran yang bisa kita petik. Jadikan hikmah itu sebagai pengalaman paling berharga dalam hidup anda untuk bisa lebih berkembang dan meningkatkan kualitas diri.

Intinya, untuk mengantisipasi agar waktu dan segala daya pikir maupun tenaga tidak percuma, anda harus jeli dan pintar melihat peluang dalam bisnis yang ada di internet.


3. Takut Mencoba

Rasa takut adalah hal yang wajar ada dalam diri setiap manusia. Namun, ‘ketakutan’itu harus dihadapi dan dikalahkan. Jangan malah dihindari dan lari dari kenyataan... hehe. Mengalahkan rasa takut merupakan salah satu kunci jika ingin sukses dalam bisnis online.

Segala sesuatu pasti ada risiko yang harus dihadapi. Tinggal bagaimana kita hitung-menghitung risiko tersebut agar sebanding dengan penghasilan yang akan kita dapat.

Bagaimana bisa sukses jika kita sudah takut duluan sebelum mencoba? Jadi, jalani saja dulu, kemudian jika gagal ya bangkit lagi dan ambil hikmahnya.


4. Kurang Pintar dalam Bergaul

Bagi pemula, pergaulan di dunia maya merupakan hal yang sangat penting (tapi jangan lupakan juga pergaulan anda di dunia nyata ^_^).

Carilah teman di dunia online yang sudah ahli dalam bisnis online dan lakukan interaksi sesering mungkin dengan mereka. Jangan malu bertanya dan cari tahu dengan cara bagaimana pun agar keraguan anda untuk memulai bisnis online bisa teratasi.


Itulah beberapa kesalahan yang sering terjadi ketika kita hendak terjun ke bisnis online. Berdasarkan pengalaman yang saya alami, faktor malas adalah hambatan terbesar dalam kinerja kita mengelola dan membangun bisnis online yang kita jalani.

Jadi, di sini selain saya ingin memotivasi anda, juga saya ingin memotivasi diri saya sendiri supaya dijauhkan dari rasa malas dan rasa putus asa dalam berusaha.

Terima kasih sudah menyimak posting kami kali ini. Semoga bermanfaat untuk anda dan saya pribadi. Jika berkenan, silahkan anda bagikan di halaman facebook atau googleplus anda. Salam sukses.

Sumber: http://sikoemanakal.blogspot.com/2011/04/tips-ampuh-terjun-ke-bisnis-online.html


Related Posts

Beberapa Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Terjun Di Bisnis Online
4/ 5
Oleh