6 Kiat Membuka Usaha Bimbingan Belajar

Kiat Membuka Usaha Bimbingan Belajar
Usaha bimbingan belajar sebenarnya sudah berkembang sejak lama, dan menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati.

Bahkan, sekarang ini banyak lembaga bimbingan belajar yang mengembangkan usahanya menjadi franchise.

Orang tua mana yang tidak menginginkan anaknya menjad pintar dan cerdas.

Hal inilah yang kemudian mendorong para orang tua untuk mengajak anaknya mengikuti les tambahan di luar jam sekolah.

Kenyataan seperti itulah yang menjadikan Jasa Bimbingan Belajar merupakan peluang usaha cukup menjanjikan bagi para pendidik maupun pelaku bisnis.

Baca juga: Tips Buat Persiapan Kamu Memulai Usaha Kursus Bahasa Inggris

Peluang bisnis ini sangatlah terbuka bagi anda yang memiliki kemampuan di bidang ilmu pengetahuan yang bagus dan mempunyai kesabaran serta pandai dalam menghadapi anak-anak.

Ada beragam sasaran yang bisa kita jadikan market sebagai pengguna jasa dari bisnis ini. Mulai dari anak usia Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas.

Pada metode bimbingannya, anda bisa menerapkannya secara regular maupun secara musiman, biasanya dipersiapkan oleh para orang tua untuk anak-anaknya yang akan menghadapi ujian semester maupun ujian kelulusan.

 Kunci dari bisnis ini hanyalah mengandalkan kemampuan anda dalam ilmu pengetahuan dan ilmu mendidik anak, hal ini pula yang menjadikan bisnis ini tergolong mudah.

Dan bagi anda yang berminat untuk memulai usaha Bimbingan Belajar tersebut, berikut ini kami akan berbagi beberapa tips yang harus dipersiapkan sebelum membuka usaha jasa ini.


1. Rekrutment Tenaga Pengajar yang Berkualitas dan Berkompetensi 

Modal utama dari usaha ini adalah kemampuan dalam mendidik anak atau remaja yang disesuaikan juga dengan tingkatan pendidikannya.

Rekrutlah tenaga pengajar yang mumpuni pada bidang pelajaran masing-masing serta menguasai pemahaman materi-materi pelajaran dasar, seperti matematika serta ilmu exact lainnya.

Selain itu,  tenaga pengajar juga harus memiliki kemampuan untuk terus mengembangkan materi bimbingan belajar yang up to date dengan materi pelajaran di sekolah maupun materi yang akan diujikan.


2. Metode Pengajaran yang Baik

Buatlah jadwal bimbingan belajar yang disesuaikan dengan waktu murid dan tenaga pengajar. Sediakan pula modul pengajaran yang sesuai dengan bidangnya dalam setiap paket bimbingan belajar.

Anda juga harus sering berkoordinasi dan bekerjasama dengan tenaga pendidik serta tenaga staff lainnya.


3. Fasilitas yang Nyaman

Untuk proses belajar-mengajar, harus tersedia bangunan dengan banyak ruangan atau kelas juga sebagai ruang administrasi, ruang tamu, ruang tunggu, toilet, dan lahan parkir.

Peralatan dan kelengkapan belajar yang tersedia seperti meja, kursi, whiteboard, kipas angin / AC, dan lain-lain juga harus memadai agar kenyamanan dalam belajar-mengajar tetap terjaga.


4. Budget untuk Operasional

Sediakan budget terpisah sebagai modal untuk kegiatan operasional seperti penggandaan buku-buku modul, keperluan ATK, gaji pengajar dan karyawan lainnya, aktivitas kebersihan, serta kegiatan pemasaran.


5. Lokasi yang Strategis

Tempat yang strategis juga sangatlah berperan dalam kesuksesan usaha bimbingan belajar anda. Sumber Daya Manusia dan tempat yang strategis ini juga haruslah didukung dengan fasilitas lengkap serta pengelolaan administrasi yang jelas.


6. Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang akan dilaksanakan tidak akan sulit jika ditunjang dengan fasilitas dan kualitas belajar yang bagus.

Selain membagikan brosur, pamflet, dan memasang spanduk, Anda bisa menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah di sekitar lokasi usaha anda. Agar lebih menarik dalam promosi, buatlah program-program belajar dengan harga khusus.


Itulah beberapa tips untuk anda yang hendak memulai usaha bimbingan belajar. Semoga bermanfaat dan membantu anda untuk meraih kesuksesan.

Sumber/gambar:
http://bisnisukm.com/tips-sukses-berbisnis-bimbingan-belajar.html
http://familyparenting.perempuan.com/family/dampak-positif-mengisi-waktu-luang-anak-dengan-bimbel/


Related Posts

6 Kiat Membuka Usaha Bimbingan Belajar
4/ 5
Oleh