Melakukan Pengiriman yang Aman untuk Produk Toko Online Anda

Sebagai seorang pebisnis toko online yang memasarkan barangnya hampir ke pelosok negeri mungkin sudah tidak asing lagi dengan jasa pengiriman ekspedisi seperti Tiki, JNE, dan perusahaan kurir lainnya.

Bisa dikatakan bahwa perusahaan-perusahaan jasa pengiriman tersebut sudah menjadi partner yang sangat penting dalam berjualan online.

Tidak bisa dipungkiri, antara perusahaan jasa pengiriman barang dengan pengusaha bisnis online menjadi saling tergantung sama lain.

Sebab, selain dengan cara COD (Cash on Delivery) atau penjual bertemu langsung dengan pembeli, menggunakan jasa-jasa kurir seperti ini merupakan satu-satunya cara agar produk anda bisa sampai ke tangan pembeli.

Baca juga: Perbaiki Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Web Toko Online

Hanya saja, kecemasan mengenai sampai dengan selamat atau tidaknya barang yang dikirim melalui perusahaan jasa pengiriman inilah yang selalu dirasakan oleh penjual online.

Karena apabila terjadi suatu masalah dengan barang yang kita kirim, entah rusak, atau hilang, atau tertukar pada saat pengiriman tentunya akan membuat kredibilitas kita sebagai penjual online juga menjadi rusak di mata pembeli.

Dan disinilah nama baik anda sebagai penjual online akan dipertaruhkan, dan ini juga menyangkut kelangsungan hidup mata pencaharian anda.

Walaupun awalnya kita mengirimkan barang dalam kondisi baik, namun kenyataan apapun bisa terjadi kepada produk anda selama masa pengiriman. Hingga sampai di tangan konsumen, anda tidak akan pernah tahu bagaimana kondisi barang anda tersebut.

Nah, berikut ini kami akan memberikan beberapa tips yang bisa anda lakukan sebagai pencegahan terhadap rusaknya barang yang anda kirim melalui perusahaan jasa pengiriman.


1. Ketahui Semua Syarat dan Ketentuan Perusahaan Pengiriman

Biasanya anda akan lebih mudah mengetahui tarif pengiriman secara online ketimbang apa yang terjadi bila terjadi kerusakan atau kehilangan terhadap barang anda selama pengiriman.

Sebab, sedikit sekali informasi yang bisa anda peroleh tentang bagaimana seharusnya perusahaan pengiriman bertindak jika terjadi sesuatu pada barang anda.

Untuk itulah, penting kiranya anda menanyakannya langsung kepada customer service sebelum melakukan pengiriman baik melalui online maupun pada saat anda mendatangi counter perusahaan pengiriman tentang hak-hak yang anda akan peroleh sebagai konsumen yang menggunakan jasa mereka.


2. Perlindungan Ekstra Terhadap Paket Anda

Untuk produk-produk berupa fashion dan aksesoris lain seperti baju, celana, sepatu, atau lainnya mungkin kekhawatiran kita tidak terlalu besar.

Tapi untuk barang-barang elektronik dan gadget seperti Kamera, Laptop, Handphone, Tablet, dan sejenisnya, maka proteksi ekstra sangatlah dibutuhkan.

Bila kemasan aslinya anda miliki, anda bisa menggunakannya karena biasanya pabrik telah mendesain kemasan sedemikian rupa agar barang didalamnya tetap aman selama pengiriman.

Di samping itu, anda juga perli meminta perlindungan tambahan dari perusahaan pengiriman. Pelayanan perlindungan tambahan yang biasanya diberikan berbentuk bubble wrap, styrofoam box, atau packing kayu.

Namun, untuk perlindungan menggunakan box kayu biasanya anda akan dikenakan biaya tambahan yang disesuaikan dengan volume dan massa barang. Biaya ini berbeda-beda di setiap perusahaan jasa pengiriman.


3. Asuransikan Barang yang Anda Kirimkan

Sangat disarankan anda memberikan asuransi pada paket yang anda kirimkan melalui jasa pengiriman. Asuransi ini biasanya akan ditawarkan oleh perusahaan kurir. Ketika anda ke counter jasa pengiriman anda akan diminta untuk menjelaskan detail dari isi barang yang dipaketkan.

Dan bila berupa barang elektoronik maka akan ditawarkan terlebih dahulu kepada anda apakah ingin menggunakan asuransi atau tidak.

Perusahaan jasa pengiriman biasanya enggan mengganti kerugian apabila terjadi barang hilang atau rusak apabila paket kiriman itu tidak diasuransikan. Untuk barang yang diasuransikan biasanya sudah termasuk pembuatan packing kayu untuk memberikan perlindungan ekstra kepada barang tersebut.

Sangat disarankan untuk barang-barang elektronik dan gadget untuk diasuransikan karena untuk mencegah hal-hal yang tidak dinginkan saat pengiriman.

Apabila anda ingin mengasuransikan barang kiriman anda, sebaiknya dari rumah tidak usah dibungkus terlalu rapat terlebih dahulu karena beberapa perusahaan pengiriman akan melihat langsung dulu barang anda hingga mengecek ke dalam kotaknya sebelum barang diberikan packing kayu dan dikirimkan ke alamat penerima.


4. Kesepakatan yang Jelas dengan Konsumen

Sebaiknya sudah ada kesepakatan yang jelas antara anda dengan konsumen, atau buatlah semacam kebijakan yang mengikat kepada konsumen juga kepada anda. Perusahaan jasa pengiriman apapun hanyalah jembatan antara anda dengan konsumen.

Agar ada kesepahaman yang jelas antara kedua pihak mengenai risiko pada saat pengiriman barang yang akan terjadi melalui perusahaan pengiriman. Jadi apabila terjadi hal tidak diinginkan terhadap barang yang dikirimkan.

Konsumen memahami hak-hak nya dan tidak langsung menuduh anda sebagai penipu atau penjual yang tidak kredibel.

Berikan penjelasan kepada konsumen mengenai kasus-kasus seperti apa saja yang akan anda kembalikan uangnya. Kasus seperti apa saja yang mendapatkan penggantian barang.

Apa saja yang termasuk kriteria barang rusak atau cacat produksi, serta berapa lama waktu yang menjadi konsekuensi atas pengiriman barang yang tidak sesuai dengan permintaan konsumen.

Semua itu harus dijelaskan sedetail-detailnya, agar anda terbebas dengan masalah hubungan buruk dengan konsumen di masa depan.


5. Konsekuensi dari Kerusakan atau Kehilangan

Setelah semua langkah sudah anda lakukan tapi ternyata kerusakan atau kehilangan yang tidak diinginkan tetap terjadi, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dan lakukan berikut ini:

- Dapatkan informasi sejelas-jelasnya dari konsumen dan perusahaan pengiriman, disertai dengan bukti-bukti yang kuat.

- Mintalah pertanggung jawaban dari perusahaan pengiriman hingga ada kejelasan akan nasib barang tersebut.

- Sampaikan permohonan maaf sebelum menjelaskan apa yang terjadi kepada konsumen anda.

- Segera selesaikan masalah dengan konsumen sesuai kesepakatan di awal sebelum pembelian. Apakah dengan mengembalikan semua uang sejumlah yang dibayarkan konsumen atau penggantian dengan barang yang baru.

- Apabila telah sampai tenggat waktu yang menjadi kebijakan perusahaan pengiriman untuk pertanggung jawaban, anda bisa minta klaim asuransi anda ke perusahaan pengiriman tersebut disertai bukti-bukti klaim asuransi yang mendukung.

Nah, bagaimana dengan tips di atas? Semoga dapat membantu anda apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada saat pengiriman Toko online anda. Dan selalu anda harus ingat, belajarlah dari pengalaman yang telah anda alami sebelumnya. Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami.

Sumber:
http://hot.yukbisnis.com/pengiriman-barang/


Related Posts

Melakukan Pengiriman yang Aman untuk Produk Toko Online Anda
4/ 5
Oleh