Mengubah Hobi Fotografi Anda Menjadi Peluang Bisnis yang Menguntungkan

Mengubah Hobi Fotografi Anda Menjadi Peluang Bisnis yang Menguntungkan
www.tempo.co
Sekarang ini, para fotografer profesional sudah tidak lagi memonopoli dunia fotografi.

Banyak sekali pilihan yang bisa kita dapatkan untuk membeli produk kamera yang sesuai kebutuhan dan budget yang kita miliki.

Saat ini, sudah banyak orang awam fotografi yang bahkan memiliki kamera berjenis Single Lens Reflex (digital) yang awalnya hanya diperuntukkan bagi para profesional.

Dunia fotografi memang sangat menarik dan bisa dipelajari secara luas. Ada begitu banyak klasifikasi genre fotografi.

Baca juga: Kisah Sukses Mengembangkan Hobi Fotografi Jadi Bisnis Online yang Menguntungkan

Namun, yang memang paling populer dan diminati di antaranya yaitu potrait fotografi, wildlife fotografi, wedding fotografi, fashion fotografi, macro fotografi, dan aerial fotografi yang merupakan genre paling menantang dalam dunia fotografi.


Mempelajari Fotografi Bukanlah Sesuatu yang Sulit

Ada sebuah teknik yang menjadi mutlak untuk diketahui dalam dunia fotografi profesional. Dikenal dengan nama Segitiga Fotografi (Triangle Photography). Teknik dasar ini wajib diketahui juga dikuasai oleh seorang fotografer professional.

Tiga elemen penghasil cahaya yang menjadi dasar teknik segitiga fotografi yaitu shutter speed, aperture, dan ISO.

Shutter Speed adalah kecepatan dari tirai (rana) kamera saat membuka dan menutup guna memperoleh cahaya.

Kalau Aperture atau tingkap ini berarti elemen yang terdapat pada lensa yang dapat dibuka lebar dan dibuka kecil berbentuk seperti melingkar.

Sedangkan ISO yaitu sebuah istilah dalam fotografi yang mana dulu dikenal dengan nama ASA, dan lebih merujuk pada sensivitas atau kepekaan sebuah sensor dalam kamera.

Itulah sedikit penjelasan mengenai teknik dasar dalam fotografi yang sesungguhnya amat mudah dipelajari dan dipahami. Bahkan, melalui tutorial-tutorial yang ada di internet, anda juga bisa mempelajarinya.


Berawal dari Hobi Menjadi Hoki

Di saat seseorang sudah mulai menyenangi fotografi, maka ia akan menjadikan fotografi sebagai hobinya secara otomatis. Tentu saja yang namanya hobi akan membuat si penyukanya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit terutama untuk membeli peralatan.

Seseorang yang menyukai hobi pasti akan selalu belajar dan tidak akan mudah puas sampai skill yang dimiliki dapat digunakan secara optimal untuk hobinya tersebut.

Dan biasanya, skill yang didapat tersebut secara tidak langsung membuat mereka bisa menjadi seorang profesional mengubah apa yang disenanginya menjadi sebuah usaha yang menghasilkan.


Berani Menjadi Profesional

Kepuasan anda setelah menjalani hobi bertahun-tahun tentu menghasilkan banyak sekali foto-foto yang akan memenuhi media penyimpanan hard disk, album jejaring sosial atau dicetak dan dipajang di kamar.

Lalu, kenapa anda tidak mulai berpikir untuk mengkomersilkan keahlian anda dengan menjadi seorang fotografer profesional? Tidak terlalu sulit kok menjadi seorang fotografer profesional. Dan anda tidak harus membangun sebuah studio dengan unit peralatan yang lengkap.

Bila ingin menjadi profesional, sebelumnya anda bisa memulainya dari pekerjaan-pekerjaan kecil seperti menerima tawaran pemotretan, pre-wedding dari teman atau pemotretan pada acara-acara di kampus atau kantor.

Akan ada banyak keuntungan yang didapat setelah menjadi seorang fotografer profesional, di antaranya adalah pengalaman-pengalaman baru, adanya tambahan atau sumber penghasilan baru, dan karya anda juga akan dinikmati tidak hanya untuk diri anda sendiri tapi juga orang lain yang menjadi konsumen atau klien anda.

Nah, jika sudah kenyang sebagai fotografer profesional freelance, selanjutnya harus ada peningkatan lagi dong, yaitu menjadi fotografer profesional yang full time.

Dana yang terkumpul saat menjadi fotografer freelance bisa anda jadikan modal awal untuk membangun studio foto yang nantinya sangat berguna untuk terus meningkatkan skill anda. Dan konsumen pun akan tahu ke mana mereka harus menuju ketika mereka membutuhkan jasa anda.

Keberhasilan pasti akan anda capai bila anda tekun, dan benar-benar mempunyai kualitas serta jaringan pertemanan yang luas. Selamat mencoba!

Sumber:
https://www.maxmanroe.com/fotografi-hobi-yang-bisa-jadi-peluang-bisnis-yang-menguntungkan.html


Related Posts

Mengubah Hobi Fotografi Anda Menjadi Peluang Bisnis yang Menguntungkan
4/ 5
Oleh