Merek-merek Ternama yang Berasal dari Produk Militer

Merek-merek dagang terkenal di dunia ternyata banyak juga lho yang berawal dari produk militer. Mau tahu apa saja merek-merek tersebut?

SUPER GLUE
SUPER GLUE
Lem super yang bisa merekatkan benda apa saja dengan kuat ini tadinya ditemukan oleh sejumlah ilmuwan pada perang Dunia II (1942). Waktu itu pada masa perang, mereka membutuhkan sebuah materi yang bening untuk merekatkan sesuatu di senjata para tentara.

Baca juga: Online Trust di Indonesia dalam Berbisnis masih Perlu Terus Dibangun

Namun, Amerika menolak cyanoacrylates (nama kimia dari lem) karena sangat rekat. Produk ini kemudian dibuat ulang oleh peneliti Eastman Kodak pada 1951. Pada 1958, barulah Super Glue dijual sebagai produk secara komersil.


HUGO BOSS
HUGO BOSS
Hugo Boss merupakan anggota Partai Nazi Jerman. Pada 1928, dirinya menjadi suplier seragam untuk partai Nasionalis Sosialis, termasuk Hitler Youth, Sturmabteilung (paramiliter) dan SS.


MARS
MARS
Mars adalah pencipta dari resep M&M ketika dulu terjadi Perang Sipil Spanyol. Saat itu, Forrest Mars Sr melihat tentara yang sedang makan cokelat namun dilapisi permen agar tidak meleleh karena panas matahari.

Bersama keluarga Rowntree yang memproduksi Smarties-cokelat yang mirip dengan M&M, Forrest Mars lalu mendatangi tentara yang berada di garis belakang dan memberikan cokelat tersebut.


FANTA
FANTA
Fanta merupakan produk minuman yang dibuat setelah ada embargo sirup Coca-cola oleh Nazi pada Perang Dunia II. Minuman baru yang berasal dari dalam negeri tersebut kemudian diciptakan oleh Coca-cola Belanda untuk menyiasati embargo Nazi.

Coca-cola meluncurkan ulang produk Fanta yang berasal dari kata “Fantasie” ke seluruh dunia pada 1955.


VOLKSWAGEN
VOLKSWAGEN
Volkswagen Beetle merupakan kendaraan massal murah pertama untuk rakyat Jerman yang dibuat oleh Porsche setelah mendapat permintaan dari Adolf Hitler pada 1938. Kemudian di tahun 1963, Beetle menjadi populer melalui film Herbie.


MOTOROLA
MOTOROLA
Awalnya, Motorola adalah sebuah perusahaan baterai bernama Galvin Manufacturing Corporation. Pada 1940, mereka membuat Handie-Talkie SCR 536 yang merupakan ikon dari Perang Dunia II.


ADIDAS dan PUMA
ADIDAS dan PUMA
Adidas dan Puma didirikan oleh kakak-adik yang bernama Adi dan Rudolf. Pada 1920an mereka membuat perusahaan Brothers Sport dan mulai membuat sepatu yang kemudian terkenal karena dipakai oleh atlet Jesse Owen yang meraih emas pada Olimpiade 1936.


WILLYS
WILLYS
Awalnya, Jip Willys merupakan kendaraan yang diproduksi khusus untuk militer pada 1941. Pada Perang Dunia II, Willys dikenal sebagai kendaraan militer tentara Amerika Serikat.


DUCT TAPE
DUCT TAPE
Duct Tape adalah produk yang dibuat oleh Johnson & Johnson pada Perang Dunia II. Tentara membutuhkan plester yang kuat ketika itu, dan tahan air untuk memperbaiki berbagai perangkat serta amunisi. Dan para tentara kemudian menamakannya “Duck Tape”.



Itulah merek-merek terkenal yang berawal atau terinspirasi dari perang atau dunia militer. Kemungkinan besar masih banyak merek-merek terkenal lainnya yang memiliki sejarah di Perang Dunia II. Semoga menambah wawasan anda.

Sumber/gambar:
http://u.msn.com/id-id/berita/foto/16-merek-terkenal-berawal-dari-produk-militer/ss-AAaFAal#image=1


Related Posts

Merek-merek Ternama yang Berasal dari Produk Militer
4/ 5
Oleh