Perhatikan Langkah Berikut dalam Memulai Usaha Cuci Mobil

Perhatikan Langkah Berikut dalam Memulai Usaha Cuci Mobil
Meningkatnya jumlah pemilik kendaraan pribadi terutama mobil, menjadikan usaha cuci mobil memiliki peluang bisnis yang bagus.

Tentunya akan ada banyak calon pelanggan dalam membuka usaha ini.

Anda dapat memilih skala ukuran bisnis dalam memulai usaha ini, disesuaikan dengan anggaran modal yang dimiliki.

Apakah usaha cuci mobil skala besar yang menggunakan mesin pencucian otomatis, atau usaha cuci mobil kecil-kecilan yang sekali waktu hanya dapat menerima satu atau dua buah mobil pelanggan.

Baca juga: Tips Membangun Usaha Jual Beli Mobil Bekas

Pertama dalam memulai usaha cuci mobil harus dipersiapkan dulu peralatannya. Peralatannya bisa berbagai macam, namun yang paling utama adalah anda harus punya alat pencuci dengan kompresor atau steam wash.

Selain itu, peralatan-peralatan penunjang lain seperti selang air, ember, sikat, lap, dan sabun khusus mobil.

Namun pada skala usaha besar, biasanya menggunakan alat cuci yang memang khusus untuk mobil, dengan daya minimal 600 watt. Dan yang tak kalah penting adalah membuat bak penampungan air (toren) yang letaknya agak tinggi agar tekanan air yang dihasilkan bisa lebih kencang.

Perhatikan Langkah Berikut dalam Memulai Usaha Cuci Mobil

Nah, di samping itu juga terdapat langkah-langkah yang perlu diperhatikan bila anda hendak membuka usaha pencucian mobil ini, mau tahu apa saja? Mari kita simak ulasan di bawah ini!


1. Menentukan Lokasi Usaha

Pilihlah lokasi strategis dimana pelanggan anda bisa menghabiskan waktu selama mereka menunggu. Contohnya seperti di dekat pusat perbelanjaan, warung makan, minimarket, atau kios majalah.

Bisa juga anda mencari lokasi usaha yang dekat dengan tempat usaha yang juga berhubungan dengan otomotif, seperti bengkel, pom bensin, dealer mobil, dan lain-lain.


2. Kombinasi Usaha Lain

Bila anda mempunyai modal lebih, bisa juga anda coba mengkombinasikannya dengan jenis usaha lain, seperti membuka kios makanan atau warung kopi kecil-kecilan.

Adanya kios makanan dan minuman ini juga bisa dijadikan pelayanan tambahan kepada pelanggan sehingga mereka bisa mengisi waktu dengan ngemil atau minum kopi. Selain itu juga akan menguntungkan bagi anda karena pastinya bisa memberi penghasilan tambahan.

Perhatikan Langkah Berikut dalam Memulai Usaha Cuci Mobil

Atau bisa juga anda membuka usaha jasa lain yang sejenis, misalnya pencucian sepeda motor dan helm.

Tapi tetap harus ada salah satu yang diprioritaskan dan anda harus memberi penekanan kepada usaha pencucian mobil, sementara kombinasi usaha lainnya hanya sebagai sampingan atau penunjang saja.


3. Strategi Pemasaran

Untuk pemasaran usaha anda bisa dilakukan dengan menyebar brosur atau memasang spanduk.

Dan di awal pembukaan, bisa anda siasati dengan memberikan layanan khusus misalnya diskon spesial sampai dengan tanggal tertentu untuk menarik minat pelanggan dalam mengenalkan usaha baru anda tersebut.

Selain itu, trik pemasaran lainnya seperti pemberian kupon bonus satu kali cuci gratis untuk pelanggan yang telah melakukan pencucian sebanyak 10 kali atau lebih misalnya, juga bisa anda terapkan untuk mempertahankan pelanggan setia anda.


4. Berikan Pelayanan Terbaik

Dan yang terakhir, saat memulai usaha cuci mobil ini, pelayanan yang baik harus selalu diberikan kepada pelanggan. Carilah ide-ide kreatif  di bidang otomotif serta trik-trik pencucian mobil yang kiranya bisa menjadi nilai tambah bagi pelayanan kepada pelanggan.

Pastikan juga anda menggunakan air yang bersih dalam melakukan pencucian, supaya tidak terjadi masalah jangka panjang pada mobil pelanggan anda seperti karat pada bodi atau penumpukkan kotoran di bodi mesin.


Demikian langkah-langkah yang bisa anda terapkan dalam memulai usaha pencucian mobil. Kepercayaan pelanggan adalah yang terpenting, oleh sebab itu anda harus selalu menjaga kepercayaan tersebut.

Tekankan pada karyawan anda bahwa kejujuran adalah yang utama dan jangan sekali-kali berani mengambil barang apapun yang bukan miliknya saat membersihkan bagian dalam mobil.

Sumber:
http://menjadiwirausaha.com/ide-bisnis-bagaimana-memulai-usaha-cuci-mobil/
peluangusaha.kontan.co.id
umkmjogja.com
www.cirebontrust.com


Related Posts

Perhatikan Langkah Berikut dalam Memulai Usaha Cuci Mobil
4/ 5
Oleh