Investasi Mana Yang Lebih Menguntungkan, Batu Akik Atau Emas?

Investasi Mana Yang Lebih Menguntungkan, Batu Akik Atau Emas?
Seperti kita ketahui, fenomena batu akik memang sekarang ini sedang naik daun.

Peminatnya bahkan hingga ke berbagai kalangan, mulai dari tua maupun muda, serta mulai dari kalangan menengah ke bawah hingga kalangan atas.

Adanya beberapa jenis batu akik yang harganya sampai milyaran rupiah kemudian menimbulkan pertanyaan di kalangan para pebisnis.

Apakah bentuk investasi pada batu mulia ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar atau tidak.

Baca juga: Usaha Tambal Ban Bisa Menjadi Peluang yang Menguntungkan

Memang, tak dapat dipungkiri bahwa banyak kalangan masyarakat kini menganggap bahwa batu akik bisa menjadi alternatif investasi yang menguntungkan.

Anggapan ini memang tidak salah, sebab batu akik saat ini memang sedang menjadi tren dan harganya pun terus mengalami pelonjakan.

Seperti yang dikatakan oleh Iskandar Husin, Direktur Ekseskutif Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia (APEPI) yang dipublikasikan di laman Okezone, menurutnya menjadikan batu akik sebagai alternatif investasi sangatlah dimungkinkan, sebab memang harga batu akik sekarang ini sedang tinggi, ada yang mencapai puluhan bahkan hingga ratusan juta rupiah untuk jenis batu tertentu.

Akan tetapi, walaupun batu akik bisa menjadi alternatif, batu akik tidak mempunyai patokan harga yang jelas baik secara nasional maupun internasional.

Inilah yang menjadi salah satu kekurangan investasi di bidang batu akik. Ada semacam ketidakpastian terhadap prospek penjualan batu akik di masa depan. Sehingga perubahan harga masih sangat mungkin terjadi sesuai dengan kondisi pasar.

Investasi Mana Yang Lebih Menguntungkan, Batu Akik Atau Emas?
Minat pada batu akik mempunyai kecenderungan yang subjektif.

Orang membelinya disebabkan karena atas dasar “suka” secara pribadi.

Kalau dilihat dari sisi keunikan, mungkin lebih kepada keindahan dan cara mendapatkannya yang sulit.

Walaupun untuk saat ini batu akik memang memperlihatkan penjualan yang cukup baik, namun untuk menjadi instrumen investasi berorientasi masa depan, nampaknya batu akik masih belum dapat menyamai prospek emas.

Emas mempunyai patokan harga yang diakui secara internasional. Bahkan, bank sentral di berbagai belahan dunia pun memakai emas sebagai bagian dari cadangan devisa Negara mereka.

Jadi bila Anda menginginkan instrumen investasi yang tak lekang oleh waktu, maka pilihlah emas, bukan batu akik.

Sumber:
http://economy.okezone.com/read/2015/02/01/320/1099931/plus-minus-investasi-batu-akik-vs-emas


Related Posts

Investasi Mana Yang Lebih Menguntungkan, Batu Akik Atau Emas?
4/ 5
Oleh