Tips Memulai Bisnis Waralaba Sukses Bagi Pemula

Tips Memulai Bisnis Waralaba Sukses Bagi Pemula
Memulai sebuah bisnis pastinya memerlukan pengorbanan, dan dedikasi yang tinggi.

Tanpa usaha yang keras, kemungkinan besar bisnis anda tidak akan berkembang dengan baik.

Itulah mengapa diperlukan keseriusan dan pengorbanan baik tenaga, pikiran, biaya dan waktu dalam membangun sebuah bisnis.

Dan yang tidak kalah penting adalah kemauan untuk terus belajar dan memperdalam pengetahuan anda dalam bisnis yang akan maupun sedang anda tekuni.

Namun, bila anda merasa belum siap untuk melakukan semua itu, sebaiknya tunda dulu keinginan anda untuk berbisnis. Lakukan jika memang anda sudah merasa siap.

Baca juga: 5 Bisnis Waralaba Kuliner Dengan Modal Kecil Namun Keuntungan Besar

Sama halnya ketika anda memutuskan untuk terjun ke dalam bisnis waralaba. Apalagi jika anda sebagai pemula dan hanya memiliki modal yang minim.

Sebaiknya anda coba simak beberapa tips dari kami di bawah ini apabila anda ingin memulai bisnis waralaba dan memperbesar peluang anda untuk meraih sukses di bisnis ini.


1. Sesuaikan dengan Minat Anda

Hal pertama yang menjadi modal dasar dalam bisnis waralaba ini adalah anda harus mengenali diri anda terlebih dulu. Cari tahu bakat dan minat anda di bidang apa. Jadikan hal tersebut sebagai referensi tentang bisnis dan usaha apa yang bisa anda jalani dengan bakat dan minat anda.

Misalkan saja, anda seorang ibu rumah tangga yang senang memasak dan paham betul bagaimana menyajikan kuliner yang enak. Waralaba di bidang makanan bisa anda jadikan pilihan yang tepat.


2. Kenali Potensi Bisnis Waralaba Pilihan Anda

Bila anda sudah menentukan bisnis waralaba yang akan dijalani, sebelumnya harus tahu dulu bagaimana potensi waralaba tersebut. Berjalan sudah berapa lama waralaba tersebut? Cari tahu berapa cabang yang dimilikinya, dan berapa modal yang dibutuhkan untuk memulainya.

Misalkan saja bisnis waralaba pilihan anda itu sudah berdiri sejak 5 tahun lalu, dan mempunyai ratusan cabang di banyak kota. Maka potensi yang dimiliki waralaba tersebut cukup baik.


3. Pemasaran dan Pemilihan Lokasi yang Tepat

Sebuah produk tentu tidak akan berjalan dengan sendirinya, diperlukan marketing yang jitu untuk dapat menjual produk tersebut agar laku dipasaran. Begitu juga dengan waralaba.

Waralaba adalah produk, anda juga harus dapat memasarkannya dengan baik untuk dapat meraih penjualan yang maksimal.

Kualitas produk memang memegang peranan penting untuk diminati konsumen. Akan tetapi bila hanya didukung oleh pemasaran yang asal-asalan, siapa yang tahu sejauh mana kualitas yang dimiliki produk tersebut?

Oleh sebab itu, mengenalkan produk yang kita miliki menggunakan pemasaran yang jitu merupakan hal yang sangat penting. Selain itu, untuk mendukung semuanya dibutuhkan lokasi usaha yang tepat.

Usahakan orang-orang yang berkunjung atau lewat di sekitar usaha anda mempunyai ketertarikan yang sama dengan produk anda.

Mall mungkin adalah tempat yang strategis, namun jangan dulu anda berpikir kesitu bila anda adalah pemula. Modal anda juga mungkin masih belum mencukupi untuk membayar sewa tahunan di mall tersebut.

Anda akan sangat terbebani dengan target penjualan untuk bisa menutupi biaya sewa tersebut. Satu hal yang perlu juga diingat, bahwa dalam bisnis itu tidak ada yang pasti.

Lain halnya bila anda adalah orang yang sudah lama berkecimpung dalam bisnis waralaba dan tahu betul bagaimana prospek produk waralaba yang akan anda jual.


4. Pengembangan Bisnis

Dalam bisnis tentu anda menginginkan sesuatu yang lebih dan lebih. Nah, bila bisnis anda sudah ramai dengan keuntungan yang banyak, silahkan untuk mengembangkan bisnis anda.

Bisa dengan memperbanyak bisnis anda atau membuka cabang baru di daerah lain. Seorang pebisnis yang sudah pernah sukses biasanya akan membuat kesuksesan yang lain dengan menciptakan peluang-peluang bisnis baru.


Intinya, berbisnis itu harus dilakukan tahap demi tahap. Tidak ada orang berbisnis bisa mencapai kesuksesan yang instan. Semua itu butuh perjuangan dan tentunya kerja yang ekstra keras. Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat untuk anda. Selamat berbisnis dan meraih sukses.

Sumber/gambar:
http://www.bisnisa.biz/2014/09/cara-memulai-bisnis-waralaba-untuk-pemula.html
bisnisukm.com



Related Posts

Tips Memulai Bisnis Waralaba Sukses Bagi Pemula
4/ 5
Oleh