5 Saran Menarik untuk Memaksimalkan Tabungan

5 Saran Menarik untuk Memaksimalkan Tabungan
Menabung memang bukan hal yang menyenangkan, karena dengan menabung berarti kita harus sedikit mengurangi gaya hidup yang terlalu konsumtif.

Padahal, kebiasaan menabung tidaklah selalu berhubungan dengan seberapa besar jumlah pendapatan anda, atau seberapa banyak uang yang anda miliki di dompet.

Orang dengan penghasilan yang pas-pasan pun nyatanya bisa kok menabung.


1. Coba Bawa Bekal Sendiri dari Rumah

Disadari atau tidak, sebagian besar orang menghabiskan lebih banyak uangnya untuk urusan mulut dan perut.

Simak juga: Penyebab Tabungan Anda Tidak Kian Bertambah

Maksudnya adalah untuk urusan makan dan minum. Anda bisa mensiasati pengeluaran yang terlalu besar dari makan sehari-hari dengan coba membawa bekal sendiri dari rumah.

Paling tidak, anda jadi tidak perlu harus selalu membeli makanan ketika jam makan siang tiba, atau anda juga tidak perlu setiap waktu membeli air mineral ketika anda haus.

Di samping dapat menghemat, anda juga akan menjadi lebih sehat. Dengan begitu, uang yang tadinya selalu anda keluarkan untuk jajan dan berobat bisa anda alihkan lagi untuk tambahan tabungan.


2. Selalu Minta Uang Kembalian

Mulai sekarang janganlah lagi anda menyepelekan uang kembalian, walau hanya uang koin sekalipun.

Bila anda rajin menyimpannya, meskipun jumlahnya kecil, hasilnya bahkan bisa saja di luar dugaan. Untuk menyimpan uang koin tersebut, anda bisa memakai toples maupun kaleng bekas dan mengumpulkan koin tersebut hingga toples terisi penuh.

Setelah banyak jumlahnya, maka bisa anda masukkan ke rekening anda. Tapi jangan lupa untuk menukarnya terlebih dahulu ke dalam uang kertas ya, agar petugas bank tidak kerepotan menghitung jumlah uang koin yang anda miliki. Hehe.


3. Miliki Beberapa Rekening di Bank

Saat ini, berapa banyak jumlah rekening tabungan yang anda miliki? Bila hanya satu, sebaiknya anda coba untuk membuka lagi 2 hingga 3 rekening tabungan di bank lain.

Dari beberapa rekening tersebut, anda bisa menggunakan masing-masing rekening tabungan untuk keperluan yang berbeda.

Seperti membayar cicilan, menaruh simpanan, maupun kebutuhan lainnya. Namun, anda juga harus disiplin dalam menggunakan rekening sesuai fungsinya sendiri.


4. Pergunakan Telekomunikasi dengan Bijak

Untuk berkomunikasi dan berinternet, saat ini seseorang minimal menggunakan 2 provider seluler. Padahal, bila bisa lebih bijak dengan membatasi diri dengan hanya memakai satu provider dan satu ponsel saja, penghematan besar bisa anda lakukan.

Bisa juga penghematan dilakukan dengan beralih dari menggunakan paket prabayar menjadi pascabayar yang sekarang banyak tawaran menggiurkan yang diberikan, seperti gratis telepon dan SMS hingga bonus pemakaian paket internet tertentu. Maka, budget telekomunikasi anda bisa dialokasikan untuk menambah jumlah tabungan.


5. Beli Sepatu Olahraga

Lho, gimana sih katanya suruh hemat tapi kok malah disuruh beli sepatu olahraga? Tentu saja maksudnya di sini ialah agar anda lebih rajin dan semangat dalam berolahraga.

Tidak perlu mengikuti fitness center dengan biaya mahal kok, cukup dengan jogging keliling komplek saja.

Kesehatan adalah hal yang sangat mahal harganya. Tentu saja biaya berobat ke dokter yang harus anda bayar ketika anda sakit tidaklah sedikit.

Jadi dengan tubuh sehat, anda akan lebih bisa berhemat. Sehingga uang anda akan bisa dialihkan untuk tambahan simpanan anda.

Sumber:
http://brighterlife.co.id/2015/05/18/5-cara-seru-agar-kamu-punya-tabungan-praktikkan/#sthash.DgPOKYC9.dpuf


Related Posts

5 Saran Menarik untuk Memaksimalkan Tabungan
4/ 5
Oleh

2 komentar

29 Mei 2015 07.26 delete

nomer satu, ane males bawa bekal sendiri
3. em, perlu juga ya gan punya banyak rekening

5. ckckckc
ketahua ane arang olahraga ni

Reply
avatar
24 Juli 2015 01.19 delete

ya memang, membawa bekal kalau harus menyiapkannya sendiri kesannya repot, tapi kalau ada istri yang menyiapkan pasti akan lebih mudah.

Punya banyak rekening kadang memang perlu gan.

Wah,sama gan, awalnya ane juga susah kalo soal olahraga, tapi kalo dibiasakan nantinya juga akan jadi aktivitas rutin yang akan terasa kurang kalau sehari saja gak olahraga. hhehe

Reply
avatar