Kalimat-kalimat yang Jangan Diucapkan Atasan Kepada Bawahan

Kalimat-kalimat yang Sebaiknya tidak Diucapkan Atasan Kepada Bawahan
www.penulishidupku.com
Menghadapi dan mengelola pegawai merupakan salah satu hal tidak mudah yang harus dihadapi oleh pengusaha.

Seringkali kesabaran seorang atasan atau bos akan diuji dalam berbagai persoalan ketika menangani bawahannya.

Akan tetapi anda sebagai pimpinan bukan berarti bisa bertindak ‘semaunya’ terhadap karyawan, misalnya di saat mereka melakukan pekerjaan yang kurang sempurna atau ketika sedang berdebat tentang permasalahan yang ada kaitannya dengan kinerja bawahan.


Baca juga: Tips Menjadi Karyawan dengan Kualitas Pemimpin

Nah, untuk itulah bila anda ingin menjadi seorang bos yang baik, salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan tidak mengucapkan hal-hal berikut ini kepada bawahan, agar bawahan tidak terjadi kesalahpahaman antara anda dengan karyawan anda.

“Saya adalah atasan, maka kerjakan apapun yang saya minta!”

Ungkapan di atas membuat anda seolah-olah menetapkan strata yang berbeda antara anda sebagai bos, dan mereka hanyalah anak buah.

Memang sebagai anak buah, mereka sudah seharusnya melakukan pekerjaan yang anda minta, namun dengan mengucapkan kata-kata tersebut, justru akan membuat mereka kehilangan rasa hormat kepada anda sebagai atasannya.

“Kamu beruntung karena masih bisa bekerja di sini.”

Sebenarnya, mungkin bisa saja terbalik, andalah sebagai pimpinan yang beruntung karena mereka masih mau bekerja di tempat anda.

Sangat sulit bagi pegawai untuk bekerja dengan kinerja maksimal apabila suasana kerja di tempat mereka bekerja sudah menjadi sebuah keterpaksaan sehingga menghilangkan semangat kerja sepenuh hati di dalam diri mereka.

“Kalau kamu tidak suka bekerja di sini, mending berhenti saja, dan saya akan cari orang lain yang memang butuh pekerjaan.”

Sekarang ini, ancaman pemecatan pegawai nampaknya sudah tidak efektif lagi untuk membuat mereka melakukan pekerjaan yang anda minta dengan baik.

Mungkin awalnya memang bisa dilakukan, tapi itu tidak akan bertahan lama. Lambat laun, motivasi mereka untuk bekerja dan memberikan hasil kerja yang terbaik akan semakin hilang.

“Maaf, saya sedang tidak punya waktu.”

Anda adalah atasan, sadari posisi itu. Sebab, sudah menjadi tugas anda untuk membimbing dan membantu karyawan yang mengalami kesulitan ketika bekerja.

Dan juga bila mereka meminta sedikit waktu anda untuk membicarakan hal yang penting, sebaiknya jangan mengucapkan kata-kata tersebut.

“Memang hanya kamu saja yang pusing dan stres?”

Semua orang mempunyai stres mereka masing-masing. Bukanlah seorang atasan yang bijaksana jika anda mengucapkan kata-kata seperti itu. Sebaiknya anda tidak menganggap bahwa tingkat stres anda lebih tinggi daripada bawahan anda.


Komentar atau ucapan reaktif dan spontan yang kurang tepat dapat merusak anda sebagai pimpinan. Di samping itu juga akan menghilangkan rasa percaya diri pegawai dan juga kepercayaan mereka terhadap anda sebagai atasan mereka.

Dan patut menjadi catatan bahwa rasa sakit yang timbul akibat perkataan negatif akan sangat sulit untuk bisa diobati.

Sumber:
http://www.coretankecil.com/beberapa-hal-yang-sebaiknya-tidak-diucapkan-kepada-bawahan/


Related Posts

Kalimat-kalimat yang Jangan Diucapkan Atasan Kepada Bawahan
4/ 5
Oleh