Tips Menjadi Karyawan dengan Kualitas Pemimpin

Tips Menjadi Karyawan dengan Kualitas Pemimpin
Di era dunia kerja modern ini, sebuah perusahaan tidak akan menerima sembarang orang sebagai karyawannya.

Dalam memilih karyawan yang tepat, perusahaan tentu memiliki banyak kriteria yang harus dipertimbangkan.

Tentu saja, orang yang tepat pada pekerjaan yang tepat akan memberi banyak kontribusi dan keuntungan untuk perusahaan.

Dengan semakin ketatnya persaingan dalam berburu lapangan pekerjaan saat ini, setiap perusahaan dalam melakukan seleksi juga benar-benar harus memilih SDM dengan kualitas dan daya saing tinggi.

Baca juga: Tips Membuat Karyawan Termotivasi dan Merasa Bahagia pada Pekerjaannya

Dan karyawan yang memang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik tentu akan lebih dilirik oleh perusahaan ketimbang pelamar yang biasa-biasa saja.

Sedangkan karyawan dengan jiwa pemimpin yang dimaksud di sini ialah seorang yang memprakarsai tingkah laku kelompok atau individu dengan bekerja sesuai kualitasnya, mampu berinisiatif serta dapat menyelesaikan masalah-masalah pekerjaan dengan cara termudah yang dimilikinya.

Untuk mencapai hal itu, memang bukan hal yang mudah. Terdapat tujuh hal yang dapat menjadikan anda karyawan dengan kualitas pemimpin.


1. Bekerja Dengan Passion

Mungkin banyak orang menganggap bahwa faktor passion adalah suatu hal yang terdengar klise, namun tidak dapat disangkali bahwa dengan passion pula pekerjaan anda akan menjadi sangat berarti.

Rene Suhardono yang merupakan Penulis buku sekaligus Career Coach mengatakan bahwa passion itu sama dengan tujuan hidup.

Semakin jelas apa yang ingin anda lakukan, maka semakin jelas dan tegas pula cara anda untuk mewujudkannya.

Anda tentu akan dapat melakukan pekerjaan lebih maksimal ketika anda telah menemukan passion anda dalam bekerja.


2. Selalu Punya Ide Kreatif

Seorang karyawan ketika melakoni suatu pekerjaan harus terus menciptakan inovasi dan kreasi terbaru.

Bila anda ingin menjadi pegawai yang menonjol dan memiliki nilai plus bagi perusahaan, maka inovasi dan kreasi adalah yang penting untuk dapat anda lakukan.

Anda harus berani berpikir di luar jalur mainstream dan mampu berkreasi melewati batas imajinasi. Tunjukkan pula bahwa anda adalah orang yang up to date terhadap teknologi, berita terhangat, maupun situasi dunia.

Menjadi orang yang up to date sudah bukan lagi hal yang sulit di zaman sekarang, caranya hanya dengan melengkapi diri anda dengan smartphone dan memanfaatkannya menjadi media anda dalam menggali berbagai informasi terbaru.


3. Hadapi Tantangan dengan Berani

Pastinya, dalam bekerja selalu saja ada kesulitan yang anda temui. Mau tidak mau kesulitan ini memang harus anda hadapi.

Tunjukkan bahwa anda orang yang berani namun penuh pertimbangan dalam mengambil risiko. Sifat mudah menyerah dan berputus asa ketika menghadapi masalah merupakan dua hal yang harus anda jauhi.


4. Penuh Percaya Diri

Kesempurnaan hanyalah milik Allah, dan setiap manusia wajar kalau punya kekurangan. Tapi jangan sampai kekurangan tersebut menjadi hal yang menghambat anda dalam berkembang.

Tentu anda juga pasti punya suatu kelebihan, dan jadikan kelebihan tersebut suatu keyakinan yang dapat meningkatkan kepercayaan diri.


5. Bekerja Keras dan Bekerja Cerdas

Bekerja keras itu perlu, namun akan lebih baik bila diiringi pula dengan bekerja cerdas. Mulailah terlebih dulu pekerjaan yang dapat anda selesaikan dengan lebih cepat.

Namun, anda juga harus menghindari untuk menunda pekerjaan hanya karena pekerjaan tersebut sulit.

Mungkin bisa juga memperbaiki cara bekerja yang selama ini dilakukan. Cari dan temukan pola dalam bekerja dengan baik, efektif serta efisien.

Manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk melakukan pekerjaan apapun, jangan menunda suatu pekerjaan bila memang anda bisa melakukannya hari ini. Beranilah untuk menjadi pekerja yang multitasking.

Sebagai penunjang pekerjaan anda, temukan alat bantu fungsional yang dapat berperan dalam menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus serta memperoleh informasi tambahan guna membantu pekerjaan utama.


6. Fokus Pada Masa Depan

Seorang pemimpin yang hebat selalu bekerja dengan fokus menatap masa depan. Namun, tetap tidak melupakan kesalahan yang terjadi pada masa lalu, karena itu merupakan sebuah pelajaran penting yang bisa digunakan sebagai perbaikan pada masa depan.

Guna mencapai hasil yang baik, hal ini harus anda terapkan. Fokuslah dalam proses pengerjaan tugas dan pada kekuatan diri sendiri.


7. Jalin Komunikasi yang Baik

Kemampuan berkomunikasi yang baik sangatlah penting dalam penunjang pekerjaan anda. Tanpa komunikasi yang baik, anda akan sulit untuk dihargai di tempat kerja.

Komunikasi yang baik sangat dibutuhkan untuk menangkap segala tugas dan pekerjaan yang diberikan maupun menyampaikan laporan hasil atau proses yang sedang berjalan.

Selain itu, anda dapat lebih mudah menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan kerja tim dengan kemampuan berkomunikasi yang anda miliki.


Sumber:
http://female.kompas.com/read/2015/05/21/124258520/7.Cara.Menjadi.Pekerja.Berkualitas.Pemimpin.Anda.Siap.


Related Posts

Tips Menjadi Karyawan dengan Kualitas Pemimpin
4/ 5
Oleh