Pentingnya Soft Skill dalam Menunjang Kinerja Karyawan pada Perusahaan

Pentingnya Soft Skill dalam Menunjang Kinerja Karyawan pada Perusahaan
accelerateyoursearchnow.com
Biasanya banyak perusahaan atau instansi dalam menilai kemampuan kerja seorang pegawai hanya melihat pada kecakapan bekerja, kemampuan teknik, dan pengetahuan terkait dengan pekerjaan yang akan dilakukannya saja.

Hal-hal tersebut digolongkan atau biasa disebut dengan Hard Skill.

Ada Hard Skill tentu juga pasti ada yang namanya Soft Skill, dan Soft Skill inilah yang biasanya terlewat dari pengamatan.

Soft Skill berbeda dengan Hard Skill yang memang mudah untuk dinilai dan diamati.

Padahal, Soft Skill merupakan kemampuan yang memiliki peranan penting dalam kinerja seseorang guna membantu operasional perusahaan sehari-hari.

Simak juga: Persiapan Diri dalam Mencari Pekerjaan Baru

Hard Skill dan Soft Skill merupakan dua hal berbeda namun tidak dapat dipisahkan dalam menunjang kinerja seseorang.

Keduanya harus seimbang berjalan beriringan apabila perusahaan ingin memperoleh kinerja yang maksimal dari para karyawannya.

Berikut ini kami akan berbagi beberapa kemampuan atau soft skill yang penting sekali peranannya terhadap operasional perusahaan sehari-hari.


Etos Kerja yang Tinggi

Etos kerja merupakan kemampuan yang sulit untuk dinilai secara kuantitas. Kendati demikian, etos kerja ini sangatlah penting untuk dimiliki dan terus dibangun oleh perusahaan kepada semua karyawan.

Etos kerja satu orang pegawai terkadang juga dapat memotivasi karyawan yang lain untuk agar bisa bekerja lebih baik lagi.

Walaupun kemampuan ini lebih bersifat pembawaan pribadi seseorang, namun melalui pelatihan dan motivasi yang tepat perusahaan dapat melatih, memperbaiki, dan mengembangkan kemampuan tersebut dalam diri para karyawannya.

Sebagai contoh, banyak pegawai yang mungkin etos kerjanya dalam membantu pencapaian tujuan perusahaan bisa meningkat ketika diimingi dengan imbalan materi.

Akan tetapi ada juga sebagian lain yang etos kerjanya dapat meningkat dengan mengharapkan imbalan non-materi seperti perlakuan manusiawi dan kepedulian perusahaan kepada pekerjanya.


Kemampuan Komunikasi yang Baik

Soft Skill lain yang tidak kalah penting untuk bisa dimiliki oleh karyawan adalah kemampuan berkomunikasi, baik secara verbal maupun melalui tulisan.

Telah menjadi kebutuhan yang mutlak di semua kantor dan tempat usaha, agar karyawan mampu berkomunikasi dengan baik.

Suatu rencana atau ide yang bagus akan sulit untuk direalisasikan oleh perusahaan dengan baik apabila terkendala oleh kemampuan berkomunikasi para karyawannya sehingga rencana atau ide tersebut tidak tersampaikan sebagaimana mestinya.


Team Work

Sebuah perusahaan umumnya mempunyai pegawai dengan jumlah lebih dari satu orang. Oleh sebab itu, kerjasama tim sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah direncanakan.

Ada karyawan yang mudah untuk beradaptasi dan dapat bekerja sama dengan baik, dan ada pula karyawan yang memang sulit untuk bisa bekerja secara tim dan lebih mampu untuk bekerja sendiri.

Bagi pemilik usaha, penting sekali untuk dapat menganalisa dan menilai kemampuan kerjasama tim dari para karyawannya sehingga organisasi mampu berjalan dengan baik.


Kemampuan dalam Pengambilan Keputusan

Kemampuan untuk dapat mengambil keputusan dengan cepat dalam penyelesaian suatu masalah juga merupakan kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang pegawai.

Hal ini akan berguna ketika seseorang menemui masalah dalam pekerjaannya atau operasional kantor sehari-hari.

Jangan sampai karena tidak adanya orang yang bisa mengambil keputusan dengan cepat maka operasional perusahaan menjadi terhambat. Waktu adalah segalanya, terutama dalam pencapaian tujuan perusahaan.

***

Demikian beberapa soft skill yang memiliki peranan sangat penting dalam menunjang hard skill. Tentunya hal ini akan sangat berpengaruh pada operasional perusahaan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai dengan maksimal.

Sumber:
http://www.coretankecil.com/peran-penting-soft-skill-di-tempat-kerja/


Related Posts

Pentingnya Soft Skill dalam Menunjang Kinerja Karyawan pada Perusahaan
4/ 5
Oleh

1 komentar:

17 Mei 2015 17.49 delete

Terkadang softskill itu hanya menjadi sebuah hiasan pada setiap karyawan. Urusan yang dianggap sepele ini ternyata mampu mendngkrak karir yang cemerlang bagi karyawan itu sendiri.

Reply
avatar