Tanamkan Rasa Tanggung Jawab dalam Mengelola Uang Kepada Anak

Tanamkan Rasa Tanggung Jawab dalam Mengelola Uang Kepada Anak
female.kompas.com
Uang memang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang. Saat ini, uang memang menjadi kebutuhan hidup yang sangat krusial.

Uang dibutuhkan hampir pada semua aspek kehidupan modern ini.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang uang sedini mungkin, bagaimana memperolehnya, dan bagaimana mengelolanya dengan baik.


Sebagai orangtua, pengetahuan dan penglaman tentang uang haruslah bisa anda berikan kepada anak-anak sedini mungkin.

Simak juga: Penghasilan Pas-pasan Bukan Penghalang untuk Punya Mobil

Semakin dini mereka mengerti, maka diharapkan akan semakin cepat pula untuk mereka bisa menghargai bagaimana susahnya mendapatkan uang, sehingga ketika dewasa mereka akan berusaha lebih baik dalam mengelola keuangan mereka nantinya.


1. Berikan Pengenalan Uang Kepada Anak-anak

Di saat anak-anak telah mengenal angka dan mulai mampu berhitung, anda bisa mulai aktif mengenalkan satuan-satuan mata uang yang ada kepada mereka.

Bisa dimulai dari uang koin hingga uang kertas pecahan terbesar. Anda bisa mengenalkan uang dengan cara sambil bermain bersama mereka.

Misalnya dengan bermain menjumlahkan atau mengurangi dengan menggunakan pecahan uang yang ada.


2. Contohkan dengan Nyata

Memberikan pelajaran tentang uang kepada anak-anak akan lebih mudah jika anda memiliki pengalaman nyata tentang hal itu.

Umumnya, anak-anak cukup cerdas untuk bisa melihat orangtuanya sebagai contoh yang baik. Tentu saja mereka tidak akan gampang percaya bila orangtua yang memberikan pelajaran ternyata belum dapat mengelola keuangan keluarga dengan baik.


3. Beri Anak-anak Uang Jajan

Anda bisa memberi mereka uang saku dan amati bagaimana mereka menghabiskan uang jajan mereka. Sebaiknya, pemberian uang saku ini tidak setiap hari dilakukan.

Tetapi berikan secara berkala sebulan sekali atau seminggu sekali. Dalam hal ini anda telah memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk memegang kendali, bertanggung jawab, dan belajar bagaimana mengambil keputusan terhadap uang yang mereka miliki.


4. Ajari Satu Demi Satu Secara Bertahap

Memberikan pelajaran tentang uang kepada anak-anak janganlah terburu-buru. Ajari secara bertahap, misalnya bulan ini kita memberikan pengetahuan tentang bagaimana membuat rencana anggaran atau belanja.

Selanjutnya di bulan berikut kita bisa mengajarkan yang lainnya, seperti menabung dan giat beramal. Pengetahuan serta pembelajaran yang diberikan secara bertahap kepada anak akan mempermudah mereka untuk menyerap dan memahaminya dengan baik.


5. Diskusikan tentang Uang Bersama Anak

Lakukan pemantauan secara teratur terhadap pengelolaan uang yang anak pegang. Ajak mereka bicara secara terbuka bersama-sama.

Berikan masukan pada permasalahan yang anak-anak hadapi dalam mengelola uang, dan terus beri dukungan supaya mereka bisa lebih baik.

Dengan membicarakan tentang uang bersama anak secara berkala, anda juga akan menjaganya agar semua berada tetap di jalur yang benar.


Itulah beberapa langkah sederhana dalam mengenalkan uang kepada anak-anak, pengetahuan dan pembelajaran tentang uang tersebut diharapkan bisa membangun rasa tanggung jawab dalam diri anak anda dalam mengelola keuangan dengan baik sejak dini. Dan hal ini sangatlah berguna untuk bekal mereka kelak di masa depan.

Sumber:
http://www.coretankecil.com/mengenalkan-uang-kepada-anak-anak/


Related Posts

Tanamkan Rasa Tanggung Jawab dalam Mengelola Uang Kepada Anak
4/ 5
Oleh