Tips Menghilangkan Rasa Terbebani pada Pekerjaan

Tips Menghilangkan Rasa Terbebani pada Pekerjaan
sidomi.com
Setiap hari, anda tentu dihadapkan pada beragam pekerjaan serta tanggung jawab yang harus dirampungkan.

Bagi anda yang menjalani profesi sebagai pegawai maupun pemilik usaha, tentunya masing-masing mempunyai tantangannya sendiri.

Tidak jarang semua tanggung jawab dan pekerjaan tersebut memberikan efek kurang baik terhadap kondisi kesehatan dan psikologis anda.

Terutama saat anda mengalami kondisi negatif pada pekerjaan seperti stres dan rasa lelah berlebihan.

Kondisi seperti ini sebaiknya anda hindari! Dan semua orang pasti menginginkan untuk bisa keluar dari kondisi tersebut.

Baca juga: 5 Hal Tak Terduga Penyebab Stress

Lalu bagaimana caranya kita bisa menjalani pekerjaan dengan lebih baik dan tidak menjadikannya sebagai beban?

Hal terpenting adalah anda harus memahami pekerjaan dan tanggung jawab tersebut dengan sepenuh hati dan mengikuti beberapa tips sederhana berikut ini!


1. Pekerjaan Anda Merupakan Anugerah Tuhan

Hal pertama yang perlu anda tanamkan dalam mental anda adalah memposisikan Tuhan sebagai yang utama. Konsep ini disebut juga dengan “God Centered”.

Anda harus yakin bahwa semua yang anda dapatkan dan alami di dunia saat ini adalah anugerah dari Tuhan.

Termasuk pekerjaan yang anda jalani, pikirkan hal-hal positif yang bisa anda dapatkan dari pekerjaan anda tersebut.

Pekerjaan anda adalah titipan Tuhan, dan percayalah bahwa pekerjaan tersebut merupakan jalan terbaik yang sudah digariskan Tuhan saat ini.

Apabila anda telah memahami konsep tersebut, pada prinsipnya anda tidak boleh membuat Tuhan kecewa dengan mensia-siakan anugerah berupa pekerjaan yang telah diberikan-Nya kepada anda.

Dengan begitu anda pasti akan bisa bekerja lebih baik dan memberikan hasil pekerjaan semaksimal mungkin.


2. Setia dan Menghargai Setiap Proses yang Berlangsung

Beberapa mahluk hidup harus melalui proses metamorfosis untuk menjadi mahluk yang lebih baik. Misalnya saja kupu-kupu, untuk menjadi cantik ia harus melalui proses kehidupannya dari hanya seekor ulat yang menjijikan, kemudian dengan penuh kesabaran ia harus berpuasa di dalam kepompong, hingga akhirnya barulah bisa menjadi seekor kupu-kupu.

Banyak orang tidak memperhatikan dan memahami proses tersebut sebagai suatu perjalanan hidup yang sebenernya penuh makna di dalamnya.

Sama halnya dalam pekerjaan, anda harus bisa menghargai proses yang tengah berlangsung. Ada sebuah nilai hidup yang sangat berharga dalam setiap proses kehidupan yang anda jalani. “Loyal to Process”, itulah kuncinya.


3. Pertahankan Kejujuran

Prinsip berikutnya adalah mempertahankan kejujuran, atau disebut juga dengan “Obedient to the truth”.

Dalam menjalani apapun, kejujuran merupakan hal yang utama bila anda ingin berhasil dalam menjalani hal tersebut.

Dengan kejujuran, maka integritas akan muncul dalam diri anda. Pertahankan kinerja anda dengan berasaskan kejujuran.

Kejujuran dalam manajemen waktu, kejujuran pengelolaan keuangan, hingga kejujuran dalam menghadapi pelanggan atau klien.

Dengan mempertahankan kejujuran dalam setiap aktivitas pekerjaan kita, tentu hasilnya pun juga akan menjadi lebih mudah.

Contoh kecilnya saja bila anda tidak jujur dalam waktu kerja, biasanya anda akan menunda pekerjaan sehingga membuat pekerjaan anda semakin menumpuk dan pada akhirnya, anda sendiri yang akan stress ketika banyak pekerjaan menumpuk namun deadline sudah semakin dekat.


4. Tumbuhkan Semangat Kerja yang Lebih

Anda mungkin tidak bisa menghindari beban yang timbul akibat pekerjaan, namun bukan hal yang mustahil untuk mengurangi beban tersebut.

Salah satu yang bisa anda lakukan untuk mengurangi bebannya ialah dengan menghadirkan prinsip semangat kerja yang lebih atau “Real Spirit”.

Sepertinya memang terdengar klise, biasanya tumpukan pekerjaan malah membuat semangat anda bukannya tumbuh, tapi justru semakin hilang.

Walau terdengar sulit, tapi sebenarnya ada cara mudah yang bisa anda lakukan, namun bisa berbeda-beda pada setiap orang tergantung dari pemikiran orang itu sendiri.

Dan anda bisa mencoba cara-cara yang biasa orang lakukan untuk menghadirkan semangat bekerja mereka, seperti minum kopi, memajang foto pacar/istri atau anak anda di meja kerja, atau mungkin bisa juga sambil mendengarkan musik, dan lain sebagainya.

Atau cobalah sejenak memanjakan diri anda ketika sudah merasa jenuh dan lelah, misalnya dengan main game atau menonton televisi/film sejenak.


5. Pahami Hak dan Kewajiban

Memahami apa yang menjadi hak dan kewajiban anda merupakan hal mendasar. Pada dasarnya Tuhan telah menciptakan kita dengan segala hal baik dan memberikan jalan rezeki berupa pekerjaan, itulah hak yang telah anda dapatkan.

Dan kewajiban anda hanyalah menjaganya, lakukan usaha yang terbaik untuk mengubah semua hal baik tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk lingkungan anda mencari nafkah, keluarkan semua kemampuan anda dengan maksimal untuk hasil kerja yang terbaik.


Semoga tips di atas bisa bermanfaat dan membuat anda semangat untuk bekerja dengan lebih baik dan sepenuh hati.

Sumber:
https://www.maxmanroe.com/ingin-menjalani-pekerjaan-tanpa-beban-coba-terapkan-5-prinsip-ini.html


Related Posts

Tips Menghilangkan Rasa Terbebani pada Pekerjaan
4/ 5
Oleh