5 Kondisi Air yang Harus Dihindari Untuk Dikonsumsi

5 Kondisi Air yang Harus Dihindari Untuk Dikonsumsi
Kehidupan manusia seperti kita ketahui sangat bergantung pada air, bukan cuma untuk minum saja, tapi juga membersihkan badan, dan menjaga kesehatan serta kekuatan tubuh.

Itulah mengapa air menjadi unsur penting dalam kehidupan manusia. Untuk mengatur sistem tubuh, air merupakan bahan utama. Sedikitnya 80 % dari komponen tubuh kita ini terdiri dari air.

Simak juga: Hati-hati Mengkonsumsi Gula Garam dan Lemak Secara Berlebih

Air dalam tubuh sangat dibutuhkan dalam metabolisme, mengatur suhu tubuh, transportasi zat gizi, mengatur keseimbangan cairan dan garam mineral, melancarkan proses pencernaan, serta melindungi dan melumasi gerakan sendi maupun otot.

Melihat pentingnya air bagi tubuh, untuk membuat tubuh tetap sehat haruslah diperhatikan kandungan-kandungan dalam air tersebut.

Sebab, dalam kondisi tertentu air justru bisa berbahaya, apalagi bila memiliki kandungan nitrit yang tinggi. Selain itu juga sering kali air yang tidak sehat ini mengandung zat berbahaya bagi tubuh.

Berikut ini kami akan berbagi informasi tentang kondisi-kondisi air yang sebaiknya tidak diminum karena akan membahayakan bagi kesehatan tubuh kita.


1. Air Mentah

Air yang tidak dimasak mempunyai kecenderungan mengandung bakteri yang membahayakan kesehatan tubuh.

Selain itu, bila air berasal dari ledeng dan tidak dimasak terlebih dahulu biasanya mengandung klorin yang cukup tinggi akibat dari proses pemurnian.

Air yang sehat adalah air yang dimasak hingga mendidih di suhu 100 derajat celcius, karena pada suhu tersebut bakteri berbahaya akan mati dan menghilangkan zat klorin karena adanya penguapan.


2. Air yang Terlalu Lama Mendidih

Dalam kondisi air yang terlalu lama mendidih, kandungan logam berat dan nitrit yang tinggi akan terdapat di dalamnya.

Kondisi air seperti ini bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama akan membahayakan kesehatan lambung dan usus anda. Selain itu, kandungan nitrit yang tinggi pada air bisa membuat tubuh kekurangan oksigen.


3. Air yang Kembali Dimasak

Dengan tujuan untuk membuatnya kembali hangat, tak jarang orang akan memasak kembali air yang telah matang.

Namun, justru hal ini sebaiknya tidak dilakukan karena akan membuat kadar nitrit meningkat karena penguapan kembali terjadi.

Seperti telah dikatakan sebelumnya bahwa penumpukan nitrit di dalam tubuh akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.


4. Air Bekas Kukusan

Selain karena air bekas kukusan ini memiliki kandungan nitrit yang tinggi, juga air ini mengandung kerak yang dapat berakibat pada perubahan patologis sistem pencernaan, sistem saraf, dan saluran kemih.

Di samping itu, juga mengganggu pembuatan darah dalam tubuh dan mengakibatkan seseorang cepat kelihatan tua.


5. Air yang Disimpan Lama

Gangguan kesehatan akan terjadi diakibatkan air yang sudah disimpan lama dan tanpa diminum ini mengandung zat yang bersifat toksik.

Zat tersebut menyebabkan gangguan pada metabolisme tubuh sehingga bagi anak yang dalam masa pertumbuhan akan menghambat tumbuh kembangnya.

Sedangkan, untuk orang dewasa bila terlalu sering mengkonsumsi air dalam kondisi ini dan dalam jangka waktu yang lama akan dapat meningkatkan risiko kanker lambung dan kerongkongan.


Itulah beberapa kondisi air yang tidak sehat untuk diminum. Semoga bermanfaat dan meningkatkan kualitas hidup sehat untuk kita semua.

Sumber/gambar:
http://health.kompas.com/read/2012/11/28/17200054/agar.sehat.hindari.kondisi.air.berikut.
sidomi.com


Related Posts

5 Kondisi Air yang Harus Dihindari Untuk Dikonsumsi
4/ 5
Oleh