7 Kebiasaan Sederhana Rapikan Rumah Bagi Seorang Karyawan

7 Kebiasaan Sederhana Rapikan Rumah Bagi Seorang Karyawan
Mungkin anda memiliki teman yang mampu menata segalanya dengan rapi dan teratur, terutama dalam penataan rumah.

Anda pun sampai tak habis pikir, kok bisa rumah teman anda itu bisa sangat rapi padahal kesibukkannya di kantor tidak jauh berbeda dengan anda yang justru begitu jauh dari kata rapi.

Anda bisa membayangkan betapa menyenangkannya hidup apabila anda tidak disibukkan dengan kegiatan bersih-bersih rumah sebelum berangkat ke kantor.

Seringkali saat pergi ke kantor, anda membiarkan barang-barang di rumah anda berantakan karena malas atau takut terlambat berangkat kerja.

Baca juga: Panduan 5 Langkah Agar Bekerja Dari Rumah Bisa Lebih Optimal

Dan saat pulang kerja, anda sudah terlalu lelah dan tak bersemangat lagi untuk membersihkan dan membereskan rumah anda.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan sederhana yang sebenarnya dapat anda lakukan sebelum berangkat kerja agar rumah anda terkesan lebih rapi.


1. Merapikan Tempat Tidur

Lebih baik sebelum meninggalkan rumah atau sebelum meninggalkan kamar, anda merapikan tempat tidur terlebih dahulu.

Bila memang buru-buru, bolehlah anda hanya menarik bed cover untuk menutupi seprai dan bantal yang berantakan. Kebiasaan ini cukup efektif membuat tempat tidur anda terkesan lebih rapi.


2. Membereskan Saat Melewatinya

Dengan sekali melintas, sebenarnya anda bisa meminimalkan ruangan yang tampak berantakan. Contohnya, ketika dari kamar tidur hendak ke kamar mandi, anda menemukan barang yang berserakan tidak di tempatnya, anda bisa langsung membereskannya.

Cara ini tidak membutuhkan waktu lama, namun memerlukan kepekaan anda. Agar rumah anda tetap terlihat rapi, jadikanlah hal ini sebagai kebiasaan yang melekat dalam diri anda.


3. Mencuci Piring Kotor

Baiknya, hal ini memang dilakukan setiap setelah makan, atau paling tidak anda bisa mencuci piring serta peralatan makan lainnya sebelum anda tidur.

Dengan begitu, anda jadi tidak terburu-buru mencuci tumpukan piring kotor di pagi hari. Dan bila memang masih sempat, sebelum berangkat kerja anda bisa mencuci piring terlebih dahulu.


4. Cuci Setiap Hari Pakaian Anda Walau Sedikit

Agar tidak menumpuk karena dibiarkan terlalu lama, mencuci baju secara rutin adalah pekerjaan rumah yang sebaiknya anda lakukan.

Lakukan kegiatan ini paling lama setiap tiga hari sekali. Anda bisa mencucinya sedikit-sedikit, dan menuntaskannya saat akhir pekan tiba.

Terlalu banyak pakaian kotor yang menumpuk, selain tidak sedap dipandang, juga bisa menjadi sarang nyamuk yang tentunya akan membuat rumah atau kamar anda menjadi tidak nyaman.


5. Gunakan Wadah untuk Membereskan Sementara

Ketika ada tempat untuk meletakkan barang-barang, seperti keranjang atau kardus misalnya, bisa anda pergunakan untuk menaruh dan membereskan barang-barang yang berantakan untuk sementara.

Sesuaikan ukurannya supaya mampu menampung barang-barang anda yang berserakan. Dan ketika waktu anda sudah cukup luang di akhir pekan, barulah kemudian dirapikan pada tempatnya semula agar mudah dicari ketika anda membutuhkannya.


6. Rencakan Waktu Berberes

Bagi peralatan yang memang membutuhkan waktu lama untuk membersihkannya seperti lantai kamar mandi, atau membersihkan sawang di langit-langit, sebaiknya anda rencanakan waktu khusus untuk melakukannya.

Anda bisa menjadwalkan waktu akhir pekan anda untuk kegiatan bersih-bersih rumah. Bila belum terbiasa, masukkan saja daftar kegiatan bersih-bersih tersebut dalam jadwal di setiap akhir pekan anda. Jadikan aktivitas tersebut sebagai kebiasaan.


7. Lakukan Segera dan Jangan Ditunda

Hal ini merupakan kunci untuk anda yang rumahnya selalu ingin terlihat rapi. Saat menggunakan sesuatu, segeralah kembalikan barang tersebut di tempat semula.

Semakin lama anda menunda, akan semakin banyak pula barang-barang yang berserakan tidak pada tempatnya.


Itulah beberapa tips atau cara sederhana yang dapat anda lakukan dalam menjaga kebersihan dan kerapian rumah. Semoga posting ini bermanfaat, dan jangan lupa membagikannya kepada teman-teman ya!

Sumber:
http://properti.kompas.com/read/2015/03/16/070000221/Tujuh.Cara.Sederhana.Bersihkan.Rumah.Sebelum.Berangkat.Kerja


Related Posts

7 Kebiasaan Sederhana Rapikan Rumah Bagi Seorang Karyawan
4/ 5
Oleh