Diabetes – Kadar Gula Darah yang Berubah Menjadi Racun Bagi Tubuh

Diabetes – Kadar Gula Darah yang Berubah Menjadi Racun Bagi Tubuh
Di Indonesia, penderita diabetes melitus terus mengalami peningkatan.

Bahkan, sudah mencapai angka 8,4 juta jiwa. Ini merupakan angka yang cukup besar dan membuat Indonesia menduduki posisi empat teratas setelah India, China, dan Amerika Serikat. Pastinya, ini bukanlah sesuatu yang membanggakan.

Dimulai dari diri kita sendiri, kita harus benar-benar memerangi penyakit ini.

Karena gula darah bisa menjadi hal yang menyeramkan apabila kita tidak bisa mengendalikan kadarnya dalam tubuh.

Baca juga: Mengkonsumsi Makanan Ringan yang Sehat Sebelum Berolahraga

Tubuh manusia memerlukan gula darah untuk beraktivitas. Namun, gagalnya pengaturan gula darah ini merupakan penyebab dari penyakit diabetes melitus secara medis.

Kadar glukosa dalam darah yang terlalu tinggi, bisa disebabkan karena faktor hormon maupun gaya hidup, dan tubuh anda dalam bahaya jika sudah mengalami hal tersebut.

Pada penderita diabetes, pengontrolan tingkat glukosa dalam darah tidak bisa dilakukan secara otomatis karena kurangnya produksi insulin sehingga gula darah ini berefek sebagai racun bagi tubuh.


Cara Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Kadar gula darah dalam tubuh yang terlanjur tinggi harus diobati dan dikendalikan. Tentunya ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk melakukan upaya ini.

Namun, dianjurkan untuk anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan rutin meminum obat yang diresepkan.

Tips pertama adalah melakukan diet rendah karbohidrat secara ketat. Anda diharuskan untuk tidak mengkonsumsi makanan dengan tingkat karbohidrat yang tinggi sehingga akan mengurangi asupan glukosa dalam tubuh.

Jenis makanan pengganti karbohidrat yang dapat membantu anda mengendalikan diabetes antara lain seperti kacang kedelai, sereal, dan roti.

Tips kedua yaitu anda harus tetap menjaga stamina dengan giat berolahraga. Selain mengatur jenis makanan yang anda konsumsi, anda harus senantiasa bergerak secara aktif. Semakin anda bergerak, semakin banyak gula darah yang terbakar dalam tubuh.

Tidak perlu repot pergi ke gym atau pusat kebugaran. Melakukan olahraga ringan atau kardio seperti jalan kaki dan jogging secara rutin sebenarnya sudah cukup.

Selain itu, pola hidup sehat seperti cukup tidur, menghindari stres, dan menjaga berat badan senormal mungkin juga wajib untuk dilakukan.

Tips terakhir adalah mengkonsumsi makanan atau suplemen yang bisa menurunkan kadar gula darah. Banyak penelitian menunjukkan suplemen yang mengandung seng terbukti mampu mengurangi kadar gula dalam darah.

Selain suplemen, makanan yang mempunyai kandungan seng yang cukup tinggi adalah ayam dan sarden.

Teh hijau dan kayu manis juga dipercaya memiliki khasiat yang baik dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Kayu manis selain berkhasiat membuat anda tampak muda lebih lama, juga memiliki khasiat menurunkan kadar gula dalam darah.

Begitu juga dengan teh hijau, yang dipercaya dapat membantu melangsingkan tubuh ternyata memiliki khasiat bagus untuk penderita diabetes.

Nah, setelah anda tahu begitu bahaya penyakit diabetes ini marilah mulai dari sekarang bagi yang belum terindikasi diabetes untuk menerapkan pola hidup sehat karena memang seperti kita ketahui kalau kesehatan itu mahal harganya.

Sumber/gambar:
https://www.deherba.com/apa-yang-harus-anda-lakukan-jika-kadar-gula-darah-meninggi.html
mengatasipenyakitdiabetes.com


Related Posts

Diabetes – Kadar Gula Darah yang Berubah Menjadi Racun Bagi Tubuh
4/ 5
Oleh