Tiga Sistem Operasi Komputer Paling Banyak Penggunanya Di Dunia

Tiga Sistem Operasi Komputer Paling Banyak Penggunanya Di Dunia
Sistem Operasi atau jika dalam bahasa Inggris disebut dengan Operating System (OS), ialah seperangkat program yang mengendalikan atau mengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum guna menjalankan aplikasi perangkat lunak (software).

Sistem operasi merupakan bagian terpenting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer.

Pengguna tidak bisa menjalankan program aplikasi pada komputer mereka tanpa adanya sistem operasi, kecuali untuk program-program aplikasi booting.

Baca juga: 5 Aplikasi Yang Akan Memudahkan Anda Bekerja Dengan Laptop

Penjadwalan yang sistematis dimiliki oleh sistem operasi meliputi perhitungan pemakaian memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.

Ada banyak macam sistem operasi yang hadir dan digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Namun, hanya sistem operasi yang berasal dari perusahaan-perusahaan besar dunia yang merajai dunia komputer dan populer penggunaannya di masyarakat. Apa saja itu?


1. Windows (Microsoft Windows)

Windows merupakan sistem operasi yang sejak awal dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Sistem operasi ini memakai antarmuka berbasis GUI (Graphical User Interface).

Untuk saat ini, Windows adalah sistem operasi komputer yang paling populer atau paling banyak digunakan oleh seluruh pengguna komputer di seluruh dunia.

Namun, software ini memang bersifat komersial, jadi sebelum bisa menggunakannya, anda harus membeli lisensinya terlebih dulu.

Awal mula Windows, berasal dari Ms-Dos (Microsoft Disk Operating System). Ms-Dos adalah sebuah sistem operasi berbasis teks dan Command Line-interpreter yang dikembangkan oleh Seattle Computer Product, yang merupakan sebuah perusahaan pembuat komputer yang selanjutnya direkrut dan dibeli lisensinya oleh Microsoft.

Selanjutnya, beberapa varian dari Windows ini mulai bermunculan dari tahun ke tahun. Seperti dari yang paling awal yaitu Windows NT, Windows 98, Windows XP, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7, Windows 8, dan yang terbaru adalah versi Windows 10.


2. MAC OS (Macintosh Operating System)

Untuk diurutan kedua terpopuler di dunia saat ini ditempati oleh MAC OS (Macintosh Operating System).

MAC OS merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Computer dan memang dibuat khusus untuk digunakan pada komputer Macintosh.

Sistem operasi ini tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. Dan memang seperti kita ketahui, Apple dan Microsoft adalah dua perusahaan besar yang menjadi rival abadi.

MAC OS adalah pertama dari sistem operasi yang memakai antarmuka pengguna grafis atau Graphical User Interface (GUI).

Ada 2 jenis MAC OS, yaitu MAC OS Klasik dan MAC OS X. Pada MAC OS Klasik, sistem operasi ini tidak mempunyai sembarang Command Line (baris perintah), sepenuhnya memakai User Interface (UI) dan menggunakan Cooperative Multitasking.

Sedangkan MAC OS X adalah garis komputer Sistem Operasi yang dikembangkan, dipasarkan oleh Apple Inc, dan menjadi penerus dari MAC OS (Klasik). MAC OS X dibangun di atas XNU kernel, dengan fasilitas standar Unix yang tersedia dari antarmuka baris perintah. Kelebihan-kelebihan dari MAC OS X ini antara lain:
- Penggunaan UNIX membuatnya lebih stabil.
- Multitasking.
- Tampilan User Interface yang elegan.
- Aman dari Malware.


3. Linux

Pada awalnya Linux dikembangkan oleh Linus Torvalds yang hanya sekedar melakukan emulasi terminal untuk mengakses server UNIX pada Universitasnya.

Linux memiliki perbedaan dengan sistem operasi komputer lainnya, perbedaan itu terletak pada Kernel Linux dan juga komponen-komponen lainnya yang terbuka.

Di samping itu, sistem operasi komputer ini sangat stabil untuk dipakai dalam jangak waktu lama dan juga kebal terhadap serangan malware.

Tak hanya itu, sistem operasi komputer turunan UNIX ini tersedia dengan gratis, walaupun ada juga beberapa yang berbayar.

Varian Linux ada bermacam-macam, di antaranya Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, Red Hat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse dan Ubunut.


Demikian posting kami kali ini mengenai tiga sistem operasi komputer paling populer di dunia. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa berbagi kepada teman anda di facebook, google+ maupun twitter.

Sumber
http://www.duniaberbicara.com/komputer/3-sistem-operasi-komputer-yang-populer-saat-ini.html


Related Posts

Tiga Sistem Operasi Komputer Paling Banyak Penggunanya Di Dunia
4/ 5
Oleh