Tips Mempersiapkan Perjalanan Mudik Agar Lebih Nyaman dan Hemat

Tips Mempersiapkan Perjalanan Mudik Agar Lebih Nyaman dan Hemat
Sudah menjadi hal yang membudaya kalau di setiap hari lebaran Idul Fitri, jutaan kaum urban mudik ke kampung halaman.

Indahnya hari yang fitri terasa tidak lengkap tanpa berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara.

Momen ini adalah momen yang paling dinanti saat lebaran tiba. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di kampung halaman bersama keluarga, seperti saling bermaafan dengan orang tua, bermaafan dengan keluarga besar, ziarah ke makam orang tua yang sudah meninggal, atau sekedar mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar kampung halaman.

Baca juga: Perhatikan Dua Poin Penting Berikut Sebelum Membeli Sepeda Motor

Lantas, bagaimana dengan persiapan mudik anda nanti? Apakah segala sesuatunya sudah disiapkan dengan baik?

Posting berikut ini akan berbagi tentang beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan agar mudik anda berjalan lancar, terasa nyaman dan lebih hemat.


1. Rencanakan Waktu Mudik yang Pas

Sebaiknya anda memilih waktu mudik yang tepat. Rencanakan semuanya dengan matang sejak jauh hari.

Bila anda menggunakan transportasi umum untuk mudik, tiket keberangkatan dan kepulangan harus sudah anda pesan jauh hari sebelumnya.

Hal ini dilakukan agar anda bisa mendapatkan tiket dengan harga yang jauh lebih murah dan memastikan anda tidak kehabisan tiket.

Di samping itu, anda juga jadi bisa memilih sarana transportasi yang dirasa memberikan kenyamanan  untuk anda selama dalam perjalanan.

Sedangkan bagi anda yang hendak mudik menggunakan kendaraan pribari, sebelumnya anda sudah harus memastikan kendaraan anda dalam kondisi baik dan juga terjamin keamanannya untuk bepergian jauh.

Agar nantinya tidak terjadi sesuatu yang tidak anda inginkan selama dalam perjalanan mudik.


2. Rencanakan dengan Cermat Anggaran Biaya Mudik

Sebelumnya anda harus membuat daftar anggaran biaya yang harus anda keluarkan dengan cermat. Seperti misalnya, budget tiket pergi-pulang atau biaya bensin dan cadangan uang seandainya ada kerusakan kendaraan saat dalam perjalanan yang tak terduga, anggaran untuk oleh-oleh, dan uang tip lebaran untuk keluarga maupun keponakan-keponakan di kampung, dan sebagainya.

Merencanakan budget ini sangat penting supaya anda tidak bingung dan tidak kehabisan uang tanpa tahu penggunaannya secara jelas.

Patut dicatat, bahwa anda jangan memaksakan kebutuhan yang sebenarnya tidak bisa anda penuhi. Jangan sampai anda saat mudik malah berhutang hanya karena alasan supaya mempunyai uang cadangan.

Percaya atau tidak, saat mudik merupakan momen tak terduga yang dapat membuat habis uang anda walau sebelumnya sudah mengukuhkan niat hanya akan memakai uang cadangan tersebut guna keperluan darurat.


3. Hindari Membawa Barang Terlalu Banyak

Ketika melakukan perjalanan mudik, membawa terlalu banyak barang tentunya malah akan membuat perjalanan anda semakin repot.

Lain cerita bila anda membawa kendaraan pribadi, namun, tetap saja lebih disarankan untuk membawa barang secukupnya saja.

Apabila memang kondisinya memaksa anda untuk membawa barang-barang yang cukup banyak, mungkin anda bisa juga menggunakan jasa pengiriman kilat untuk mengirim sebagian barang tersebut. Sehingga uang ekstra untuk membayar jasa pengangkut barang atau porter tidak perlu anda keluarkan.


4. Pergunakan Rute Mudik yang Efektif

Khusus anda pengguna kendaraan pribadi yang hendak melakukan mudik, ada baiknya mempelajari rute perjalanan mudik yang efektif terlebih dahulu.

Supaya nanti saat di tengah perjalanan anda tidak berakhir dengan perjalanan panjang dan berputar-putar. Tentunya hal ini juga dapat menghemat biaya bahan bakar mobil anda.


5. Persiapkan Kondisi Fisik dan Kesehatan

Jangan sampai dikarenakan terlalu heboh dan bersemangat dalam mempersiapkan mudik anda, justru tidak sadar anda mengabaikan kondisi kesehatan.

Sehingga kesehatan anda malah menurun di saat hari keberangkatan. Selama dalam perjalanan, anda juga harus menyiapkan beberapa obat-obatan, termasuk obat anti mabuk perjalanan, minyak angin, obat masuk angin, plastik, serta beberapa permen asam dan obat khusus yang sesuai dengan kebiasaan anda.

Membelinya secara mendadak di tengah perjalanan, terutama pada tempat-tempat persinggahan akan membuat anda membayarnya dengan harga lebih mahal.


6. Berdoa dan Kabarkan Perjalanan Anda

Hal terakhir yang penting untuk diingat, selalu berdoa sebelum melakukan perjalanan mudik. Dan juga tetap kabarkan selama perjalanan tentang kondisi serta posisi di mana anda berada saat itu agar keberadaan anda dapat terus terpantau dengan baik sehingga bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, keluarga bisa lebih mudah untuk melacaknya.


Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dan anda lakukan guna memperoleh perjalanan mudik yang nyaman, aman, dan tentunya lebih hemat. Selamat menyambut Hari Kemenangan dan salam juga untuk keluarga tercinta di kampung halaman.


Sumber:
http://www.vemale.com/fashion/tips-and-tricks/29116-6-tips-mudik-hemat-aman-dan-nyaman.html


Related Posts

Tips Mempersiapkan Perjalanan Mudik Agar Lebih Nyaman dan Hemat
4/ 5
Oleh

2 komentar

24 Juli 2015 21.13 delete

Semua energi terkuras untuk ritual tahunan ini, segala upaya dilakukan demi bertemu dan berkumpul keluarga untuk merayakan hari kemenangan di kampung halaman.Terima kasih untuk tipsnya, sebagai referensi untuk kenyamanan selama mudik dan saat kembali ke tempat asal.

Reply
avatar
25 Juli 2015 00.12 delete

iya gan, memang melelahkan, lebaran tanpa bersama keluarga di kampung itu "grentes" kalo kata orang jawa bilang, sedih banget rasanya. semoga, bagi Anda yang mudik dan berangkat kembali ke tanah rantau senantiasa selamat sampai tujuan.

Reply
avatar