10 Upaya Dalam Mencegah Kanker Payudara

10 Upaya Dalam Mencegah Kanker Payudara
Kanker merupakan suatu kondisi di mana sel sudah kehilangan kendali dan mekanismenya secara normal, sehingga pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali alami oleh sel tersebut.

Sedangkan kanker payudara adalah kanker yang dialami pada jaringan payudara. Kanker payudara merupakan jenis kanker paling umum yang kemungkinan dapat diderita oleh kaum wanita.

Walaupun pria juga bisa saja terserang kanker payudara, namun kemungkinannya lebih kecil yaitu sekitar satu berbanding seribu.

Kanker payudara (carcinoma mammae) juga didefinisikan sebagai suatu penyakit neoplasma ganas yang berasal dari parenchyma.

Baca juga: Daftar Makanan dan Minuman yang Kurang Baik untuk Kesehatan

World Health Organization (WHO) memasukkan penyakit ini dengan kode nomor 17 ke dalam International Classification of Diseases (ICD).

Mengingat payudara merupakan salah satu organ paling pribadi pada wanita, penting sekali untuk anda memeriksa kondisi payudara secara berkala.

Hal yang patut diwaspadai sebagai gejala awal ialah timbulnya benjolan, penebalan, serta perubahan warna kulit menjadi kemerahan sebagai indikasi kanker.

Selain itu, rasa gatal, kulit mengelupas, atau ruam pada payudara yang terjadi selama berminggu-minggu perlu diwaspadai pula.

Serta adanya perubahan lain pada kulit payudara, seperti bengkak kulit tertarik ke dalam, atau mengerut, juga patut dicurigai sebagai gejala.

Pengobatan yang paling lazim dilakukan ialah dengan melakukan pembedahan, bahkan bila perlu dilanjutkan dengan radiasi maupun kemoterapi.

Untuk itu, upaya pencegahan untuk mengurangi risiko terhadap kanker payudara ini ialah dengan melakukan beberapa hal berikut ini.


1. Menjaga Berat Badan yang Ideal

Menjaga berat badan yang ideal terbukti akan mampu membuat anda tetap sehat. Untuk menjaga berat badan ideal ini bisa anda lakukan dengan menghitung Body Mass Index (BMI).

Caranya yaitu berat badan (kilogram) dibagi kuadran tinggi (meter). Apabila melebihi keadaan normal (25), maka akan meningkatkan risiko anda terkena kanker payudara, terutama bila anda sudah memasuki pasca-menopause.


2. Berolahraga Dengan Teratur

Banyak ditunjukkan oleh berbagai penelitian bahwa olahraga yang dilakukan secara teratur dapat memberikan proteksi yang kuat terhadap kanker payudara.

Lakukan paling tidak sekitar 30 menit setiap harinya untuk aktivitas aerobik sedang (jalan cepat) dan secara rutin.


3. Banyak Makan Buah dan Sayuran

Setiap hari, setidaknya makanlah 7 porsi atau lebih sayuran dan buah-buahan. Sebagai perlindungan terhadap kanker payudara, anda bisa mengasup berbagai jenis sayuran seperti kubis, brokoli, kangkung, sawi, bayam, wortel, tomat, dan sebagainya.

Buah-buahan seperti jeruk, berry, dan ceri juga akan mencegah anda dari risiko kanker payudara. Beberapa phytochemical diyakini dapat memberikan perlindungan terhadap kanker payudara, maka disarankan untuk mengkonsumsi sayuran mentah atau yang dimasak sebentar.

Karena sayuran yang dimasak sebentar, tidak membuat kandungan phytochemical pada sayuran terbuang lebih banyak.


4. Sesuaikan Porsi Konsumsi Karbohidrat

Kurangi konsumsi indeks glikemik yang tinggi dengan tidak terlalu banyak makan nasi putih, kentang putih, dan gula.

Makanan-makanan dengan indeks glikemik yang tinggi dapat memicu perubahan hormonal yang mendukung sel dalam jaringan payudara.

Mungkin bisa anda ganti asupan makanan tersebut dengan banyak memakan biji-bijian maupun kacang-kacangan.

Kacang-kacangan kaya akan serat dan memiliki kandungan lignan yang tinggi sehingga baik untuk pencegahan risiko kanker payudara.


5. Tambah Konsumsi Produk Kedelai

Produk kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai yang dikonsumsi secara teratur telah menunjukkan hubungan positif antara pengurangan risiko kanker payudara sesuai hasil penelitian epidemiologi.


6. Jauhi Alkohol

Mengkonsumsi alkohol adalah yang besar kemungkinannya anda dapat terkena risiko kanker payudara.

Ditunjukkan oleh sebuah studi kesehatan, minuman beralkohol bisa meningkatkan risiko kanker payudara sebanyak 20 sampai 25 persen.


7. Kurangi Asupan Lemak

Kurangi asupan lemak omega-6, lemak jenuh, dan lemak trans. Namun, tetap menambah asupan lemak omega-3, terutama yang berasal dari minyak ikan. Anda bisa mengganti asupan lemak dengan konsumsi lemak tak jenuh tunggal yang berasal dari minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat sebagai sumber lemak utama anda.

Makanan-makanan tersebut juga diakui oleh para ahli memiliki potensi dalam mencegah risiko kanker.

Minyak zaitun secara khusus merupakan sumber potensial dari polifenol antioksida, sedangkan kacang-kacangan dan biji-bijian akan mampu mencukupi kebutuhan mineral pelindung kanker yang bernama selenium.


8. Berpikir Positif dan Hindari Rokok

Berpikir positif dapat membuat anda terlibat dalam perilaku yang menyenangkan dan teratur. Hubungan hangat dan saling menguntungkan dengan keluarga dan teman-teman harus terus anda kembangkan.

Di samping itu, pastikan anda mendapatkan waktu tidur yang cukup (7-8 jam) setiap malam. Penelitian pada beberapa wanita juga menunjukkan bahwa merokok secara jangka panjang memiliki keterkaitan dengan meningkatnya risiko terkena kanker payudara.


9. Berikan ASI untuk Bayi Anda

Menyusui bayi anda hingga waktu yang tepat merupakan hal yang baik tidak hanya untuk kesehatan bayi, namun juga dapat mencegah anda dari risiko terkena kanker payudara.

Penurunan risiko terkena kanker payudara dapat anda peroleh dengan menyusui bayi setidaknya selama satu tahun usia bayi anda.


10. Minimalkan Paparan Estrogen Farmakologis dan Xeno-estrogen

Jangan mengkonsumsi estrogen kecuali ada indikasi medis. Perkembangan risiko terkena kanker payudara akan meningkat bila terlalu banyak paparan estrogen selama hidup anda.

Hindari pula senyawa estrogen yang saat ini banyak ditemukan dalam polusi lingkungan, pestisida, dan bahan kimia pengolahan industri.

Produk organik memang lebih sehat dan sangat disarankan, bila sulit untuk menghindarinya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci produk non-organik secara benar.


Deteksi dini gejala kanker payudara, dan lakukan langkah-langkah di atas sebagai upaya pencegahan. Semoga posting kami tentang langkah-langkah dalam pencegahan risiko terkena kanker payudara kali ini dapat bermanfaat untuk anda.

Sumber:
http://bidanku.com/10-langkah-mencegah-kanker-payudara


Related Posts

10 Upaya Dalam Mencegah Kanker Payudara
4/ 5
Oleh